Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Keuntungan Berkarir di Perkebunan Kelapa Sawit

Keuntungan Berkarir di Perkebunan Kelapa Sawit - www.radenpedia.com

Prospek Bekerja di Perkebunan Kelapa Sawit

RADENPEDIA - Bekerja di perusahaan Perkebunan Sawit cukup menjanjikan pada saat sekarang ini. Perkebunan Sawit adalah jenis usaha yang cenderung kokoh dengan adanya gejolak pandemi. Terbukti saat ini Perusahaan kelapa sawit adalah salah satu komoditas unggulan Indonesia yang tetap stabil dan produknya selalu dibutuhkan siapa saja.

Sebagai komoditi ekspor terbaik yang dimiliki Indonesia, tanaman kelapa sawit memiliki turunan produk yang sangat banyak kita jumpai sehari-hari, mulai dari minyak goreng, produk kue, sabun, lipstik, bahkan digunakan sebagai minyak BBM Biofuel untuk kendaraan bermesin diesel.

Tahun ke tahun perusahaan perkebunan mulai disertifikasi ramah lingkungan dan berkelanjutan tanpa perluasan lahan. Ini membuat sawit sebagai produk makin ramah bagi negara-negara importir seperti India, China, Amerika dan Uni Eropa.

Indonesia sebagai produsen Minyak Nabati terbesar di dunia

Sawit adalah tanaman sumber minyak nabati yang memiliki kemampuan produksi paling tinggi diantara minyak nabati lainnya seperti kedelai, bunga matahari, canola dan rapeseed, ini menjadikan produk minyak sawit sebagai bahan baku penting di perusahaan besar seperti Nestle dan produk selai Nutella dan biskuit Oreo.

Dengan harga yang cenderung stabil, komoditas sawit adalah produk minyak nonmigas yang layak diandalkan, Indonesia sebagai negara penghasil produk kelapa sawit terbesar didunia merupakan industri yang sangat banyak menyerap tenaga kerja.

Keuntungan Berkarir di Perkebunan Kelapa Sawit - www.radenpedia.com
Indonesia Sebagai Produsen Kelapa Sawit


Apakah kamu tertarik bekerja di perkebunan Sawit? Banyak testimoni dari masyarakat bahwa bekerja di perusahaan perkebunan bisa dibilang berpenghasilan setara PNS dan memiliki karier jelas, tunjangan dan bonus (tantiem) yang layak dan mendapat subsidi perobatan dan jaminan pensiun yang cukup baik.

Keunggulan Bekerja di Perkebunan Sawit

Apa saja keunggulan dan kekurangan bekerja di perusahaan perkebunan sawit?

1. Ditempatkan di pedesaan.

Jika kamu bekerja di perkebunan sawit, kamu akan tinggal di suasana pedesaan yang masih memiliki udara segar dan jauh dari hiruk pikuk kota.

2. Bisa menabung.

Karena jauh dari kota, otomatis kamu tidak bisa foya-foya seperti jalan-jalan ke Mall setiap hari sehingga kamu bisa berhemat.

3. Fasilitas gratis.

Jika kamu tinggal di perkebunan sawit, kamu akan diberi sebuah rumah dinas, terkadang sudah disediakan asisten rumah tangga jika levelmu sudah senior.

4. Listrik, Air gratis

Biasanya kamu diberikan fasilitas listrik dan air gratis, sehingga kamu bisa lebih berhemat lagi. Beberapa perkebunan bahkan menyediakan internet gratis bagi para staffnya

5. Beras gratis

Setiap pertengahan bulan kamu diberikan beras gratis sebanyak jumlah anggota keluarga, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika tidak punya uang.

6. Waktu kerja lebih singkat.

Jika dibandingkan dengan karyawan kantoran yang berdomisili di perkotaan, bekerja di perkebunan sawit waktunya lebih pendek, biasanya sekitar jam 15:00 WIB karyawan sudah boleh pulang kerumah.

Keuntungan Berkarir di Perkebunan Kelapa Sawit - www.radenpedia.com
Fasilitas di Perkebunan Kelapa Sawit

Kekurangan Bekerja di Perkebunan Sawit

1. Banyak binatang liar di areal perkebunan.

Terkadang di perkebunan sawit kamu sering menjumpai binatang liar seperti ular, namun ini bisa diantisipasi dengan menutup semua lubang/celah yang ada di rumah. Sehingga ular tidak bisa masuk.

2. Sinyal telepon sulit.

Karena sinyal telepon lemah di perkebunan sawit, kamu bisa mensiasatinya dengan membeli hiburan lain seperti televisi atau speaker aktif untuk hiburan kamu sehari-hari. Namun perlahan sinyal telepon dan internet di perkebunan sekarang sudah lumayan kok. Karena perluasan jaringan dari provider semakin dekat ke pedesaan.

3. Jauh dari keluarga.

Jika kamu orang perantauan kamu harus bersiap jarang bertemu keluarga, namun perusahaan tetap memberikan cuti kok sesuai dengan aturan dinas ketenagakerjaan. Jadi kamu tetap bisa mudik ke kampung halaman setiap hari lebaran/hari raya.
Bagaimana saya bisa bekerja di perkebunan kelapa sawit?

Jika kamu membuka portal lowongan pekerjaan, banyak sekali lowongan-lowongan perusahaan perkebunan kelapa sawit. Beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit “Top Tier” diantaranya :

1. Sinar Mas Agro Resource and Technology (Sinarmas Group)
2. Astra Agro Lestari (Astra Group)
3. Salim Ivomas Pratama (Salim Group)
4. Dharma Satya Nusantara (DSN)
5. Wilmar Internasional
6. PP London Sumatera (Lonsum)
7. Perkebunan Nusantara PT Perkebunan Nusantara III (PTPN3)
8. Sawit Sumbermas Saran
9. Sampoerna Agro (Sampoerna Group)
10. Eagle High Plantation (Rajawali Group)
11. Bakrie Plantation (Bakrie Group)
12. Golden Agri Resources (Asian Agri)
13. PT Mahkota Group

Jika kamu menemui lowongan-lowongan dari perusahaan ini, sebaiknya kamu prioritaskan karena daftar diatas adalah perusahaan golongan terbaik yang sangat bagus untuk meniti karir. Disamping memiliki pengelolaan sumber daya manusia yang bagus, perusahaan-perusahaan ini memiliki keuangan dan profit yang sangat mumpuni.
Tips Penting Sebelum Melamar di Perusahaan Perkebunan

Apa saja tips-tips penting sebelum melamar kerja di perusahaan perkebunan sawit? Dan berapa upah serta komponen yang diberikan perusahaan?

Kamu dapat membaca lebih mendalam di website Semangkablog.com yang mengulas lebih lanjut tentang industri kelapa sawit. Terima kasih telah membaca dan jangan lupa bagikan informasi ini jika bermanfaat ya sobat!