About Me

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia


Untuk melengkapi pengertian dari manajemen sumber daya manusia harus memasukkan juga fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia. Ada dua kategori fungsi manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari empat fungsi manajerial dan enam fungsi operasional, yang dikemukakan oleh :
Malayu S.P Hasibuan (2003 :2123) kategori pertama adalah fungsi manajerial yang terdiri dari :
a.       Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah merencanakan tenaga kerja secara efektif dan efisien agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan  dalam  membantu  terwujudnya
tujuan.

b.      Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian adalah kegiatan untuk mengorganisasi semua karyawan dengan menetapkan pembagian kerja, hubungan kerja, delegasi wewenang, integrasi dan koordinasinya, dalam bagan organisasi.
c.       Pengarahan (directing)
Pengarahan adalah mengusahakan agar pegawai mau bekerja dengan efektif serta efisien dalam membantu tercapainya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.
d.      Pengawasan (controlling)
Pengawasan adalah kegiatan mengendalikan semua karyawan, agar mentaati peraturan-peraturan perusahaan dan bekerja sesuai dengan rencana.
Kategori berikutnya adalah fungsi operasional yang terdiri dari :
a.       Pengadaan (Procurement)
Pengadaan merupakan proses penarikan seleksi, penempatan, orientasi,dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan.
b.      Pengembangan (Developing)
Pengembangan merupakan proses peningkatan keterampilan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan pelatihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.
c.       Kompensasi (Compensation)
Pemberian balas jasa langsung dan tidak langsung, uang atau barang kepada karyawan sebagai imbalan jasa yang diberikan sebagai balas jasa yang layak dan sesuai dengan sumbangan mereka untuk mencapai tujuan organisasi.
d.      Pengintegrasian (Integration)
Pengintegrasian merupakan kegiatan untuk mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, agar tercapai kerja sama yang serasi dan saling menguntungkan.
e.       Pemeliharaan (Maintenance)
Pemeliharaan merupakan kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental, dan loyalitas karyawan agar mereka tetap mau bekerja sama dengan perusahaan sampai pensiun.
f.       Pemisahan hubungan kerja (Separation)
Kadang-kadang fungsi ini bukan dianggap fungsi operasional dari manajemen personalia.Meskipun sebenarnya merupakan tugas dan tanggung jawab dari manajer tersebut.Salah satu fungsi dari manajemen personalia adalah pengembalian karyawan tersebut kedalam masyarakat.Organisasi bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah karyawan setelah keluar dari perusahaan dan menjamin karyawan yang dikembalikan kedalam masyarakat dalam kondisi sebaik mungkin.
            Dapat disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia terbagi menjadi dua yaitu fungsi manajerial dan fungsi operasional.Fungsi manajerial titik beratnya pada perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.Fungsi operasional titik beratnya pada pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahan hubungan kerja.Tujuan dari fungsi manajerial maupun fungsi operasional yang telah dikemukakan diatas adalah untuk membantu karyawan sebaik mungkin guna mencapai tujuan organisasi

Post a Comment

0 Comments