Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Belajar Investasi Saham dari Gak Bisa jadi Bisa

Belajar Investasi Saham dari Gak Bisa jadi Bisa - radenpedia.com


RADENPEDIA - Halo sahabat pemberani, mengapa saya sebut demikian di awal karena beberapa menit ke depan kita akan membahas seputar SAHAM. Sebelum dilanjutkan, saya ingin memberi tahu kalo sebelumnya juga telah dibahas mengenai Investasi Reksa Dana untuk pemula yang berani belajar dan mencoba. Pembahasan utama kali ini berisi apa itu saham dan bagaimana cara investasinya.

Seiring dengan banyaknya pertanyaan mengenai apa itu saham dan bagaimana cara berinvestasinya, insyaallah akan saya bahas secara lengkap dan semoga mudah dipahami. Jujur saya pribadi juga masih belajar saham dan untuk saat ini baru mencoba di Reksa Dana Bibit. Baiklah kita mulai saja pembahasannya.

Apa itu Saham?

Saham merupakan salah satu bentuk investasi terbaik saat ini yang saya ketahui. Saham di Indonesia bisa dikatakan masih sangat minim peminatnya. Hal ini diduga karena masih minimnya literasi masyarakat kita tentang keuangan mengenai pasar modal dan saham. Data pendukung disampaikan oleh Otoritas Jasa Keuangan RI pada tahun 2016, menyatakan bahwa tingkat kepemahaman masyarakat Indonesia terhadap pasar modal adalah 4,40%.

UU Perusahaan Terbatas No 40 definisi Perseroan Terbatas, yang selanjutnya disebut Perseroan, adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang ini serta peraturan pelaksanaannya. 

Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Tips Berinvestasi Saham Sampai Bisa

Setelah mengetahui pengertian dasar dari Saham, mari kita lanjutkan ke apa saja tips dalam berinvestasi saham versi RADENPEDIA.COM.

Perbanyak Membaca Buku Tentang Saham

Beberapa orang berpendapat bahwa dalam berinvestasi tidak bisa hanya dengan membaca saja, namun harus lebih banyak praktek. Pernyataan tersebut tidak salah, hanya saja sebagai pemula kita juga harus memahami dasar-dasar saham. Banyak buku yang bisa temen-temen beli di pasaran. Tapi untuk kamu yang masih dalam status pelajar dan belum punya kesempatan untuk membeli buku berbayar tenang saja, saya juga dulu belajar menggunakan ebook gratis silahkan Ebook Belajar Investasi Saham Gratis.

Membuka Rekening Saham

Setelah mempelajari teorinya, bersegeralah untuk membuat rekening saham agar temen-teen bisa segera mempraktikkan ilmu yang sudah didapatnya.

Lakukan Transaksi Pertama Anda

Penjelasan Saham - www.radenpedia.com
Grafik Saham

Mulailah untuk bertransaksi. Membeli saham dalam jumlah sedikit sebagai langkah awal seperti 1 lot (100 lembar). Selanjutnya kamu boleh menyimpan saham tersebut atau boleh juga kamu jual. Harus diingat, jika belum terlalu paham dengan investasi saham jangan terlalu gegabah dengan berinvestasi dalam jumlah banyak.

Investor atau Trader?

Kedepannya kamu harus menentukan jalan investasi, baik menjadi seorang investor atau trader saham. Karena kedua hal ini berbeda, Investor akan membeli saham dan menyimpannya dalam waktu yang lama sedangkan Trader dia akan membeli dan menjual sahamnya dalam waktu yang cepat memperhatikan fluktuasi harga saham.

Pelajari Ilmu Investasi

Sembari berjalan berinvestasi Saham, kita juga harus tetap menambah wawasan kita terhadap saham. Langah yang kita lakukan adalah dengan mempelajari ilmu investasi seperti belajar analisi fundamental, belajar ilmu ekonomi, dan masih banyak lagi lainnya. Sebagai Trader saham mungkin perlu juga memperlajari tentang psikologi trader perbanyak juga informasi tentang trading.

Sumber Juruscuan

Sebagai penjelasan lanjutan saya akan memberikan beberapa referensi belajar saham yang bisa kamu akses secara gratis. Tetaplah belajar hingga hari tua nanti. Salam Profit

Referensi

  1. Juruscuan : Belajar Saham dari Nol
  2. Duwitmu : Pengertian Saham: Apa Itu, Manfaat, Cara Investasi, Return, Resiko
Semoga apa yang sudah disampaikan diatas dapat memberikan informasi tentang saham dengan baik. Jika masih ada yang kurang jangan lupa sampaikan di kolom komentar dan akan segera saya perbaiki/tambahkan. Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Kata Terkait

Belajar Saham untuk pemula, belajar investasi saham, investasi saham untuk pemula,  investasi saham, investasi, saham.

R Ayi Hendrawan S
R Ayi Hendrawan S Seorang pemuda yang ingin berbagi karya dalam meningkatkan semangat literasi.

4 comments for "Belajar Investasi Saham dari Gak Bisa jadi Bisa"

  1. Mantap gan... Coba juga Bitcoin gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak Mas, langsung aja mas artikel terbarunya https://www.radenpedia.com/2021/02/mengenal-lebih-dekat-bitcoin.html

      Delete
  2. Wah luar biasa, pemahaman perihal saham memang belum terlalu faham, tapi artikel ini mungkin bisa jadi arahan supaya saya bisa lebih tahu.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email