Back to Top
https://tipspetani.blogspot.com/2019/01/cara-menanam-tanaman-hias-tanduk-rusa.html


Tanaman tanduk rusa ini merupakan salah satu jenis tanaman hias dimana banyak orang senang mencari cara menanam paku tanduk rusa tersebut. Seperti halnya cara merawat bambu hoki, ada beberapa cara menanam paku tanduk rusa yang harus anda ketahui.

Karena ini mungkin salah satu jenis tanaman hias yang hanya akan hidup dengan menempel pada tumbuhan lain, maka anda memang harus menyediakan tanaman induk atau inang jika ingin merawat dan mengembangkan tanaman paku rusa ini. Nah tanpa banyak basa basi lagi, yuk kita bahas cara menanam paku tanduk rusa tersebut.

1. Proses Pembibitan Tanaman Paku Tanduk Rusa

Proses pembibitan dari tanaman hias yang menempel pada inang ini tidaklah sulit. Namun memang mebutuhkan sedikit ketelitian. Dimana beberapa langkah yang dilakukan untuk proses pembibitan adalah :
  • Metode pembibitan yang digunakan adalah metode merampal atau dengan pemisahan indukan yang bergerombl dengan batang induk atau inangnya.
  • Gunakan pisau yang tajam agar tidak merusak banyak bagian dari tanaman paku tanduk rusa tersebut.
  • Potong dengan baik indukan yang menempel pada batang inang tanpa merusak sistem akarnya. Walaupun tanpa sengaja mungkin anda merusak sedikit sistem akar, tidak masalah karena nantinya jika dirwat dengan baik akar tersebut akan kembali pulih dan kembali tumbuh.
  • Rendam batang yang telah dipisahkan tadi dengan enzim penguat akar yang banyak dijual dipasaran agar nantinya tumbuhan ini bisa tumbuh dnegan baik dan subur pada tumbuhan inang barunya.
2. Persiapan Media Tanam Paku Tanduk Rusa

Tidak ada aturan khusus yang menyatakan bahwa media tanam apa yang seharusnya atau sebaiknya digunakan dalam pertumbuhan dari paku tanduk rusa ini, namun anda bisa menggunakan jenis media tanam akar pakis.

Ketika anda selesai membersihkan calon bibit dari tanaman paku tanduk rusa tersebut, maka tempelkan langsung kemedia tanam yang berupa akar pakis tersebut seperti cara merawat tanaman hias daun suplir.

Media akar pakis ini memang sering digunakan untuk mebudidayakan serangkaian tanaman yang menempel pada induk atau tumbuhan inang. Karena media ini bisa dengan baik mengikat air dan akar tanaman tersebut agar tidak goyah dan mudah tumbuh nantinya.

Letakan di tempat yang tidak terlalu panas dan teduh seperti cara mencangkok tanaman hias berkayu. Siram secara teratur agar tanaman tersebut bisa tumbuh dan tidak kering dan bahkan mati. Setelah tumbuh akar baru atau adnaya pertumbuhan tunas baru, maka anda sudah bisa menanam kembali calon tanaman paku tanduk rusa tersebut.

3. Proses Penanaman Ulang Bibit Paku Tanduk Rusa

Untuk proses penanaman ulang dari bibit yang berhasil dipisahkan sebelumnya ini, berikut metodenya :
  • Pohon inang yang akan ditempeli lagi oleh tanaman hias ini harus sebelumnya dibersihkan, gunakan semprotan pupuk cair dalam konsetrasi yang tidak banyak pada pohon induk atau inang.
  • Setelah itu, kembali tempelkan paku tanduk rusa tersebut tanpa ada goyah di pohon inang tersebut.
  • Agar tanaman ini bisa tumbuh dnegan bik maka lepaskan ikatan segera setelah tanaman tersebut bisa menempel dengan baik.
  • Tanaman ini biasanya akan ada di dahan-dahan pohon atau bisa juga menggunakan media kayu yang bisa menjadi tempat penyokong hidup dari paku tanduk rusa ini.
  • Sebenarnya nama dari daun paku tanduk rusa ini memeng sesuai dengan bentuk morfologi dari tanaman ini. Karena memang memiliki bentuk yang mirip dengan tanduk rusa jika diteliti dengan seksama.
  • Karena tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan epifit sejati, dimana akar dari tanaman ini akan tetap melekat kuat di batang inangnya atau bahkan di bebatuan.
  • Batang yang dimilikinya adalah berbentuk rimpang yang tidak keras dan tidak sulit jika anda ingin memotongnya. Memiliki 2 jenis tipe daun yang mana tipe daun pertama adalah daun yangak dan steril dan tipe yang kedua adalah tipe daun yang menjuntai kebawah.
4. Proses Perawatan

Untuk masalah perawatan setelah penanaman daun paku tanduk rusa ini sebenarnya sangatlah sederhana dan tidak sulit. Berikut uraian perawatan harian:
  • Siram secara teratur, bahkan tidak lagi perlu disiram jika memasuki musim penghujan.
  • Anda hanya perlu memperhatikan kelembaban dari rimpangnya dimana kecantikan dari tanaman hias paku tanduk rusa ini bisa selalu dinikmati jika kelembaban terjaga dan ada di tempat teduh.
  • Paku tanduk rusa ini hanya memerlukan perawatan intensif ketika awal pembibitan dan awal penanamn ualng.
  • Jika pada 2 metode tersebut anda bisa melakukan yang terbaik maka paku tanduk rusa ini akan tumbuh dnegan baik tanpa perlu perawatan yang neko-neko lagi.
5. Proses Pemupukan

Untuk masalah pemupukan, paku tanduk rusa ini tidak jauh berbeda dengan cara budidaya tanaman hias euphorbia. berikut beberapa jenis dan metode pemupukan yang bisa anda gunakan:
  • Gunakan pupuk kandang karena ini adalah salah satu jenis pupuk yang pas dan ccok untuk semua jenis tumbuhan hias yang tumbuh di humus hutan, pasir dan tanah, karena ini merupakan pupuk alami yang tidka akan membuat pertumbuhan menjadi terganggu.
  • Gunakan juga jenis pupuk organik yang beredar luas dipasaran.
  • Selain menggunakan pupuk organik anda juga bisa menggunakan pupuk hayati dan pupuk anorganik.
6. Modifikasi Penanaman Paku Tanduk Rusa

Walaupun seperti yang kita ketahui bahwa biasanya tanaman hias ini akan tumbuh dan harus memerlukan tumbuhan inang. namun sekarang ada banyak modifikasi penanaman yang bisa anda gunakan untuk panduan penanaman dirumah. Bahkan ada yang berhasil menanam tanaman paku tanduk rusa ini di sela-sela pagar pekarangan rumah.
  • Caranya tidak sulit kok, anda hanya perlu menempelkan paku tanduk rusa ini ke daerah yang ingin anda jadikan “wadah” atau penyangga kehidupannya.
  • Asalkan anda tetap menempelkan akarnya dengan media tanaman yang baik seperti media akar pakis maka anda akan tetap berpotensi mengembangkan pertumbuhan dari tanaman paku tanduk rusa ini. Karena sebenarnya mereka tetap bisa hidup jika akar tetap ternutrisi.
  • Jadi jangan sampai lupa untuk meberikan nutrsi yang mereka butuhkan jika tidak menempelkannya pada tumbuhan inang. Nutrisi ini bisa didapatkan dari penyiraman yang teratur dan juga pemupukan teratur.
  • Jika anda menanamnya di terali atau di dinding rumah maka perhitan cuaca dan kebutuhan nutrisinya.
  • Jangan biarkan akar dari tanaman paku tanduk rusa ini membusuk karena terlalu banyak menampung air ketika musim penghujan.
  • Carilah tempat yang pas, tidak tergenangi air dan tidak terlalu panas.
https://tipspetani.blogspot.com/2019/01/cara-menanam-tanaman-hias-tanduk-rusa.html

by Google