Back to Top

PEDOMAN BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA

Raden Pedia
May 16, 2019
0 comments
Mungkin dari namanya saja banyak yang menduga bahwa pepaya varietas baru tersebut berasal dari Amerika, California. Namun sebenarnya pepaya dengan rasa yang sangat manis dan segar tersebut merupakan penemuan dari seorang profesor pakar genetika dan pemuliaan tanaman asal Indonesia. Meskipun indkan bibitnya berasal dari Amerika, namun pemuliaan tanaman murni di Indonesia.
Indonesia cukup bangga dengan varietas pepaya tersebut karena keunggulannya dari varietas lainnya. Awalnya pepaya tersebut dinamai pepaya Callina, kemudian dinamakan pepaya California oleh para pedagang. Rasanya yang sangat manis dan daging buah yang empuk, tebal, segar serta lembut menjadikan pepaya jenis ini sebagai primadona baru di pasar buah Indonesia.
Pepaya jenis ini sangat menguntungkan baik petani, pedagang, maupun pembeli. Pasalnya, buah pepaya yang tumbuh sangat rimbun dalam satu pohon kira-kira 10-20 buah, satu buah pepaya bisa mencapai berat 2 kilogram. Banyak petani yang membudidayakan pepaya varietas ini s