About Me

Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi Disertai Contohnya!


PENGERTIAN SENI RUPA DUA DIMENSI DISERTAI CONTOHNYA!

Seni Rupa 2D Beserta Contohnya

RadenPedia - Kita tentu mengetahui bahwa Seni Rupa memiliki beberapa jenis, dan salah satuunya adalah Seni Rupa Dua Dimensi, pada pembahasan kali ini akan belajar tentang Seni Rupa Dua Dimensi, dari cara membuat seni rupanya, unsur dan juga contohnya!
Beruntung buat kamu yang datang ke website ini, karena disini kami siap memberikan pengalaman yang akan membuat kamu ketagihan belajar, dan terus membaca! Oke kita langsung ke materi pembahasan.


Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi

Seni Rupa Dua Dimensi merupakan karya seni yang punya batas dua sisi, yaitu panjang dan lebar!
Pada dasarnya, Seni Rupa Dua Dimensi masuk kedalam kategori karya seni rupa murni, yang memusatkan pada ekspresi jiwa, karena bentuknya yang datar tidak memiliki ketebalan dan ketinggian, Seni Rupa Dua Dimensi tidak memiliki ruang.
Setelah kita belajar tentang Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi, kita akan melihat contoh dari Seni Rupa Dua Dimensi, berikut dibawah ini!


Contoh Seni Rupa Dua Dimensi


·         Lukisan


Dengan Media sebuah Kanvas, atau kertas dan dinding, Seni Rupa Dua Dimensi ini menjadi sangat indah.

·         Seni Grafis


Seni Rupa Dua Dimensi, menggunakan teknik cetak dalam pembuatannya

·         Poster


Karya seni yang satu ini, proses pembuatanya sama seperti Seni Grafis dan masuk sebagai Seni Rupa Dua Dimensi, karena memiliki sisi panjang kali lebar.

·         Kaligrafi


Seni Rupa Dua Dimensi yang satu ini, merupakan yang paling indah, karena bentuknya yang unik dan artistic, biasanya Seni Rupa Dua Dimensi dibuat menggunakan bahasa Arab.
Berikut diatas adalah contoh dari Seni Rupa Dua Dimensi, sekarang kita akan masuk ke Teknik Pembuatan Seni Rupa Dua Dimensi.

Teknik Pembuatan Seni Rupa Dua Dimensi

Kamu bisa membuat karya Seni Rupa Dua Dimensi dengan beberapa teknik, dibawah ini :

·         Teknik Plakat

Dengan menggunakan teknik ini kamu akan membuat karya seni dengan baik. Karena Teknik plakat merupakan teknik melukis dengan menggunakan cat minyak, cat poster, atau cat akrelik, kamu bisa berkreasi penuh dengan teknik ini.

·         Teknik Transparan

Pada Tekni ini, kamu akan melukis dengan menggunakan Cat air, Teknik ini mengahruskan kamu menggoreskan cat dengan tipis, agar hasil yang Nampak bisa transparan, sesuai namanya kan?!

·         Teknik Kolase

Teknik ini mengharuskan kamu untuk menempelkan potongan kertas, dimana nantnya akan mengasilkan lusikan realis atau mungkin abstrakTeknik 3M (melipat, menggunting, dan merekat)

·         Teknik 3M

Pada teknik ini kamu akan mampu memanupulasi lembaran kerta menjadi bentuk tiga dimensi.
Oke, setelah kita mengetahui Teknik dari Seni Rupa Dua Dimensi, sekarang kita akan membahas tentang Unsur Dalam Seni Rupa Dua Dimensi, mari kita simak dibawah ini!

Unsur Dalam Seni Rupa Dua Dimensi

Untuk kamu ketahui nih, ada beberapa unsur yang harus ada dalam Seni Rupa Dua Dimensi, yaitu :
Terdapat beberapa unsur dalam Seni Rupa 2 Dimensi yakni :

·         Titik
·         Garis
·         Bidang
·         Bentuk
·         Tekstur
·         Warna
·         Gelap Terang
·         Ruang atau kedalaman

Oke, kita telah mengetahui berbagai aspek dari Seni Rupa Dua Dimensi, sekian penjelasan dari saya tentang Seni Rupa Dua Dimensi, semoga artikel ini bermanfaat yah!
Jangan lupa untuk membagikan artikel tentang Seni Rupa Dua Dimensi, agar teman kamu juga mengetahui apa yang kamu ketahui, jangan lupa untuk selalu belajar yah! Karena belajar adalah kunci dari semua kesuksesan!




Post a Comment

0 Comments