Back to Top
TANILOKAL - Pernah merasakan selada iceberg dengan rasa pahit? Hal ini kemungkinan disebabkan oleh cara penanaman yang tidak sesuai. Setiap kali kita akan membudidayakan suatu tanaman, adalah penting untuk mengetahui kondisi terbaik untuk tanaman tersebut bertahan hidup. Salah satunya adalah pemilihan lokasi budidaya.




Jadi, apa yang harus kita perhatikan dalam menentukan lokasi budidaya? Setidaknya ada tiga hal yang harus jadi pertimbangan para petani dalam memilih lokasi. Berapakah ketinggian lahan, adakah sinar matahari yang dapat masuk dan tentu saja yang paling penting bagi selada iceberg adalah ketersediaan air yang cukup.
Selada iceberg adalah jenis tanaman yang sensitif pada suhu panas. Seperti namanya – Iceberg (gunung es), maka tanaman ini adalah tanaman yang dapat tumbuh sempurna di lokasi yang sejuk. Untuk mendapatkan hasil panen yang renyah, manis dan segar, maka setidaknya lokasi penamanaman minimal pada ketinggian 800 mdpl. Sementara lokasi yang optimal adalah di ketinggian