Back to Top

PANDUAN MUDAH MELIHAT KADAR KEASAMAN TANAH

Raden Pedia
July 02, 2018
0 comments
Tanah merupakan faktor penting dalam budidaya pertanian. Selain sebagai media tanam, tanah juga berfungsi untuk menyediakan unsur-unsur hara pendukung pertumbuhan tanaman. Karena itu untuk mendukung keberhasilan usahatani penting kita ketahui kondisi tanah, apakah terlalu asam, netral atau basa. Kondisi tanah yang ideal untuk budidaya adalah pada pH netral (6-7).

pH memiliki ukuran dari 0-14, tanah dengan pH 0-7 masuk dalam kategori asam sedangkan tanah dengan pH 7-14 masuk dalam kategori basa. Tanah netral memiliki pH 7. Tanah dengan pH yang rendah ataupun tinggi akan mempersulit tanaman dalam menyerap unsur hara. Yang artinya tanaman mampu menyerap unsur hara secara optimal pada pH netral. Banyak sekali yang menyebabkan pH tanah menjadi rendah, yaitu :
Curah hujan yang tinggi mengakibatkan tercucinya unsur hara pada tanah, kemudian berimplikasi pada terbentuknya tanah asam,Adanya unsur Al (alumunium), Cu (tembaga), dan Fe (besi) yang berlebihan,Lahan yang tergenang air secara terus mene