Back to Top

KULIT TELUR TERNYATA BERMANFAAT AGAR MERPATI SEHAT DAN KUAT

Raden Pedia
February 04, 2019
0 comments

Memelihara burung dengan jenis tertentu sudah merupakan hobi yang sejak dulu berkembangan menjadi gaya hidup di masyarakat. Merpati menjadi salah satu jenis burung yang banyak diperlihara oleh masyarakat yang umumnya pedesaan. Memelihara merpati tentu harus dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal yang salah satunya adalah makanan atau pakan yang diberikan kepada burung tersebut akan menentukan kesehatan dari burung. 

terkait manfaat kulit telur untuk burung merpati melalui penjelasan di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Cangkang Atau Telur

Kulit telur atau cangkang telur baik itu telur puyuh, telur ayam, telur itik, dan jenis telur lainnya yang memiliki kulit luar seringkali tidak termanfaatkan dan menjadi bahan yang pasti akan dibuang dalam proses pengolahan telur menjadi berbagai macam jenis makanan. Cangkang telur padahal dapat dimanfaatkan sebagai pakan burung yang memiliki banyak manfaat dengan kandungan nutrisi di dalam cangkang telur tersebut yang paling terbesar adalah kalsium dan berbagai macam jenis mineral lainnya.

Manfaat Kulit Telur Untuk Burung Merpati

Penggunaan cangkang telur untuk burung merpati sudah banyak dipahami dan diketahui oleh para pemilik burung. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam cangkang atau kulit telur tersebut menjadi dasar dari adanya beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika burung diberi pakan kulit telur. Berikut ini beberapa manfaat kulit telur untuk burung merpati yang perlu dipahami diantaranya sebagai berikut ini.

Sumber kalsium, kandungan kalsium yang tinggi di dalam cangkang atau kulit telur menjadikannya sebagai salah satu jenis pakan burung yang dapat dimanfaatkan untuk sumber kalsium bagi tubuh burung yang tentunya merupakan mineral penting.

Sebagai grit, pakan utama burung merpati biasanya adalah biji bijian dengan cangkang yang keras dan enzim pencernaan burung tersebut sulit untuk mengelupasnya. Grit merupakan sebutan untuk jenis pakan tambahan yang diberikan kepada burung merpati dengan manfaat membantu proses pengelupasan cangkang biji bijian bagi burung. Salah satu grit tersebut yang sering digunakan adalah kulit telur ayam.

Membantu proses pembentukan tulang, kalsium tentu memiliki peran yang bagus di dalam tubuh burung merpati. Salah satu bentuk peran nutrisi yang terdapat di dalam kulit telur tersebut adalah membantu proses pembentukan tulang dan proses pertumbuhan serta perkembangan anakan burung merapti dengan baik.

Membantu proses pembentukan telur, kulit telur yang digunakan sebagai bahan pakan untuk burung merpati juga sangat cocok manfaatnya dalam proses pembentukan telur yang sedang terjadi pada burung merpati betina. Kandungan kalsium yang menjadi dasar manfaat kulit telur tersebut untuk membuat telur burung betina memiliki kualitas yang baik.

Membantu proses pembentukan paruh, paruh menjadi salah satu bagian penting dari tubuh burung merpati yang harus terbentuk dengan baik terutama bagi burung muda. Kandungan kalsium di dalam kulit telur selain membantu proses pembentukan tulang juga berguna dalam membantu proses pembentukan paruh.

by Google