Back to Top

Central Processing Unit (CPU), biasa disebut juga dengan istilah prosesor, adalah otak dari setiap sistem komputer. Banyak dari kita yang belum memahami apa pentingnya keberadaan sebuah CPU terhadap keseluruhan komputer. Apa fungsi dasarnya? Mengapa jadi penting mempunyai sistem pendinginan yang baik untuk menjaga processor pada temperatur idealnya? Kenapa suhunya tidak boleh terlalu panas?
Otak dari Komputer
Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, keberadaan CPU mirip dengan otak pada manusia. Didalamnya setiap operasi yang anda lakukan pada komputer diproses di. Kinerja komputer anda ditentukan oleh operasi-operasi matematika sederhana. CPU adalah alat yang mengontrol semua operasi tersebut.
CPU
Katakanlah anda menggunakan kalkulator untuk menjumlahkan dua angka, angka itu di-input oleh anda dengan menggunakan keyboard. Controller keyboard merubah semua informasi yang anda masukkan ke bentuk kode binary (binary code). Binary code terdiri dari deretan angka 0 dan 1.
Semua informasi ini dikirim ke registry lalu ditransfer ke CPU. Didalamnya terintegrasi Arithmetical Logical Unit (ALU). Unit ini bertanggungjawab terhadap semua operasi logika dan matematika.
Jadi, operasi kalkukasi yang anda minta diterima oleh CPU, lalu diteruskan ke ALU. ALU memberikan respon berupa binary code dan mengembalikannya ke CPU. CPU lalu mentransfer jawaban ke alat output.
Contoh diatas memang sangat sederhana, tapi begitulah ilustrasi bagaimana sebuah processor berfungsi.
Setiap operasi yang anda lakukan melalui komputer, akan terkoneksi ke CPU secara langsung maupun tidak langsung. Jadi sangat penting untuk membuat processor anda selalu dalam kondisi terbaik dengan menjaga suhunya agar tidak terjadi overheating.

Seberapa Cepat CPU saya?

Jumlah operasi yang dapat dilakukan oleh CPU tergantung dari kecepatannya. Kecepatannya diukur dalm satuan Hertz. Satu Hertz berarti komputer anda dapat melakukan satu operasi per satu detik. Kecepatan umum yang sering kita temui biasanya dalam satuan giga hertz. 1 GHz berarti satu juta operasi sederhana dapat dilakukan dalam satu detik. Semakin cepat, semakin banyak instruksi yang dapat diproses dalam waktu satu detik.
Tapi jangan hanya melihat dari angka frekuensinya saja, kecepatan CPU juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti arsitekturnya, ukuran cache, dan hal-hal lain yang harus dievaluasi oleh anda sebelum membeli CPU.
Multi-Core Processor
Multi-core processor sebenarnya adalah sebuah CPU yang mempunyai dua atau lebih inti (cores). Gagasan dasar dari multi-core processor adalah CPU dapat menjalankan beberapa instruksi dalam waktu yang sama. Fitur ini meningkatkan kecepatan kinerja komputer secara signifikan.
Perkembangan teknologi processor
Teknologi CPU terus berkembang dari waktu ke waktu. Di era modern sekarang ini, dua vendor terdepan di dunia , INTEL dan AMD terus berinovasi untuk meningkatkan kinerja CPU. Bukan hanya kecepatannya yang terus meningkat, tapi juga teknologi arsitektur dan pengembangan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Seperti yang kita lihat di pasaran, sudah banyak komputer yang menggunakan multi-core processor, Integrated GPU, dan fitur-fitur lainnya.
Demikian sudah diterangkan mengenai CPU dan fungsi utamanya. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

by Google