Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Download POS UN 2016

Infodunia-pendidikan.blogspot.com. Tahun Pelajaran 2015/2016 telah memasuki triwulan terakhir, sehingga banyak persiapan dari satuan pendidikan (sekolah) yang harus dilakukan. Agenda besar tahunan dari sebuah sekolah adalah Ujian Nasional. Dimana semua sekolah dari berbagai jenjang serentak menggelar ujian sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Melalui BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) Seluruh kegiatan yang berkaitan dengan UN 2016 telah diatur dalam PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) Ujian Nasional.

Ini berarti telah ada standar baku dalam pelaksanaan UN kelak sehingga pihak-pihak terkait dituntut untuk melaksanakan kegiatan UN Sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dalam POS UN tersebut.

POS UN 2016
POS UN 2016




Adapun informasi mengenai ujian nasional sebagai berikut antara lain.

1. UN dilaksanakan serentak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

2. UN Susulan dilaksanakan setelah UN, diperuntukkan bagi peserta yang sakit atau berhalangan dan dibuktikan dengan surat keterangan lain yang sah.

3. Ujian Kompetensi Keahlian SMK/MAK:

a. Ujian praktik kejuruan SMK/MAK dilaksanakan oleh satuan pendidikanbekerjasama dengan dunia industri dan/atau asosiasi profesi paling lambatsatu bulan sebelum pelaksanaan UN.

b. Penggandaan dan pendistribusian bahan ujian teori kejuruan SMK/MAKdilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

c. Pemindaian dan penskoran ujian teori kejuruan SMK/MAK dilakukan olehDinas Pendidikan Provinsi.

d. Ketentuan lebih lanjut tentang pelaksanaan ujian praktik dan ujian teorikejuruan diatur tersendiri oleh Direktorat Pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4. Khusus bagi SMK/MAK program 4 tahun, ujian teori kejuruan dilaksanakan pada tahun ke-3 dan praktik kejuruan dilaksanakan pada tahun ke-4.

5. Tempat pelaksanaan UN Paket B/Wustha dan Program Paket C pada sekolah/madrasah pelaksana UN atau pondok pesantren yang memenuhisyarat.

6. Tempat pelaksanaan UN Susulan diatur oleh masing-masing Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota dengan mempertimbangkan jumlah peserta danlokasi.

7. Tempat dan waktu pelaksanaan ujian pendidikan kesetaraan di luar negeridisesuaikan dengan kondisi setempat.

8. Pengamanan pelaksanaan UN di satuan pendidikan sepenuhnya menjaditanggungjawab masing-masing satuan pendidikan.

Untuk lebih lengkapnya, silakan download draft POS UN 2016.

Sekian post kali ini mengenai Download Prosedur Operasional Standar UN 2016 Semoga bermanfaat.

Post a comment for "Download POS UN 2016"

Berlangganan via Email