Back to Top

TANAMAN PORANG YANG KINI BANYAK DI EKSPOR KE LUAR NEGERI

Raden Pedia
May 19, 2019
0 comments
Dari sisi penampilan, tanaman porang atau iles-iles serupa dengan suweg dan walur yang mudah ditemui di pekarangan terutama di desa-desa. Bedanya porang dengan dua tanaman itu terletak pada adanya buah di cabang tangkai daun.

Porang termasuk tumbuhan bermarga Amorphophallus. Secara penampilan, porang tumbuh dengan tangkai tunggal atau batang bercorak belang-belang hijau-putih. Tangkai kemudian menjulurkan cabang-cabang sebagai tangkai daun.
Porang hanya bisa tumbuh di bawah pepohonan penyangga seperti pohon jati. Ia akan gagal tumbuh di area persawahan. Tanaman ini, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Umbi yang tertanam di dasar tungkai yang bisa diproduksi dan diolah menjadi produk kesehatan dan kecantikan.
Karena kaya manfaat, porang juga berpotensi untuk dikomersilkan, bahkan untuk pasar ekspor. Nah, warga Desa Bendoasri, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menangkap peluang. Melalui binaan Lembaga Masyarakat Desa Hutan atau LMDH Artomoro dan Trimulyo, budidaya tanam