CARA MEMBUAT ARANG KAYU

CARA MEMBUAT ARANG KAYU

Arang kayu cukup diminati banyak masyarakat umum. Hal ini dikarenakan harga BBM yang cukup mahal dan secara tidak langsung harga LPG pun ikut naik. Selain itu penggunaan arang kayu ini biasa digunakan untuk kebutuhan kuliner dan kebutuhan dirumah makan ataupun restoran. Hal itu yang menyebabkan arang kayu yang cukup di minati. ok kemaren saya sudah postingkan artikel tentang Memilih Arang Kayu yang Berkualitas , sekarang saya akan membahas tentang Cara membuat arang kayu .

Cara Membuat Arang Kayu
Disini sebenernya cara arang kayu tidaklah sulit, tidak membutuhkan keahlian tertentu dan peralatan tertentu. Bisa dikerjakan oleh siapapun dang bahan dan peralatan yang seadanya. Banyak metode dalam pembuatan arang, berikut salaha satu cara yang paling sederhana dari pembuatan arang. 


1. Susun kayu yang telah kering menyerupai piramida (masing-masing kayu posisinya berdiri) sehingga pangasapan/ karbonasi bisa merata dan memudahkan perambatan panas. Kayu bakar sebaiknya yang benar-benar kering, sehingga menghasilkan arang yang berkualitas (proses karbonisasi sempurna hingga ke bagian dalam kayu).


2. Bungkus/ tutupi tumpukan kayu bakar tadi dengan jerami atau sampah yang telah kering hingga menutupi seluruh tumpukan kayu. Akan lebih bagus lagi bisa di tambah dengan oli bekas untuk mempercepat perambatan panas. 

3. Tutup/ timbun dengan pasir atau tanah tumpukan kayu yang telah dibungkus jerami atau sampah kering tadi. Sisakan bagian atas dan bagian bawah jangan sampai tertutup rapat. Tanah atau pasir yang digunakan sebaiknya yang lembab dengan cara disemprot air terlebih dahulu.

4. Bakar jerami atau sampah pembungkus kayu bakar tadi, mulai dari atas (yang tidak tertutup). Tunggu sampai api sudah mencapai bagian tangah sampah yang membungkus kayu tadi. 

5. Tutupi/ timbun dengan pasir bagian atas tumpukan kayu tadi yang tidak tertutuppasir sedikit-demi sedikit hingga nyala api mati dan asap tetap mengepul. Buatlah lobang di bagian bawah dari tumpukan pasir tadi sebanyak sekitar 5 lobang berkeliling.


6. Tutupi dengan pasir hingga tertutup semua agak tebal, jika api/asap padam, kurangi tutup yang diatas, tambahi sampah kering atau jerami lagi, bakar lagi dan tutupi sedikit demi sedikit.Tunggu antar 2 hingga 3 hari sambil dikontrol apakah asapnya masih terus mengepul. Setelah 3 hari biasanya sudah bisa dibongkar.


7. Arang sudah siap digunakan atau dijual. Sebelum dikemas, sebaiknya seleksi dulu, karena biasanya tidak semua kayu akan terkarbonasi dengan sempurna dan angin-anginkan dulu atau jemur jika perlu. Kayu yang belum sempurna jadi arang bisa di jadikan bahan baku pembuatan arang berikutnya.

Sekarang penggunaan arang kayu sangatlah berkurang dibandingkan jaman dulu, hal ini di karenakan banyak pengguna arang kayu beralih ke LPG. Akan tetapi untuk penggunaan arang kayu di dunia industri tidak begitu ditinggalkan saja kususnya industri pembuatan alat-alat pertanian. Selain di gunakan untuk industri arang kayu masih banyak digunakan untuk para pedangan ayam bakar, sate. Hal ini yang menjadikan arang kayu masih populer di kalangan masyarakat umum walaupun tidak sepopuler dulu. Dulu hampir sebagian besar masyarakat indonesia khusunya banyak sekali memakai arang kayu dan kayu bakar untuk memasak makanan.

PANDUAN MEMILIH ARANG YANG BERKWALITAS

Untuk memilih arang kayu yang berkualitas kita sering terkecoh dengan harga yang murah dari penjual, padahal arang kayu yang murah itu belum tentu berkualitas. Karena untuk melihat arang kayu berkualitas kita harus tahu bahan baku yang digunakan untuk membuat arang kayu tersebut. Bahan baku ini sangan mempengaruhi kualitas. Untuk melihat ciri-cirinya yang berkualitas diantanya Arang kayu keras, bila di pegang tangan tangan tidak kotor, Tidak mudah hancur, kalo di bakar suhu lebih tinggi, sisa pembakaran lebih sedikit. Bahan bakunya apa ya? bahan baku pembuatan arang berkualitas ini yaitu kayu singon, kayu mahoni, kayu sono keling. Bahan baku ini dipilih jadi bahan kayu berkualitas karena kayu jenis ini tekstus kayunya sangat keras dibandingkan dengan yang lain. Kayu semacam ini banyak sekali yang menyebutnya kayu rimba. 

Memilih Arang Kayu yang Berkualitas

Jadi bisa saya simpulkan bahwa ada ciri-ciri kusus untuk memilih arang kayu yaitu tekstur arang kayunya keras, bila dipegang tangan tidak kotor, dan tidak mudah hancur dan lagi harga mungkin lebih mahal dari arang kayu biasa. oke untuk sementara penjelasan cara memilih arang kayu berkualitas ini 

BEBERAPA METODE PEMBUATAN ARANG
Panduan dan Tips

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Ampuh diterima AdSense

0 Response to "CARA MEMBUAT ARANG KAYU"

Post a comment

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel