TIps Lengkap UKG 2015

TIps Lengkap UKG 2015
Tips mengerjakan UKG
Tips mengerjakan UKG
Sedang hangat-hangatnya program pemerintah untuk para tenaga pendidik yang disebut UKG atau Uji Kompetisi Guru. UKG ini secara rutin telah dilakukan sejak tahun 2012 bagi guru yang akan mengikuti sertifikasi guru. Mulai tahun 2015 ini UKG secara rutin akan dilakukan untuk mengukur profesionalisme guru. Tujuannya untuk mengetahui level kompetensi individu guru dan peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.
UKG tahun 2015 akan diikuti oleh semua guru dalam jabatan baik guru PNS maupun bukan PNS dengan jumlah jenis soal yang akan diujikan adalah 192 mata pelajaran/guru kelas/paket keahlian/BK.
Bagi rekan-rekan yang ingin mengikuti UKG, berikut Beberapa Tips yang saya kumpulkan dari beberapa web.

Tips 1 . Persiapkan Fisik dan Mental
Kondisi fisik dan mental yang prima akan membantu bapak dan ibu guru untuk lebih baik dalam menghadapi UKG 2015 (Uji Kompetensi Guru tahun 2015). Jagalah kesehatan dengan istirahat yang cukup sehingga pada saat jadwal anda mengikuti UKG, anda dapat berhadir dalam kondisi fit.

Tips 2. Perhatikan Jadwal UKG Anda
Masing-masing guru mungkin memiliki penjadwalan pelaksanaan UKG online yang berbeda-beda. Setiap TUK (Tempat Uji Kompetensi) memiliki kapasitas yang terbatas untuk menampung peserta UKG 2015. Oleh karena itu penjadwalan diatur dengan sangat ketat agar semua guru yang berada dalam lingkung TUK tersebut dapat mengikuti UKG 2015 secara online. Pastikan anda mengecek kembali kapan jadwal UKG anda sendiri melalui situs http://sergur.kemdiknas.go.id dan mengecek ulang di TUK atau Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di tempat anda masing-masing. Catat jadwal hari, tanggal. dan gelombang berapa anda dijadwalkan mengikuti UKG 2015.


Tips 3. Pahami Kisi-Kisi UKG 2015 Bidang Anda
Setiap guru tentunya mempunyai bidang keahlian masing-masing. Untuk guru bersertifikat pendidik, mereka akan diuji sesuai dengan mata pelajaran yang tertera pada sertifikat pendidiknya. Sementara untuk guru belum bersertifikat pendidik akan diuji berdasarkan ijazahnya (program studinya) ketika diterima sebagai guru. Nah, untuk setiap bidang studi atau mata pelajaran ini telah disediakan kisi-kisi UKGnya oleh pihak Dirjen GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) Kemdikbud. Download dan print kisi-kisi UKG 2015 anda, kemudian print. Selanjutnya pahamilah apa kandungan setiap butir kisi-kisi UKG 2015 pada bidang studi/mata pelajaran anda tersebut.

Tips 4. Baca Kembali Buku-Buku Referensi yang Berkaitan dengan Kisi-Kisi UKG 2015
Anda tidak akan dapat dengan mudah menjawab soal-soal UKG 2015 secara online jika anda tidak membaca kembali buku-buku referensi yang berkaitan. Setelah anda memahami kandungan kisi-kisi UKG 2015 untuk bidang studi/mata pelajaran anda, maka selanjutnya kumpulkan buku-buku atau bahan bacaan lain (misal dari internet) terkait dengan materi dari kisi-kisi. Bacalah bahan-bahan referensi itu. Anda tak bisa memperoleh skor yang baik dalam UKG 2015 jika anda mengikutinya tanpa persiapan apapun.

Tips 5. Cek Tempat Uji Kompetensi (TUK UKG 2015) Lebih Dulu
Pastikan sebelum UKG 2015 anda dijadwalkan, cek dahulu di mana lokasi TUK (Tempat Uji Kompetensi) dengan mendatanginya langsung. Pada umumnya di setiap kabupaten kota dapat terdapat 1 atau lebih TUK. Cek dijadwal anda pada TUK mana anda akan mengikuti UKG. Setelah itu pastikan pula anda mengetahui ruangan yang akan digunakan untuk pelaksanaan UKG anda. Beberapa peserta UKG berdasarkan pengalaman tahun 2012 datang terlambat karena tidak tahu di mana persisnya ruang UKG. Tetapi mereka tidak mengeceknya secara langsung dan menganggap remeh.

Tips 6. Cek Daftar Peserta UKG yang Satu Jadwal dengan Anda
Mengenali siapa saja guru-guru yang akan sama-sama mengikuti UKG 2015 dengan anda adalah hal yang sangat baik. Saling menghubungi dan berbagi nomor telepon akan sangat membantu ketika ada hal-hal di luar yang direncanakan dengan baik terjadi. Misalnya ketika anda terlambat, sakit, terkena kemacetan lalu lintas, dan hambatan lainnya, maka dengan cepat kita bisa saling memberi informasi. Cek daftar peserta UKG yang satu jadwal dengan anda untuk tujuan ini, sehingga bisa saling support satu sama lain.

Tips 7. Perbanyak Latihan dengan Soal-Soal UKG
Kemdikbud menargetkan rata-rata skor UKG 2015 adalah 5,5. Ini sedikit lebih tinggi dari rata-rata hasil UKG tahun 2012. Bagaimana menyikapi ini? Beberapa situs dan blog di internet ternyata telah menyediakan contoh-contoh soal latihan UKG untuk tahun 2015 ini. Tentunya sumber gratis ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Download soal-soal tersebut untuk dikerjakan. Mungkin soal-soal ini dapat digunakan untuk mempersiapkan diri menghadapi UKG 2015. Soal-soal yang baik akan mengacu pada kisi-kisi, jadi cek soal-soal latihan yang mereka berikan sekalian anda memahami kisi-kisi UKG anda masing-masing. Beberapa situs atau blog juga menyediakan latihan soal UKG 2015 secara online dan interaktif. Ini juga sangat bagus diikuti. Dengan banyak berlatih akan dapat meningkatkan skor UKG anda.
Tips saat akan mengerjakan UKG
  • Silahkan mengisi Identitas baik nomor peserta UKG maupun identitas yang lain.
  • Berdoalah sebelum mengerjakan soal Ujian di mulai, Dengan Doa yang ikhlas mudah – mudah bisa membantu mempermudah dalam mengerjakan soal ( Tentunya atas kehendakNYA segala bisa jadi mudah)
  • Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu jika soal ujian tidak dilakukan secara online, jika ujian di lakukan secara online maka saran admin jawablah setiap soal yang ada karena ada waktu yang sudah di tentukan dan berjalan mundur, selesai dan tidak selesai maka tayangan aplikasi akan hilang jadi jika nanti belum terjawab semua, maka nilai di akumulasi sebanyak soal yang di jawab benar.
  • Ketika sudah selesai silahkan periksa kembali jawaban anda siapa tahu masih ada soal yang belum terjawab atau masih ada soal yang ragu akan kebenaran jawaban anda. Jika anda sudah yakin silahkan klik simpan jika ujian secara online.
  • Bawalah peralatan yang di perlukan untuk keperluan Tes UKG jangan sampai ada syarat yang ketinggalan yang akan membuat kita panik dan tidak konsentrasi dalam Tes UKG.
  • Belajarlah terlebih dahulu mengenai soal – soal yang kemungkinan besar akan muncul pada saat tes UKG 2015, ada bisa berlatih soal UKG 2015 secara online    Disini
  • Mencoba Simulasi Tes UKG guru 2015 agar anda memiliki gambaran tentang tata cara Tes UKG Online, anda bisa berlatih Simulasi Tes UKG online  DISINI 
 Sumber : klik dan klik dan klik 
Artikel Berita

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Ampuh diterima AdSense

0 Response to "TIps Lengkap UKG 2015"

Post a comment

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel