About Me

Semangat Kerja


Semangat kerja merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap karyawan agar produktivitas kerja lebih meningkat.Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan produktivitas kerja lebih tinggi lagi, perusahaan perlu menimbulkan semangat kerja dari para karyawannya.
Semangat kerja menurut Alex S. Nitisemito (1996 : 160) :
“ semangat  kerja  adalah  melakukan  pekerjaan secara lebih giat sehingga dengan demikian pekerjaan akan dapat diharapkan akan lebih cepat dan lebih baik yang diiringi dengan kesenangan yang mendalam terhadap pekerjaan yang dilakukan.”
            Apabila suatu perusahaan mampu meningkatkan semangat kerja mereka akan memperoleh banyak keuntungan. Dengan meningkatnyan semangat kerja, maka pekerjaan akan lebih cepat diselesaikan, kerusakan akan dapat dikurangi, absebsi akan dapat diperkecil, kemungkinan perpindahan karyawan atau pegawai dapat diperkecil seminimal mungkin.

Sedangkan Malayu S.P.Hasibuan (2003 : 198)mengemukakan bahwa :
         Semangat kerja adalah kemauan dan kesenangan mendalam terhadap pekerjaan yang dilakukan.

Dari definisi yang dikemukakan di atas, dapat diambil pengertian bahwa semangat kerja merupakan gambaran sikap yang diberikan oleh seorang karyawan terhadap pekerjaan dan lingkungan kerjanya, dimana hal tersebut dicerminkan dalam perasaan puas, senang dan giat bekerja.

Post a Comment

0 Comments