Back to Top

Mengenal Reksa Dana dan Cara Berinvestasi Masa Kini bagi Pemula

Raden Pedia
February 02, 2021
6 comments

Mengenal Reksa Dana dan Cara Berinvestasi Masa Kini bagi Pemula - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Reksa dana adalah salah satu alternatif untuk berinvestasi, hal ini berguna buat kamu pemodal yang di khususkan untuk pemodal kecil atau pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan minimnya keahlian dalam berinvestasi. Reksa dana sangat cocok untuk kamu yang ingin mulai belajar berinvestasi, mengapa saya katakan demikian karena ini yang saya rasakan saat ini. 

Kalo kamu merasa ragu dengan reksa dana ini, kamu bisa juga mencoba referensi bisnis yang telah saya rangkum dalam Inspirasi Bisnis Rumahan. Tapi tenang saja reksa dana ini adalah bisnis legal dan juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, jadi gak usah khawatir lagi dengan legalitasnya.

Daftar aplikasi Reksa dana pilihan Radenpedia

Reksa dana di Indonesia sangat banyak jenisnya, didukung dengan perkembangan zaman yang pesat ini memberikan kemudahan bagi kita semua dalam berinvestasi. Adapun beberapa reksadana yang saya sarankan adalah sebagai berikut:

  1. Bibit, merupakan transformasi dari Bibitnomic yang telah diakuisisi oleh Stockbit pada tahun 2018 lalu. Bibit merupakan marketplace atau lokapasar yang menjual produk-produk reksa dana. Kita sebagai investor pemula sangat cocok untuk menggunakan aplikasi ini karena Reksa dana yang ada didalam aplikasi Bibit sudah dilakukan penyaringan sehingga memiliki kinerja yang baik dan meminimalisir kerugian.
  2. Bareksa, tercatat sebagai perusahaan teknologi pertama di Indonesia yang mendapatkan lisensi resmi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari OJK RI. Saat ini Bareksa menyediakan berbagai layanan seperti: konten, data market, online tools, riset, dan banyak layanan lainnya.
  3. Tanam Duit, adalah platform digital yang membantu kostumer secara komprehensif dalam membuat perencanaan keuangan, eksekusi rencana keuangan dan memonitor perkembangan investasinya. Tanamduit memiliki  beberapa produk investasi seperti reksa dana, emas, SBN, dan asuransi.
  4. Ajaib, keunggulan yang dimiliki oleh Ajaib adalah memberikan dua jenis investasi sekaligus dalam satu aplikasi yaitu Investasi reksa dana dan trading saham. 
  5. Raiz, perusahaan teknologi keuangan Australia yang beroperasi di Australia, Indonesia, dan Malaysia. Di negeri kita ini, Raiz berfokus pada penyediaan aplikasi reksa dana. Raiz memberikan tools antara lain ;ump sump, fitur recurring dan fitur round up.
  6. IPOT, disini kita dapat berinvestasi secara full online dan buat kamu yang masih kebingungan dapat belajar investasi secara mandiri atau dengan mengikuti kelas edukasi IPOT secara online.
Beberapa reksa dana yang sudah disampaikan diatas adalah hasil dari rangkuman dan pilihan radenpedia. Silahkan bisa teman-teman pilih dan gunakan sesuai kebutuhan. Selanjutnya, saya akan membahas bagaimana cara melakukan investasi dengan mudah dan cepat.

Cara Berinvestasi Masa Kini bagi Pemula

Sebelum ke pembahasan selanjutnya, saya akan memberikan informasi terlebih dahulu bahwa aplikasi yang akan kita gunakan adalah BIBIT. Mengapa menggunakan aplikasi BIBIT karena ini adalah yang saya gunakan saat ini untuk berlajar berinvestasi, berhubung saya juga masih pemula jadi ini bersifat sharing. 
  1. Download Aplikasi Bibit di Playstore, tunggu hingga proses instalasi selesai.
  2. Buka aplikasi Bibit, setelah itu silahkan temen-temen buka aplikasinya lalu nanti akan tampil pilihan berupa menu login atau sign up. Jika sudah memiliki akun silahkan langsung login sebaliknya jika pengguna baru silahkan langsung saja klik sign up atau pendaftaran.
  3. Survei Profil Resiko, survei ini bagi saya sangat berguna karena dapat membantu kita menentukan kemana arah investasi kita. Kebetulan saat registrasi saya mendaptkan profil Investor Moderat, tenang saja profil ini dapat diganti kapanpun karena ini bersifat saran dari BIBIT.
  4. Verifikasi, tahap selanjutnya adalah dengan melakukan verifikasi email agar akun kalian tidak dianggap BOT oleh sistem. Selain email, kita juga harus melakukan verifikasi berupa Tanda Pengenal KTP dengan metode selfie+KTP. Selanjutnya kita juga wajib menambahkan akun bank dengan menulisan nama yang sama dengan di rekening bank tersebut. Verifikasi dilakukan sebanyak 3 tahap yaitu, verifikasi email, verifikasi oleh Bibit dan Verifikasi oleh KSEI. Proses paling lama adalah 2 hari kerja.
  5. Memulai Investasi, setelah beberapa proses diatas selesai kamu sudah mulai bisa langsung berinvestasi.

Tips Memilih Investasi Reksa Dana

Setelah melakukan persiapan awal meliputi pembuatan akun BIBIT hingga selesai, selanjutnya saya akan memberikan tips dalam memilih kemana kita harus berinvestasi di BIBIT.
  1. Ikuti Profil Resiko, dibibit kamu sudah diberikan arahan terkait kemana uang kamu harus disalurkan. Kamu dapat menyalurkan investasi ke dalam 3 produk yaitu, pasar uang, obligasi dan saham.
  2. Pasar Uang, sejauh ini pasar uang memiliki tingkat penurunan yang rendah bahkan tidak ada. Pasar uang sangat cocok buat teme-temen yang baru belajar investasi dan tidak mau rugi. Pasar uang termasuk kedalam golongan resiko rendah. Berbeda dengan saham yang cenderung naik turun secara aktif.
  3. Pahami Beberapa Indikator, untuk yang saya lakukan adalah dengan minimalnya memperhatikan 4 indikator berupa CAGR 5yr, Max Dropdown, Expense Ratio dan Total AUM. CAGR ini menjelaskan bagaimana rata-rata pertumbuhan selama 5 tahun terakhir. Max Dropdown memberikan gambaran seberapa jauh reksa dana itu menurun sampai menemukan puncak baru, ibaratnya cari yang memiliki persentase dropdown terendah agar lebih aman. Expense Ratio menggambarkan seberapa besar dana yang dibutuhkan dalam mengelola suatu reksadana, semakin expense ratio berarti manager investasinya sudah andal jadi pilih yang memiliki expense ratio paling kecil. Total AUM merupakan seberapa banyak uang atau dana investasi yang dikelola dalam satu reksa dana, semakin besar artinya reksa dana tersebut banyak digunakan dan pilih lah reksa dana tersebut. Total AUM dibawah 400B khawatir dibubarkan.
  4. Pilih Reksa Dana Syariah, bagi temen-temen muslim yang khawatir terjadinya praktik riba saya menyarankan reksa dana dengan sistem syariah didalamnya.
  5. Menabung Investasi, jika teman-teman ingin menabung jangka panjang rasanya investasi ini sangat cocok. Pembelian dilakukan secara rutin tiap bulannya baik saat turun atau naik, ketika turun lakukan pembelian lebih banyak dan saat naik lakukan pembelian secukupnya saja menyesuaikan. Menabung investasi ini lebih disarankan untuk kamu yang tidak bisa stand by setiap saat.
  6. Manfaatkan Mesin Waktu Reksa Dana, kamu dapat menghitung sebarapa banyak uang yang akan kamu terima dimasa depan jika kamu berinvestasi saat ini baik secara rutin atau nabung sekali.
  7. Perhatikan Top Holdings, jangan lupa dengan yang satu ini kamu bisa mengetahui investasi yang kamu masukkan akan disalurkan kemana saja.
  8. Saran Reksa Dana,  saya akan memberikan saran reksa dana yang sudah saya gunakan saat ini antara lain BNI-AM Dana Likuid (Pasar Uang), Sucorinvest Money Market Fund (Pasar Uang) dan BNP Paribas Pesona Syariah (Saham).

Cashback Rp 25.000 dari BIBIT

Kamu yang membaca artikel ini dan tertarik untuk berinvestasi di BIBIT, ayok segera daftar dan masukkan kode refferal prom15e sebagai ciri kalo artikel ini membuat kamu lebih mengerti investasi atau kami bisa klik link berikut Cashback 25K. Apa saja keuntungan menggunakan kode tersebut?? Pastinya cashback Rp 25.000 dan konsultasi gratis mulai dari pendaftaran sampai kamu bisa mendapatkan profit dari aplikasi reksadana ini.

Cara Mendapatkan Cashback

  1. Pastikan kamu sudah memasukkan kode refferal prom15e saat pendaftaran.
  2. Tekan tombol Investasi Sekarang di menu utama Aplikasi Bibit.
  3. Lakukan minimal pembelian Rp 100.000
  4. Tekan Gunakan Cashback, lalu beli.
  5. Pastikan produk pembelian cashback sudah termasuk dalam rincian pembelian kamu.
  6. Lakukan pembayaran dan upload bukti transfer untuk pembelian produk utama kamu.
  7. Pembelian reksa dana dari cashkback akan diproses dan masuk ke dalam portofolio kamu maksimal 5*24 jam setelah pembelian reksa dana utama kamu berhasil.

Penutup

Terimakasih sudah membaca artikel yang berjudul Mengenal Reksa Dana dan Cara Berinvestasi Masa Kini bagi Pemula sampai selesai. Semoga apa yang sudah disampaikan dapat menambah informasi kita semua. Jangan lupa untuk tekan tombol berbagi jika menurut teman-teman artikel ini bermanfaat. Saya menyadari jika artikel ini masih banyak kekurangan, agar kedepannya bisa lebih baik lagi saya sangat berharap masukkanya dalam bentuk komentar.

Gambar Terkait

Mengenal Reksa Dana dan Cara Berinvestasi Masa Kini bagi Pemula - www.radenpedia.com
Tampilan Saat Menunggu Verifikasi

Mengenal Reksa Dana dan Cara Berinvestasi Masa Kini bagi Pemula - www.radenpedia.com
Tampilan Beranda Bibit

Mengenal Reksa Dana dan Cara Berinvestasi Masa Kini bagi Pemula - www.radenpedia.com
Tampilan Portofolio

Mengenal Reksa Dana dan Cara Berinvestasi Masa Kini bagi Pemula - www.radenpedia.com
Tampilan Statistik SMMF

Mengenal Reksa Dana dan Cara Berinvestasi Masa Kini bagi Pemula - www.radenpedia.com
Tampilan Mesin Waktu Reksa Dana SMMF

Mengenal Reksa Dana dan Cara Berinvestasi Masa Kini bagi Pemula - www.radenpedia.com
Top Holdings SMMF 

Kata Terkait

Belajar Reksa dana, Reksa dana untuk pemula, Aplikasi reksa dana terbaik, Belajar Bibit, Belajar Investasi, Pasar Uang, Obligasi, Saham, Tutorial Investasi Lengkap.



  1. Teknoplug.com

    Berinvestasi di reksadana sebaiknya ada pembimbingnya biar gk merugi

    Reply
    1. Raden Pedia

      Betul sekali mas, untuk itu jangan sungkan untuk kontak saya sembari kita berdiskusi.

      Delete
  2. Zatnika

    Mantap Kang, kebetulan saya belum melakukan transaksi atau invest di aplikasi ini. 😂

    Reply
    1. Raden Pedia

      Wah mantaf kalo begitu, segera transaksi kang dan pantau terus.

      Delete
  3. Mawakhoi_

    Mantap sih. Informatif banget.

    Reply