Back to Top

Mengintip Saham Perusahaan Teknologi yang terus Meningkat 5-10 Tahun ke depan

Raden Pedia
February 12, 2021
0 comments

Saham Perusahaan Teknologi yang Bakal Naik - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Teknologi diramal bakal melejit hingga waktu-waktu yang akan datang. Terlebih kondisi pandemi yang 'membatasi' hidup manusia ini mempercepat proses meroketnya berbagai macam teknologi sehingga keterbatasan manusia bisa dibantu oleh teknologi tersebut.

Jika Anda membaca artikel ini melalui share posting di group blogger di social media, maka Anda pun sudah berada di dalam dunia teknologi. Internet sebagai bagian dari teknologi akan selalu ada dan berbagai kemajuannya mungkin pernah Anda alami. Kemajuan sederhana misalnya perubahan versi HTML, PHP, CSS, hingga lahirnya frameworknya masing-masing. Codeigniter dan Laravel adalah contoh framework PHP yang paling dikenal. Bootstrap dan Materialize CSS adalah contoh frame work PHP paling sering digunakan.

Itu hanya sebagian  kecil contoh kemajuan teknologi yang sudah ada menjadi lebih baik, lebih canggih, keren, dan mudah digunakan. Belum lagi teknologi idaman yang saat ini belum ada namun kemungkinan akan segera ada didukung bagian teknologi lain yang semakin maju.

Teknologi Sebagai Penentu Masa Depan

Forbes menuliskan setidaknya ada 25 teknologi yang booming saat ini dapat menentukan seperti apa aktivitas kehidupan manusia dalam 5-10 tahun ke depan hingga beberapa dekade yang akan datang. Dimana manusia akan sangat bergantung pada teknologi ini bukan sekedar memenuhi kebutuhan namun juga meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi biaya dalam berbisnis.

Berikut ini sebagian teknologi-teknologi yang dimaksud. Saya kutip sebagian yang mudah kita pahami saja posisinya dalam kehidupan normal manusia.

1. Artificial Intelligence (AI) and Machine learning

Saham Perusahaan Teknologi yang Bakal Naik - www.radenpedia.com
Ilustrasi AI

Kecerdasan buatan suatu saat akan menggantikan fungsi manusia yang bisa sakit, lelah, dan cuti kerja sedangkan robot bisa 24/7 full time bekerja.

2. The Internet of Things (IoT)

Transmisi data sangat perlu dalam pertumbuhan teknologi sehingga internet akan semakin vital posisinya dalam kehidupan manusia

3. Wearable and augmented humans

Teknologi yang digunakan sehari-hari oleh manusia semakin memanjakan kehidupan. Sebut saja Google Maps, Smart Watch, termasuk Gofood, aplikasi PPOB, Traveloka, dan masih banyak lagi.

4. Big Data

Proses digitalisasi kehidupan jelas membutuhkan perangkat yang mumpuni dalam menampung dan mentransmisikan data. Seluruh celah aktivitas manusia dicatat dan diolah menjadi sebuah data yang dapat digunakan oleh siapa pun. Data center yang kuat dan system analisa data yang pintar dibutuhkan dalam memproses big data.

5. Blockchains

Saham Perusahaan Teknologi yang Bakal Naik - www.radenpedia.com
Sistem Blockchains

Setiap transaksi online jelas membutuhkan system keamanan database yang kuat sehingga tidak bisa dengan mudah dimasuki pelaku kejahatan siber.

6. Cloud and Edge Computing

Penyimpanan non premis memudahkan proses transmisi dan analisa lebih tinggi levelnya.

7. Natural language Processing

Bahasa tutur manusia sudah bisa dipahami oleh sistem teknologi sehingga kebutuhan interaksi dengan suara akan lebih efektif dan efisien dengan teknologi ini. Selain itu penggunaannya untuk analisa kebiasaan manusia juga menjadi sangat penting.

8. Chatbot/Voice Interface

Mungkin Anda pernah memiliki pengalaman berkomunikasi dengan 'pusat layanan' sebuah perusahaan melalui aplikasi pesan namun respon dari pusat layanan tersebut sangat cepat dan cenderung mengarahkan kita 'memilih' yang mereka berikan? itu namanya chatbot.

9. Kendaraan Otonom

Tesla sudah menciptakan mobil yang 'bisa' nyetir sendiri dan itu mudah dilakukan jika teknologi pendukung lainnya sudah tersedia apalagi dengan adanya jaringan 5G.

10. Teknologi 5G

Jaringan teknologi seluler level 5 yang membuat hidup kita lebih cepat, pintar, dan tanpa kabel.

11. Augmented Reality

Proses kreatif seni hingga industri akan dimudahkan dengan teknologi ini dimana manusia bisa menciptakan yang belum ada.

12. Digital Platform

Aplikasi-aplikasi pada smartphone masih akan bertengger sebagai teknologi masa depan.

13. Cyber Security

Secanggih apapun system sebuah teknologi jelas membutuhkan benteng pertahanan keamanan yang mumpuni. Selama ada transaksi digital keamanan cyber tetap akan diperlukan.

14. Robotic process automation

Sudah tidak zaman lagi menggunakan staf admin, penginput, pengecek dan lain sebagainya dimana pekerjaanya bisa dilakukan oleh robot. Selain lebih cepat dalam pengerjaan robot juga lebih murah bukan.

15. 3D and 4D printing and additive manufacturing

Teknologi ini sebetulnya gabungan dari beberapa teknologi yang memudahkan pelaku industri dalam membuat produk sesuai keinginan pasar.

Saham Perusahaan Teknologi yang Akan Meningkat 5 - 10 tahun ke depan

Setelah kita mengetahui perkiraan teknologi yang akan pesat maju pada zaman yang akan datang, mari kita intip perusahaan-perusahaan sektor teknologi yang saat ini sudah melantai di bursa saham. Pengecekan ini dilakukan per tanggal terbitnya artikel ini, sehingga perbedaan data dimungkinkan karena aktivitas listing dan delisting perusahaan tersebut di lantai bursa.

Diambil dari situs idx.co.id, kurang lebih ada 19 perusahaan sektor teknologi yang saat ini aktif, saya cantumkan dengan produk dan layanan yang ditampilkan di tiap website perusahaan yaitu:

1. Anabatic Technologies Tbk

Hardware, Software Implementation, Customization, Routin Maintenance, BPO Service, Human Resources, Customer Experience, Technology & Value Add Service, Server, storage, enterprise software, network and security.

2. Cashlez Worldwide Indonesia Tbk

Payment system.

3. DCI Indonesia Tbk

Data Center.

4. Distribusi Voucher Nusantara Tbk

Payment system, Instant messaging.

5. Digital Mediatama Maxima Tbk

Marketing infrastructure platform.

6. Envy Technologies Indonesia Tbk

Digital cyber security, system integration and information, telecomunication system integration.

7. Galva Technologies Tbk

Content creation, PA & Communication, Professional Audio & Lighting, Digital Signage, Security System, Computers, Projectors & Accessories, Document Solution.

8. Hensel Davest Indonesia Tbk

PPOB, AI e-commerce, payment system, pembayaran internasional, P2P.

9. Kioson Komersial Indonesia Tbk

PPOB for umkm.

10. Limas Indonesia Makmur Tbk

App mobile untuk stock.

11. Sentral Mitra Informatika Tbk

3D Printing, Hardware, Software, Enterprise solution.

12. M Cash Integrasi Tbk

PPOB, payment system, ecommerce, digital kiosk, whatsapp busines.

13. Multipolar Technology Tbk

Hardware & integration, application system, it consulting service, BPO.

14. Metrodata Electronics Tbk

Cloud service, big data, digital business platform, security, business application, hybrid it infra, consulting, manged service.

15. NFC Indonesia Tbk

Promotion platform, cloud marketing & advertising platform, media & entertainment.

16. Tourindo Guide Indonesia Tbk

Tourism app.

17. Sat Nusapersada Tbk

Electronic manufacture.

18. Northcliff Citranusa Indonesia

Mobile solution, telecommunication product.

19. Indosterling Technomedia Tbk

Multi mobile application platform.

Dari 19 perusahaan tersebut, perusahaan mana yang akan saya pilih? Tidak akan saya sebutkan disini karena perlu waktu tambahan untuk mempelajari hal lain seperti kinerja operasional perusahaan atau mengenal orang-orang yang menggerakkan perusahaan tersebut.

Ada sebagian perusahaan yang merugi atau turun kinerja perusahaannya dalam 3 waktu terakhir 2017, 2018, 2019 namun ada juga yang melesat luar biasa.

Artikel ini bersifat prediksi untuk saham di perusahaan teknologi, tetap update informasi kedepannya tentang saham agar bisa lebih tepat lagi dalam berinvestasi.

Simpulan 

Saham Perusahaan Teknologi mungkin saja dapat meningkat hingga beberapa tahun kedepan hal ini terjadi karena perkembangan zaman yang pesat juga. Pilihlah Investasi sesuai dengan kondisi temen-temen jangan terbawa nafsu dan tetaplah tenang.

Terimakasih sudah membaca artikel dengan judul Mengintip Saham Perusahaan Teknologi yang terus Meningkat 5-10 Tahun ke depan hingga selesai. Sampaikan masukan temen-temen di kolom komentar dan jangan lupa untuk membagikan artikel jika dirasa bermanfaat.

Referensi

Idx.co.id, forbes.com, pixabay.com

Kata Terkait

Saham, Teknologi, Saham Melejit, Saham di Idx, Perusahaan Teknologi