Back to Top

Buat Desain Web Minimalis dengan 5 Tips Sederhana

Raden Pedia
April 12, 2021
0 comments

Tips Buat Desain Web Minimalis - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Memiliki desain website yang minimalis memiliki daya tarik tersendiri. Tentu hal ini bisa membuat situsmu semakin menarik untuk dibaca.

Pengguna juga jadi lebih nyaman dan fokus saat menikmati konten yang disajikan. Apalagi di era mobile seperti sekarang, dimana semua web dituntut untuk responsif dan mudah diakses lewat smartphone. 

Desain web yang minimalis juga dapat mempercepat waktu loading, karena sourcenya menjadi lebih ringan. Tentu, hal ini akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menjelajahi website.

Cara Membuat Desain Web Minimalis

Untuk membuat desain UI/UX website yang minimalis dan profesional, kamu bisa mengikuti 5 tips berikut:

Tips Buat Desain Web Minimalis - www.radenpedia.com
Source : spaceroom.id


1.  Tentukan Goal

Setiap web profesional selalu dibuat dengan perencanaan, mulai dari Niche (tema), desain UI/UX, hingga komponen-komponen yang harus ada.

Dengan mengetahui goal atau tujuan pembuatan website, kita jadi lebih mudah dalam mendesain tampilan web. Selain itu, kamu juga mengetahui komponen apa yang memang perlu ada, dan yang tidak diperlukan untuk website tersebut.

Karena itulah poin pertama ini sangat penting untuk kamu siapkan. Jangan sampai kita mendesain web tanpa tahu tujuan pembuatannya.

2. Minimalkan Gambar dan Widget

Desain web minimalis selalu tampak simpel dan bersih, tanpa ada widget atau komponen yang tidak diperlukan.

Kamu juga harus meminimalkan penggunaan gambar atau ilustrasi dalam web. Pastikan gambar atau ilustrasi hanya ditampilkan guna memperjelas informasi yang ditampilkan dalam situs.

Penggunaan font juga harus diperhatikan, beberapa font yang pas untuk desain web minimalis adalah font serif dan juga roboto.

Kedua jenis font ini punya kelebihan karena tampilannya yang rapi dan tetap nyaman dipandang meskipun digunakan untuk menampilkan tulisan panjang.

3. Tonjolkan Negative Space

Kalau kamu sering melihat website dengan tampilan simpel dan minimal, pastinya sering menemukan bagian atau komponen tertentu yang dibiarkan kosong begitu saja.

Bagian itulah yang disebut Negative Space. Komponen ini sengaja dibuat desainer website untuk menonjolkan tampilan situs yang clean dan tampak lega.

Kamu yang ingin membuat web minimalis, pastinya juga harus menerapkan hal ini.

Dikutip dari situs Visual Hierarchy, adanya Negative Space akan membuat mata lebih terpaku pada visual yang ditampilkan. Setiap komponen dalam web diberikan ruang untuk dapat ‘bernafas’, sehingga pengguna tetap nyaman melihatnya.

4. Perhatikan Kombinasi Warna

Penggunaan terlalu banyak warna justru akan membuat tampilan website menjadi kacau dan tampak tidak profesional. 

Jangan gunakan terlalu banyak warna, cukup dua atau tiga warna dengan jenis warna yang senada. Misalnya putih dengan hitam atau abu.

Penggunaan kombinasi warna yang baik juga akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menjelajahi situs kamu.

Semakin nyaman warnanya, semakin betah juga pengguna berlama-lama dalam situs.

5. Perhatikan Tata Letak

Penting banget, buat tau kebiasaan pengguna dalam menjelajahi sebuah website. Misalnya tentang bagaimana cara mereka membacanya, navigasi seperti apa yang paling nyaman, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Viral Desain Istana Negara di Ibukota Baru Tuai Protes Warganet

Sebuah riset yang dilakukan Nielsen Norman Group menyatakan, kebanyakan pengguna website membaca konten dalam bentuk “F”. Maksudnya, pengguna membaca dari kiri ke kanan, kemudian dari atas ke bawah.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka kamu dapat lebih mudah dalam menempatkan komponen dengan tepat, dan konsisten di tiap halamannya.

Penempatan setiap widget, halaman posting, dan navigasi harus selalu diperhatikan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna web.

Simpulan

Dengan menerapkan 5 tips diatas, seharusnya kamu sudah bisa membuat desain web minimalis dan profesional. Langkah selanjutnya tinggal mempertajam skil desain UI/UX yang kamu miliki, hal ini penting untuk menyempurnakan desain web yang kamu buat. Selamat mencoba...