Back to Top

5 Tips Usaha Kuliner yang Cocok bagi para Ibu Rumah Tangga

Raden Pedia
June 04, 2021
0 comments
5 Tips Usaha Kuliner yang Cocok bagi para Ibu Rumah Tangga - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Bagi para Ibu rumah tangga yang ingin menbantu menambahkan pendapatan untuk keluarga, pada artikel kesempatan ini Radenpedia akan memberikan panduan usaha kulineran yang pas buat anda kerjakan di dalam rumah, dan biasanya tidak memerlukan modal besar.

Sebagai seorang Ibu rumah-tangga, tentu saja anda mempunyai banyak kewajiban yang perlu dilaksanakan sehari-harinya dimulai dari jaga kebersihan dan kenyamanan rumah, kebersihan perlengkapan, alat makan, mengurusi anak, dan lain-lain.

Tapi jika rupanya anda masih mempunyai waktu senggang, dan ingin manfaatkan saat yang kosong itu dengan aktivitas yang berguna serta hasilkan uang, tentu saja menjalankan bisnis perlu untuk diperhitungkan.

Apa lagi jika anda mempunyai ketrampilan yang bagus di bagian kulineran, beberapa hal yang dapat anda coba agar bisa memberi pendapatan tambahan itu, yang mana salah satunya pada artikel kesempatan ini.

Awalnya, silakan baca artikel kami yang lain berkaitan dengan usaha dan marketing seperti apakah saja usaha marketing produk yang efisien, selanjutnya beberapa macam tipe promo yang memikat customer, 4 panduan marketing secara off line agar usaha dapat makin berkembang dan ada banyak kembali artikel yang lain yang bisa menambahkan pengetahuan anda.

Tapi awalnya, anda perlu lakukan beberapa langkah penyiapan yang dipersiapkan secara masak saat sebelum mengawali usaha kulineran itu, karena nanti akan tentukan keberhasilan dari usaha yang anda lakukan. Banyak hal yang penting anda siapkan saat sebelum mengawali usaha kulineran diantaranya :

1. Apa menu khusus yang bakal dihidangkan

Pertama kali anda harus tentukan menu atau sajian apa yang bakal anda untuk jadikan konsentrasi khusus dari usaha kulineran anda, yang anda sebaiknya tentukan berdasar ketrampilan mengolah yang anda punyai lebih menuju mana, dan berapa banyak saat yang anda butuhkan untuk mempersiapkan sajian itu.

2. Berapa harga makanan yang akan dijual

Selanjutnya anda pun perlu tentukan berapakah harga makanan yang bakal anda jual itu, yang seharusnya ditetapkan berdasar berapa tinggi daya membeli dari beberapa orang yang tinggal di sekita rumah anda, baik itu penghuni yang lain atau mereka yang teratur melalui tempat perumahan anda.

Jika anda cuman punya niat jual lewat cara online, lihat berapakah rerata harga yang ditawari oleh calon pesaing dan tetapkan apa anda akan bermain di atas, di bawah, atau menyamai harga mereka.

3. Siapa target dari upaya kuliner yang anda lalui

Tentukan siapa sasaran pasar yang bakal anda pasarkan produk kulineran itu, apa pegawai dari perusahaan yang bekerja di dekat rumah anda, siswa, tetangga, atau jika jual online, siapakah yang kurang lebih berminat untuk beli produk kulineran yang anda pasarkan.

4. Lewat apa anda akan menawarkan bisnis anda

Anda juga pelru tentukan media apa yang bakal anda maksimalkan untuk tawarkan usaha kulineran anda itu, apa sosial media seperti instagram, marketplace seperti tokopedia dan shopee, atau lewat web toko online punya anda sendiri.

5. Seberapa baik prospek pelanggan dari bisnis yang akan dijalankan

Tentunya selain keempat hal di atas, anda pun harus tentukan berapa baik prospect konsumen setia dari usaha kulineran yang bakal digerakkan itu, apa produk itu telah mempunyai banyak pesaing, apa akan dicintai atau mungkin tidak, menarik atau mungkin tidak, dan lain-lain.

Penyiapan-persiapan itu perlu dilaksanakan karena tentu saja anda tidak mau langsung masuk ke dalam usaha yang masih belum dapat anda rpediksi dan justru bisa saja tidak untung jika sasaran pasar dan target pelangan yang ingin anda raih, dan media penjualan tidak tepat.