Back to Top

Banyak orang yang tergila-gila dengan kelezatan dan kesegaran buah ini. Buahnya yang merah menggoda serta rasanya yang menyegarkan tak pelak menjadi faktor kuat mengapa buah ini banyak disukai orang.

Namun, terkadang ada satu ‘masalah’ saat kita hendak membeli semangka. Ya, mungkin tak sedikit dari kita pernah tertipu saat membeli semangka. Seringkali kita melihat semangka warnanya bagus, besar, tapi ketika dimakan ternyata rasanya hambar!

Nah, supaya kita tidak salah lagi dalam memilih semangka, berikut Jitunews ulas cara mudah memilih semangka manis, yakni dengan melihat beberapa ciri yang menandakan bahwa buah semangka sudah matang sempurna. Yuk, simak ulasannya seperti diwartakan Soshiok.

Pilih tanda kuning. 
Semakin banyak spot kuning pada semangka, maka semakin baik. Perlu diketahui, spot kuning bisa jadi petunjuk bahwa semangkanya sudah matang. Biasanya tanda ini ada pada bagian bawah semangka (jika ditegakkan).

Memanjang atau bulat. 
Ada dua bentuk umum pada buah semangka. Yakni semangka lonjong atau semangka bulat. Perlu diketahui, semangka yang bentuknya bulat rasanya lebih manis. Sedangkan yang agak lonjong lebih mengandung banyak air.

Pilih buah yang ada scratch-nya. 
Buah semangka yang punya tanda scratch atau sedikit lebam berwarna abu-abu atau cokelat menandakan bahwa bunga pada waktu semangka belum berkembang kerap disinggahi lebah. Ini yang memberi tanda pada kulit semangka, semakin banyak tanda maka rasanya semakin manis.

Pilih tangkai semangka yang kering. 
Semangka yang sudah matang dan manis, maka sisa potongan tangkai batangnya terlihat kering. Jika masih agak gemuk dan hijau, itu menandakan semangka dipetik terlalu cepat dan belum waktunya.

Ukuran besar tak jadi penentu semangka manis.Ukuran semangka tak jadi penentu bahwa rasanya manis. Lebih baik pilih buah semangka ukuran sedang, namun berat dan ciri-ciri semangka manis seperti ulasan di atas terlihat semua.

by Google