Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Lengkap Memilih Kampus Secara Bijaksana (Bag.2)

Assalamu'alaikum.
IDP-Blog. Pada kesempatan ini admin ingin share lanjutan dari artikel sebelumnya.


Tips Lengkap Memilih Kampus Secara Bijaksana
Tips Lengkap Memilih Kampus Secara Bijaksana (Bag.2)


3. MINAT VS JURUSAN

Terkadang kita memilih jurusan yang berlawanan dengan minat kita. Hal ini salah satu faktor banyaknya mahasiswa yang malas-malasan ketika kuliah. Jika kalian tidak mengalami dilema semacam ini maka kalian mesti banyak bersyukur. Banyak cerita mahasiswa yang sejatinya berminat di bidang medis tapi tidak mampu berkuliah di sana akhirnya mengambil jurusan lain yang lebih terjangkau.
Langkah bijaksana dari masalah ini adalah:
pertama, jangan mengambil jurusan yang bertolak belakang sama sekali dengan minat kalian. Ambil jurusan yang mendekati jurusan favorit kalian. Misalkan tidak mampu kuliah di kedokteran, bisa ambil di keperawatan, atau yang lebih terjangkau lagi ambil Jurusan kesehatan masyarakat atau semacamnya.
kedua, jika memang masih tidak memungkinkan, ambil jurusan yang tidak kalian benci. Tidak menyukai sesuatu bukan lantas harus membencinya, bukan? Dari sekian minat atau bakat kalian pasti ada yang cocok dengan jurusan yang ditawarkan kampus. Misalnya, kalian minat di bidang kesehatan, tapi kalian juga suka menggambar atau semacamnya, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan jurusan desain, arsitektur atau semacamnya.

4. DUKUNGAN KELUARGA

Salah satu faktor penting agar bisa menjalani masa kuliah dengan baik adalah faktor keluarga. Dengan doa dan dukungan dari keluarga, admin yakin kalian akan bisa melalui masa-masa kuliah dengan relatif tenang. Oleh karena itu, jika terjadi beda pendapat antara kalian dengan keluarga tentang kuliah, hendaknya kalian dapat menjelaskan dengan baik tentang hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam kuliah nantinya.
Jelaskan alasan kalian memilih kuliah di tempat tersebut, kenapa mengambil jurusan tersebut dan pertimbangan-pertimbangan lainnya dengan logis dan santun. Dengarkan juga tanggapan orang tua atau keluarga kalian dan tanggapi dengan baik, jangan terpancing berdebat keras yang bisa membuat suasana tidak nyaman.
Ingat kuliah adalah keputusan besar yang menyangkut masa depan kalian seumur hidup, jadi wajar jika keluarga memiliki pandangan sendiri dan tentunya semua berharap hasil yang terbaik.

5. SEMANGAT & KERJA KERAS

Tips terakhir dari admin adalah, apapun keputusan kalian nantinya jalanilah dengan penuh semangat dan rasa tanggung jawab. Kunci sukses dalam dunia kampus adalah semangat & kerja keras, karena dunia kampus tidak seperti dunia sekolah menengah yang semuanya sudah diatur secara teratur tiap menitnya. Dunia kampus adalah dunia dimana siswa mulai beralih dari kehidupan sekolah menuju ke dunia masyarakat. Akan banyak tantangan yang menguji kepribadian kalian agar siap untuk terjun kedalam kehidupan bermasyarakat nantinya. Bagi yang mampu bertahan dengan konsisten dan objektif terhadap tujuannya maka dia akan sampai kepada harapannya.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada tips lain silakan tuliskan di komentar. Terima kasih.

Post a comment for "Tips Lengkap Memilih Kampus Secara Bijaksana (Bag.2)"

Berlangganan via Email