Tips Anti Galau Bagi Lulusan SMK

Tips Anti Galau Bagi Lulusan SMK
Assalamu'alaikum.
IDP-Blog. Bagi adik-adik yang tahun ini lulus dari bangku SMK atau MAK (bukan SMA/MA), apapun jurusannya, ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut agar tidak galau menghadapi masa depan nantinya.

Secara umum, setelah lulus SMK/MAK ada 2 pilihan besar yang bisa diambil oleh adik-adik, yaitu lanjut kuliah atau langsung bekerja. Nah, bagi kalian yang ingin menyambung studi bisa menyimak baik-baik tips-tips memilih kampus.
Tips Anti Galau Bagi Lulusan SMK
Tips Anti Galau Bagi Lulusan SMK

Fokus pembahasan admin kali ini adalah pilihan kedua, yaitu setelah lulus langsung bekerja.
Tentunya lulusan SMK memiliki kelebihan khusus dibandingkan dengan lulusan SMA. Sejatinya lulusan SMK memang diarahkan untuk menjadi pribadi yang siap kerja. Oleh karena itulah banyak lulusan SMP sederajat memilih melanjutkan ke jenjang SMK, karena memang berniat tidak kuliah lagi nantinya..

Berikut tips bagi lulusan SMK yang mudah-mudahan bisa menginspirasi.

1. Melamar di tempat magang/prakerin
Inilah salah satu kelebihan yang menurut admin sangat menonjol dari SMK. Adanya proses magang di perusahaan/instansi tertentu dalam proses pembelajarannya. Jika kalian dahulu punya reputasi bagus ketika magang, admin yakin tidak ada salahnya jika kalian mencoba mendatangi kembali tempat magang kalian dahulu untuk mencari informasi tentang pekerjaan.
Setidaknya tanyakan kepada senior/pembimbing kalian dahulu adakah membutuhkan tenaga kalian. Karena mereka sudah tahu kemampuan kalian ketika magang dahulu.
catatan : Akan menjadi masalah jika dahulu ketika magang kalian menunjukkan perilaku yang tidak baik. Oleh karena itu bagi siswa/siswi SMK hendaknya memanfaatkan masa-masa magang sebaik mungkin untuk membangun reputasi kalian sendiri. Jangan merusak kesempatan yang diberikan.

Seandainya di tempat magang tidak menerima tenaga kerja, kalian bisa titipkan nomor telepon/kontak untuk memastikan bahwa kalian siap dihubungi ketika dibutuhkan. Bisa juga kalian minta bantuan senior-senior atau pembimbing ketika magang untuk mencari informasi tentang lowongan pekerjaan, setidaknya mereka bisa merekomendasikan kalian (jika mereka tahu kemampuan kalian) kepada instansi lainnya.

2. Bikin usaha bersama
Jika tips pertama tidak berhasil, maka tips kedua ini admin yakin bisa dilakukan asalkan ada kemauan & kesungguhan kalian sebagai Alumni SMK. Diantara teman-teman satu angkatan pastilah punya kelebihan satu sama lain. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membangun usaha bersama.
Contohnya, lulusan teknik sepeda motor, bisa coba bekerja sama membuat bengkel kecil, tambal ban & ganti oli dulu. Manfaatkan rekan yang punya tanah/tempat lokasi yang mudah diakses atau yang banyak dilalui orang. Mulailah usaha kecil dahulu sehingga tidak butuh modal besar dan resiko juga kecil.

3. Mengikuti kursus atau pelatihan skill tertentu
Bagi lulusan SMK yang mungkin tidak memiliki biaya untuk kuliah namun masih ingin mengenyam pendidikan lebih lanjut bisa mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK). BLK atau yang semacamnya biasanya ada di setiap provinsi karena BLK merupakan program pemerintah untuk meningkatkan SDM Masyarakat. Ada beberapa jenis BLK, mulai yang beasiswa penuh (bahkan diberi uang saku), ada juga BLK mandiri (bayar sendiri). BLK menjadi pilihan tepat karena selain biaya lebih murah, waktu pendidikan juga relatif tidak lama, sekitar 3 bulan saja. Namun yang paling utama adalah melalui BLK kalian bisa disalurkan ke perusahan-perusahaan yang telah bekerja sama dengan BLK tersebut. Minimal dapat ilmu baru untuk bisa buka usaha sendiri.

Nah, demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Artikel SMK

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Ampuh diterima AdSense

0 Response to "Tips Anti Galau Bagi Lulusan SMK"

Post a comment

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel