Back to Top
Laptop sekarang ini sudah menjadi barang yang sangat penting dalam dunia modern. Laptop merupakan penyempurnaan dengan  bentuk dan pembawaan yang lebih fleksibel dari komputer. Jika komputer menyala harus dengan dialiri arus listrik, maka laptop bisa dibawa kemana-mana karena memakai sumber tenaga berupa baterai.
Namun, seiring waktu dalam penggunaannya, baterai laptop menjadi komponen yang paling rawan untuk rusak (daya tahan yang menjadi boros dan lemah). Jika memang perawatan baterai yang tidak benar, maka bisa jadi baterai tersebut tidak memiliki fungsi lagi atau laptop berubah menjadi komputer. Untuk itu, berikut beberapa cara merawat baterai laptop supaya baterai laptop tetap awet dan bertahan lebih lama.
Hindari pemakaian sampai laptop mati
Poin pertama dalam hal ini adalah dengan menghindari pemakaian laptop sampai laptop mati. Jika anda mendapati baterai laptop anda akan habis atau dalam keadaan low, maka sesegera mungkin lakukan pengisian kembali. Menunggu sampai laptop mati, selain membuat baterai laptop cepat habis, juga bisa memjadikan resiko tidak baik (kerusakan) bagi perangkat lunak dari laptop anda sendiri.
Lakukan pengisian laptop anda ketika baru dibeli
Hal pertama ketika anda membeli laptop adalah lekas lakukan pengisisan sampai penuh. Tidak hanya sampai penuh, umumnya, semua baterai dari barang elektronik sperti baterai laptop atau HP membutuhkan waktu dalam pengisian pertama selama 6 sampai 8 jam. Lakukan hal tersebut hingga 2 atau 3 kali dalam pengisisan pertama.
Gunakan charger dan baterai yang kompatible
Hal pertama yang anda perlu perhatikan adalah gunakan charger yang cocok dengan baterai laptop. Jika memang tidak compatible segera tukarkan charger anda. Sangat dianjurkan bagi anda untuk memakaiu charger yang memang asli dan cocok dengan baterai. Minimalkan pemakaian charger yang tidak  sesuai seri dari laptop meskipun masih dalam satu merk. Ingat dalam peringatan yang tertulis dalam badabn baterai, pemakaian charger yang tidak sesuai dapat menyebabkan bahaya peledakan.
Letakkan pada tempat yang keras dan dingin
Dalam kondisi sedang dipakai, usahakan letakkan laptop di tempat yang keras seperti lantai. Jangan taruh laptop anda di tempat yang empuk seperti kasur atau bantal. Karena tempat yang empuk akan membuat laptop menjorok ke dalam dan system pengeluaran udara yang tidak sempurna.
Gunakan cooling pad
Suhu yang panas merupakan hal yang perlu dihindari baterai dan laptop anda. Untuk itu akan lebih baik bagi anda untuk menggunakan kipas laptop atau yang sering disebut cooling pad.Penggunaannya akan  membantu mendinginkan panas yang keluar dari dalam laptop, sehingga baterai anda juga lebih dingin.
Hindari pemakaian terlalu sering
Dalam anjuran yang sederhana, jika anda ingin baterai yang tetap awet, jangan terlalu sering menggunakan laptop anda untuk bermain games. Terlalu sering bermain games  akan membuat beban penggunaan baterai laptop itu sendiri bertambah.
Sebenarnya  hal paling sederhana dari merawat baterai laptop adalah dengan tidak menggunakan baterai pada penggunaan laptop itu sendiri. Baterai dilepas dan penggunaan laptop dengan dialiri arus listrik, namun penggunaan laptop yang tanpa menggunakan baterai sangat rawan kerusakan pada laptop itu sendiri.
Hal ini dikarenakan arus yang mengaliri laptop tersebut tidaklah stabil atau sering naik turun. Sehingga akan lebih baik jika anda tetap menggunakan baterai untuk menjaga laptop tetap awet. Dan semoga beberapa tips merawat baterai laptop di atas bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

by Google