Back to Top

LAPORAN PENGAMATAN GERAK YANG DILAKUKAN TERHADAP SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR YANG BERKAITAN DENGAN CABANG ATLETIK.

Raden Pedia
July 03, 2019
0 comments


Saya mempunyai pendapat sendiri setelah saya melakukan pengamatan gerak yang dilakukan oleh siswa-siswi sekolah dasar yang berkaitan dengan cabang atletik, karena ini merupakan salah satu tugas yang harus saya lakukan dalam mata kuliah DMP Atletik. Di bawah ini merupakan pendapat saya tentang kelebihan dan kekurangan yang ada dari hasil pengamatan yang saya lakukan, diantaranya dilihat dari segi : 
* Segi psikologis
  1. Kelebihan : Dengan melakukan gerak yang telah diperintahkan oleh seorang guru yang telah disusun segala rupa dengan menyelipkan didalamnya permainan, dapat meningkatkan psikologis anak saat anak melakukan suatu gerakan tertentu sehingga anak tidak mengalami kejenuhan dalam melakukan suatu gerakan.
  2. Kekurangan : Dengan banyaknya pola-pola gerakan yang dilakukan oleh anak dapat menyebabkan anak capai sehingga anak tidak konsentrasi atau mentalnya turun lagi dalam melakukan suatu gerakan yang dituntut agar dilakukan.
* Segi Keterampilan
a.       Kelebihan : Dengan banyaknya pola-pola gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang maka keterampilan anak dapat bertambah sehingga dapat memungkinkan anak dapat melakukan suatu gerakan tertentu dengan baik.
b.      Kekurangan : Dengan masih mudanya usia anak, maka anak masih memerlukan banyak waktu untuk dapat menyerap atau mengingat suatu gerakan yang dapat meningkatkan keterampilan geraknya, jadi pengajar harus tekun dalam mengajarkan suatu gerakan kepada anak.
* Segi Fisik
a.       Kelebihan : Dengan belajar bergerak mengikuti perintah yang diberikan pengajar dapat membantu melatih fisik anak agar terbiasa bergerak sehingga fisik anak dapat meningkat.
b.      Kekurangan : Perlu diperhatikan pula usia anak yang masih kecil dimana fisik anak masih lemah, jadi hendaknya pengajar tidak memaksakan anak agar terus bergerak yang dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian pendapat saya tentang kelebihan dan kekurangan dari hasil pengamatan yang saya lakukan. Mohon maaf bila ada kesalahan yang terdapat pada hasil pemgamatan yang saya tulis diatas. 

by Google