Back to Top


Adzan subuh menggema,dan langsung aku bangun pada waktu itu juga.Setelah sholat subuh aku langsung ganti pakaian dan lekas berolahraga pagi.Setelah tadi malam hujannya sangan deras,pagi ini udaranya sangat dingin dan sejuk.pagi yang cerah ini tanpa adanya polusi udara di pagi ini membuat udara semakin sejuk.

 Waktu sudah menunjukkan pukul 05:00 aku langsung pulang.Bertepatan hari ini adalah hari minggu aku dan teman-temanku akan bersepeda bersama-sama menikmati minggu pagi yang sejuk.

 Setiap minggu di kota ku selalu di adakan car free day.Yaitu hanya sepeda yang boleh berkendara.Kendaraan bermotor tidak boleh melewati jalan itu.Semua orang mendukung kegiatan itu,karena itu dapat mengurangi polusi lingkungan.Karena polusi lingkungan dapat menyebabkan penyakit.

 Waktu sudah menunjukkan pukul 08:00 aku langsung pulang.Setelah sampai di rumah,warga kampung ku melakukan kerja bakti membersih kan kampung.Aku dan teman-teman ku langsung membantu kerja bakti.Ternyata sampah-sampah banyak menyumbat selokan.dan langsung di bersihkan.setelah di bersihkan alirannya menjadi lancar,dan tidak akan kuatir terkena banjir.Dan kampung ku juga di lakukan penghijauan dengan menanam tumbuhan di pot-pot,setiap rumah harus memiliki minimal satu atau dua tanaman.Dan kampungku menjadi bersih dan hijau.

 Kalau di kotaku juga dilakukan kegiatan membersihkan sungai agar aliran sungai-sungai menjadi lacar.dan tidak terkena banjir seperti kota-kota besar lainnya.

  Pemerintah dan masyarakat juga semangat dengan kegiatan itu.Bahkan walikotanya juga turun untuk membersihkan lingkungan.Dari kegiatan itu kota menjadi bersih dan sehat.

 Selain dengan pembersihan sungai-sungai pemerintah kota juga mengadakan penghijauan lingkungan.Yaitu penghijauan dari kampung ke kampung.Nanti jika kampung itu bagus,bersih dan hijau,kampung itu akan di datangi oleh wali kota.

 Penghijauan itu berfungsi sebagai penghasil oksigen dan pengurang polusi udara.Dan membuat masyarakat menjadi tidak sakit.

 Selain di kampung-kampung,di sekolah-sekolah juga di adakan lomba kebersihan dan kehijauan yang disebut dengan lomba ADIWIYATA.Yaitu lomba tang memperhitungkan sekolah siapa yang paling bersih dan hijau adalah sekolah pemenangnya.

 Sampah tidak hanya bisa di buang,tetapi sampah itu dapat di olah menjadi barang yang berguna dan bisa di manfaatkan.Sehingga dapat mengurangi jumlah sampah di tempat pembuangan dan tidak menyebabkan polusi.

 Hidup di lingkungan yang bersih membuat kita hidup nyaman dan tentram.



by Google