Back to Top

POTENSI EKSPOR KOMODITAS PERTANIAN INDONESIA

Raden Pedia
January 10, 2019
0 comments
Seperti yang kita ketahui, sektor pertanian merupakan sektor pokok bagi kemajuan Indonesia, seharusnya ini dapat membawa dampak yang positif bagi para petani sehingga petani lebih sejahtera. Namun, menurut Badan Pusat Statistik 2018, 48,7% penduduk miskin yang ada di Indonesia adalah petani.
Petani miskin disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yakni rendahnya tingkat harga jual hasil pertanian, dan ditambah kualitas hasil tani yang hanya memenuhi pasar lokal sehingga pendapatan petani cenderung rendah.
Salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan petani adalah dengan melakukan ekspor hasil-hasil pertanian. Bagi para petani, untuk melakukan ekspor, tentu memiliki banyak persyaratan dan kualifikasi khusus. Namun, secara garis besar, berikut adalah komoditi pertanian yang berpotensi untuk diekspor ke luar negeri.
Dilihat dari perkembangan ekspor di Indonesia, produk ekspor Indonesia didominasi oleh ekspor non-migas (BPS). Pada ekspor non-migas, terdiri dari pertanian, hasil pengolah