About Me

Inilah 5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Irisan buah naga

Raden Pedia - Bagi yang pernah menikmati smoothie bowl pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pitaya. Yap, warna khas dari smoothie bowl yang merah keunguan itu berasal dari buah naga atau pitaya. Kandungan kalorinya yang rendah sekaligus kaya akan serat, vitamin, mineral dan antioksidan, menjadikan buah eksotis yang satu ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Buah naga merupakan buah yang dihasilkan oleh tanaman kaktus dari jenis Hylocerus dan Selenicereus. Buah dengan tekstur yang renyah serta rasa segar dan sedikit manis ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 


Namun saat ini tanaman buah naga sudah banyak dibudiayakan di Indonesia. Sentra budidaya buah naga sendiri bisa kita temui di daerah Yogyakarta dan Banyuwangi.


Dibalik keunikan dari bentuk kulit serta buahnya yang segar dengan biji yang renyah, ternyata tersimpan banyak manfaat buah naga yang baik bagi tubuh kita. 


Menurut data dari USDA, buah naga mengandung serat yang tinggi, lycopene, karbohidrat, dan vitamin larut air meliputi karoten, vitamin C, B, niacin dan riboflavin. Buah naga juga termasuk sumber mineral yang tinggi, antara lain magnesium, kalsium, forsfor, besi dan sodium.


1. Mencegah Penuaan Dini
Kandungan antioksidan Betalains, Hydroxycinnamates dan Flavonoids yang ada di dalam buah naga dapat melindungi kerusakan sell tubuh dari radikal bebas di sekitar kita. 

Antioksidan juga memiliki peranan yang penting dalam menjaga kulit agar tetap kencang dan elastis. 


Selain itu kandungan vitamin C nya yang sebesar 6.4 mg untuk setiap 100 gr buah naga, menjadikannya sebagai buah dengan sumber antioksidan yang cukup baik sehingga dapat menjaga imunitas tubuh.


2. Mencegah Munculnya Kanker
Masih soal antioksidan. Selain menjaga tubuh dari penuaan dini, ternyata antioksidan dari golongan hydroxycinnamates yang terdapat di dalam buah naga dapat mencegah munculnya kanker.

Buah naga juga mengandung lycopene yang terbukti mampu melindungi sell dari berbagai racun maupun polusi yang masuk ke dalam tubuh.


3. Menjaga Kulit Tetap Lembab
Setiap memasuki musim pancaroba dan musim kemarau terkadang kulit menjadi kering dan kusam. Dengan mengkonsumsi buah naga yang kandungan airnya cukup tinggi bisa membantu kulit Anda tetap lembab. 
Untuk itu pastikan Anda menambahkkan buah naga di dalam menu diet harian.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Hasil penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2010 dalam jurnal Pharmacognosy Research menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah naga dapat mengurangi resiko munculnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. 

Biji buah naga yang berwarna hitam dengan tekstur renyah tersebut ternyata merupakan sumber asam lemak seperti asam linoleic dan asam linolenic, serta asam lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat mengurangi kadar trigliserida sekaligus mengurangi resiko penyakit jantung. 


5. Memperbaiki Sistem Pencernaan
Buah naga mengandung karbohidrat berupa oligosakarida. Di mana oligosakarida merupakan jenis serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh kita. 

Tapi tunggu dulu, serat inilah yang disebut dengan istilah prebiotic, yaitu makanan bagi bakteri baik yang hidup di dalam usus. 


Menurut penelitian dari Electronic Journal of Biotechnology, buah naga mengandung prebiotik yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik yang ada di dalam organ pencernaan kita. 


Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah naga terbukti mampu mencegah konstipasi sekaligus menurunkan resiko infeksi saluran pencernaan.


Referensi :

Meixner, M. Healthline (2018). 7 great reasons to add dragon fruit to your diet  
Borreli, L. Medical Daily (2015). Benefits of dragon fruit: 6 health reasons to eat more of the exotic fruit
Spritzler, F. RD, CDE. Healthline (2019). What is dragon fruit and does it have health benefits ?
Staughton, J. Organic facts (2019). 19 health benefits of dragon fruit (pitaya).
Daya, S. Victoriahealth (2019). Benefits of dragon fruit
Foodrevolution (2019). What is dragonfruit? 9 reasons to eat this fascinating tropical fruit
Food facts (2016). What is dragon fruit good for?
Nall, R, MSN, CRNA. Medical news today (2019). What are the proven benefits of dragon fruit?

Gambar :

Lovefood Art from Pexels

Post a Comment

0 Comments