BEBERAPA JENIS ANGGREK MACAN CARA PERAWATANNYA

BEBERAPA JENIS ANGGREK MACAN CARA PERAWATANNYA


Kurang diketahui jelas asala muasal mengapa angrek GRAMMATOPHYLUM ini dikenal dengan nama Anggrek macan. Warna bunga yang memiliki totol-totol coklat ini mungkin yang membuatnya menyerupai macan sehingga disebut anggrek macan. Grammatophylum atau anggrek macan memang dikenal sebagai tanaman anggrek yang memiliki pesona luar biasa. Tangkai bunga yang panjang dan jumlah kuntum bunga yang banyak serta kemampuan bunga bertahan berbulan-bulan makin memikat pecinta tanaman anggrek.

Selain itu anggrek macan memiliki daya tahan hidup yang tahan banting jika dibandingkan dengan jenis anggrek yang lain. Anggrek macan ini juga termasuk tanaman yang tahan terhadap paparan sinar matahari. Di habitat aslinya tanaman ini banyak menempel pada pohon-pohon,beberapa jenis ada yang tumbuh di atas tanah. Cara menanam anggrek macan ini bisa ditempel di pohon atau ditaruh pada krat yang digantung. Akar tanaman anggrek macan yang terkena angin akan membuat hidup angrek macan lebih bagus.
Di Indonesia Anggrek macan banyak dijumpai di Papua, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur, yang terdiri atas 3 macam anggrek macan. Ketiga corak anggrek macan dari Indonesia ini memiliki perbedaan dalam hal warna, corak, dan jarak antarkuntum bunganya.
Anggrek macan dari Papua memiliki karangan bunga panjang, bisa mencapai 1,5–2 meter, dengan jarak kuntum bunga yang satu dengan yang lain cukup rapat. Anggrek ini biasanya berbunga setahun sekali, namun ada juga yang berbunga dua kali setahun. Bunga bertahan cukup lama, sampai sekitar 2 bulan.

Berbeda dengan bunga anggrek macan yang berasal dari Kepulauan Tual mirip dengan yang berasal Papua. Namun, tangkai bunganya lebih pendek, antara 1/3–1/2 dari tangkai anggrek macan Papua. Masa berbunganya pun tidak terlalu lama dan bunga cepat membentuk biji.

Anggrek macan yang berasal dariTernate dan Flores memiliki bunga yang mirip dengan yang dari Papua, namun jarak kuntum bunga tidak rapat. Ada lagi yang berasal dari Sulawesi dan Ambon, namun warna bunganya lebih pudar.

Jenis-Jenis Angrek Macan (Grammatophyllum)Beberapa jenis anggrek macan yang banyak dijumpai dan dikoleksi antara lain :

1. Grammatophyllum speciosum

Anggrek Tebu

Jenis angrek ini lebih dikenal dengan nama Anggrek Tebu. Dinamai Anggrek Tebu karena bentuk ruas-ruasnya yang sangat menonjol mirip dengan batang tebu. Anggrek Tebu bisa tumbuh hingga 2.5 meter. Anggrek jenis ini dikenal juga dengan nama Giant Orchid atau anggrek raksasa. Namun sayangnya anggrek jenis ini sulit untuk berbunga.

2. Grammatophylum Scriptum

Grammatophylum Scriptum

Jenis anggrek macan ini memiliki helaian bunga berwarna dasar kekuningan dan bertotol-totol cokelat, namun ada juga yang helaian bunganya berwarna dasar hijau dengan totol-totol cokelat.

3. Grammatophylum Scriptum Var.Citrinum

Grammatophylum Scriptum Var Citrinum

Jenis anggrek macan ini memiliki bentuk mirip Scriptum, hanya bunganya berwarna hijau tanpa totol-totol cokelat. Jenis Grammatophylum var citrinum ini berasal dari Kalimantan, Filipina , Fiji dan Papua Nugini.

4. Grammatophylum Tiger Paw

Jenis anggrek macan ini memiliki corak mirip yang lain, hanya totol warna coklat lebih mendominasi.

Grammatophylum Tiger Paw
Bunga dan Manfaatnya

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Ampuh diterima AdSense

0 Response to "BEBERAPA JENIS ANGGREK MACAN CARA PERAWATANNYA"

Post a comment

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel