Back to Top

CARA PEMBUATAN LADA HITAM DAN LADA PUTIH

Raden Pedia
January 29, 2019
0 comments
https://tipspetani.blogspot.com/2019/01/cara-pembuatan-lada-hitam-dan-lada-putih.html

Lada Hitam dan Lada Putih

Seperti yang Anda ketahui, terdapat lada hitam dan lada putih yang beredar di pasaran. Lalu, bagaimana cara pembuatannya? Simak uraian berikut ini:

Lada Putih

Untuk membuat lada putih, hasil panen tanaman lada yang Anda lakukan jangan langsung dijemur. Anda dapat memasukkan buah lada yang baru saja Anda petik ke dalam karung. Karung tersebut diikat rapat lalu dimasukkan dan direndam di dalam air yang mengalir.

Jika perendamannya sudah cukup lama, bersihkan buah lada dan pisahkan bijinya dari kulit dan juga tangkainya. Caranya yaitu dengan menginjak-injak buah lada putih di dalam karung. Lanjutkan dengan mengayak hasil lada yang sudah Anda injak-injak.

Setelah bersih, rendam kembali biji buah lada menggunakan air yang mengalir selama kurang lebih 2 hari atau sampai bijinya berwarna putih bersih. Jika sudah, barulah Anda dapat menjemur lada yang sudah berwarna putih tersebut sampai benar-benar kering.

Proses penjemuran dapat dilakukan secara maksimal kurang lebih 3 hari jika terik matahari sangat panas. Namun jika terik matahari tidak terlalu mendukung maka penjemuran lada putih dapat berlangsung lebih lama.

Lada Hitam

Untuk membuat lada hitam jauh lebih sederhana dibandingkan dengan pembuatan lada putih. Caranya yaitu dengan menjemur langsung buah lada yang baru saja Anda petik di bawah terik matahari yang sangat panas. Proses penjemuran juga dapat berlangsung 3 hari jika musim kemarau sampai lada menghitam.

Sambil menunggu buah lada mengering, ketika menjemur sebaiknya Anda juga memisahkan bijinya dari kulit dan tangkainya. Jika lada sudah kering dan dilepas dari kulitnya, ayak lada hitam sampai bersih.

by Google