Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bulan Ramadhan

RADENPEDIA - Bulan Ramadan disebut dengan bulan berkah atau juga bulan penuh hikmah. Karena di dalamnya banyak kejadian-kejadian yang bersejarah dari Nabi Muhammad SAW menerima Wahyu atau turunnya Al Qur'an pertama kali, pembebasan Makkah, Perang Badar, dan lain-lain.


Terhitung sejak artikel ini di publikasikan puasa bulan ramadhan tahun 2021 hanya menyisakan 61 Hari lagi.

Pada bulan Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Dengan tidak makan dan minum, dan menahan hawa nafsu dari mulai fajar hingga matahari tenggelam atau datangnya waktu Maghrib.


Sebagai umat muslim tentu kita wajib menyambut bulan Ramadan ini dengan gembira karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda "Telah datang kepada kalian ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah wajibkan kepada kalian puasa di bulan ini. Di bulan ini, akan dibukakan pintu-pintu langit, dan ditutup pintu-pintu neraka, serta setan-setan nakal akan dibelenggu. Demi Allah, di bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendulang banyak pahala di malam itu, berarti dia terhalangi mendapatkan kebaikan. (HR. Ahmad, Nasai 2106, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Bagi Admin sendiri Bulan Ramadhan itu ibarat babak bonus di kehidupn dunia kita ini. Tidurnya orang berpuasa saja mendapatkan pahala, jadi apalagi jika kita manfaatkan untuk berbuat kebaikan lainnya. Tentunya jika kita ingin tetap beraktifitas di bulan Suci Ramadhan maka kita harus mempersiapkan diri dengan sesiap mungkin.

Selain menyambut dengan gembira tentu kita harus mempersiapkan segalanya dengan baik dan matang agar Puasa tahun ini lebih baik dari puasa tahun-tahun sebelumnya. Berikut 7 hal yang harus dipersiapkan sebelum bulan Ramadan :

1.Berdo'a kepada Allah SWT

Sebelum berpuasa pastinya kita harus berdo'a terlebih dahulu agar bisa dipertemukan dengan bulan ramadhan selanjutnya. Selain itu kita juga berdo'a pada Allah Subhanahu Wa ta'ala agar ketika kita berpuasa diberikan kesehatan, kekuatan dan kelancaran dalam menjalankannya serta yang paling penting kita memperoleh Rihho-Nya.

2. Membayar hutang puasa tahun lalu

Mampu melaksanakan puasa ramadhan secara penuh merupakan impian bagi semua muslim, namun ada kalanya kita tidak berpuasa dikarenakan beberapa hal. Hal tersebut seperti sakit, sedang dalam perjalanan atau bagi perempuan sedang menstruasi atau sedang mnysui maka sebaiknya mangqadha dengan sejumlah hari yang ditinggalkan sebelum datang kembali bulan puasa ramadhan.

3. Mempersiapkan keilmuan kita tentang keIslaman

Sebelum menjalankan puasa ada baiknya kita mempelajari hal-hal yang berkaitan tentang agama Islam seperti Al Qur'an, Hadits, atau membaca buku-buku agama, atau melihat video pengetahuan Islam seperti tentang wudhu, puasa, shalat, haji, sejarah nabi dan rasul dan lain-lain. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini media belajar juga semakin banyak, namun perlu lebh teliti dan jangan sampai jatuh pada jurang informasi yang tidak benar.

4. Persiapan lahir dan batin 

Persiapan lahir dan batin ini tentu sangat penting mengingat ibadah puasa adalah ibadah antara makhluk dengan Penciptanya yakni Allah SWT. Oleh karena itu persiapkan lahir atau fisiknya dengan baik kesehatan dalam kondisi prima, dan batinnya dengan cara menjauhkan sifat-sifat buruk seperti sirik, iri dan dengki kepada orang lain, sombong, dan lain-lain. Semoga diakhir kita bisa menjadi orang yang ikhlas, sabar, rendah hati dan peduli dengan orang lain terutama orang disekitar kita.

5. Mempersiapkan keuangan

Selama bulan puasa tentu harus mempersiapkan keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk berbuka puasa dan sahur. Selain itu di bulan Puasa kita dianjurkan untuk memperbanyak amal sholih seperti infaq, zakat, sodakoh, atau ifthar (memberikan makan orang berpuasa). Ketika admin kecil dulu juga sering di berikan pepatah kalo kita itu bekerja 11 bulan tapi harus bisa memenuhi kebutuhan selama 12 bulan. Mungkin ini yang di maksud oleh kakek admin dulu. 

6. Menjaga Kesehatan

Persiapan Sebelum Ramadhan - www.radenpedia.com


Persiapan fisik agar tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadan sangat penting. Karena dengan badan yang sehat maka diharapkan tidak akan mengalami masalah saat berpuasa, termasuk melakukan amalan ibadah yang lainnya baik yang wajib atau pun yang sunah. Oleh karena itu sebaiknya kita makan dan minuman bergizi, halal dan sehat. Dalam kondisi yang sehat kita senantiasa mengerjakan itu semua dengan baik dan semoga bisa melaksanan puasa satu bulan penuh.

7. Menyelenggarakan Tarhib Ramadan

Selain persiapan pribadi, sebaiknya kita juga melakukan persiapan secara bersama-sama seperti melakukan Tarhib Ramadan yakni mengumpulkan kaum muslimin yang ada di lingkungan Anda untuk diberikan pengarahan mengenai Puasa Ramadan, adab-adabnya, syarat dan rukun puasa dan hal-hal yang membatalkan puasa dan amalan ibadah yang lainnya. Kalo di tempat admin, biasanya dilakukan saat malam shalat tarawih pertama sebelum kita memulai puasa di keesokan harinya. Lalu bagaimana di tempat kalian? Kalo belum ada kegiatan seperti ini, maka mulai tahun ini ya di awali.

Sekian artikel yang membahas Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bulan Ramadhan semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan dapat kita aplikasikan bersama-sama. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke sosial media kalian agar orang-orang juga dapat mempersiapkan puasa di Bulan Ramadhan tahun ini dengan lebih baik lagi. Mari sama-sama untuk saling mengingatkan. 

Jika ada informasi yang kurang tepat jangan sungkan untuk mengoreksi nya di kolom komentar,

REFERENSI
Pengalaman Pribadi

Tags:
Persiapan sebelum berpuasa
Ramadhan 2021

Raden Pedia
Raden Pedia Memberikan Informasi Terkini dan Membahas Berbagai Artikel

4 comments for "7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Bulan Ramadhan"

Berlangganan via Email