Back to Top

Jenis-Jenis Thermal Transfer Ribbon Yang Perlu Anda Ketahui

Raden Pedia
August 15, 2021
0 comments

Jenis-Jenis Thermal Transfer Ribbon Yang Perlu Anda Ketahui - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Thermal Transfer Ribbon atau yang biasa disebut dengan ribbon Barcode adalah sebuah pita atau film berukuran tipis yang diikatkan pada gulungan yang mempunyai lapisan hitam khusus pada satu sisinya. Umumnya, lapisan hitam ini terbuat dari material lilin atau resin.

Memilih jenis thermal transfer ribbon sesuai kebutuhan anda merupakan sebuah kewajiban, agar anda bisa memilih sesuai dengan kualitas dan daya tahan yang anda butuhkan untuk jenis pekerjaan anda. Thermal Ribbon terdiri dari 3 jenis antara lain Ribbon Wax, Ribbon Resin, dan Ribbon Wax Resin.

Jenis label yang akan anda gunakan nanti akan menentukan kekuatan dan daya tahan dari hasi cetak thermal ribbon anda. Menentukan jenis thermal yang tepat untuk jenis usaha anda sangat penting dalam memastikan agar label yang anda cetak nanti menghasilkan kualitas yang bagus, mudah dipindai, tahan lama, dan dapat dibaca oleh scanner dengan berbagai spesifikasi.

Jenis label yang akan anda gunakan nanti akan menentukan kekuatan dan daya tahan dari hasi cetak thermal ribbon anda. Menentukan jenis thermal yang tepat untuk jenis usaha anda sangat penting dalam memastikan agar label yang anda cetak nanti menghasilkan kualitas yang bagus, mudah dipindai, tahan lama, dan dapat dibaca oleh scanner dengan berbagai spesifikasi. 

Maka dari itu, Ketiga jenis macam thermal ribbon tadi mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Dan juga masing-masing tipenya mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya secara lengkap :

1. Ribbon Wax

Jenis Thermal Transfer Ribbon yang satu ini merupakan tinta dengan basis lilin. Tinta ini tidak memerlukan suhu yang terlalu panas untuk proses pencetakannya. Penggunaan dari ribbon wax ini biasanya paling umum banyak digunakan oleh para pengusaha dan sangat direkomendasikan, baik untuk stok kertas yang akan dilapisi maupun yang tidak akan dilapisi.

Beberapa keunggulan ribbon wax ini antara lain hasil cetaknya yang bisa tahan lama, dan memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan thermal transfer ribbon jenis yang lain. Jenis thermal transfer ribbon yang satu ini cocok digunakan untuk pembuatan label pada ritel, gudang, maupun rak.

2. Ribbon Resin

Jenis thermal transfer ribbon yang kedua yaitu ribbon resin. Jenis thermal ini terbuat dari resin murni. Ribbon resin ini akan dapat meleleh pada suhu yang sangat tinggi dan bercampur dengan bahan yang akan dicetak, sehingga memiliki daya tahan yang sangat lama. Selain itu, hasil cetak dari ribbon resin ini memiliki hasil yang sangat jernih dan tajam pada berbagai jenis material.

Dikarenakan jenis thermal ini memiliki daya tahan yang lama dari pada jenis thermal lain, maka wajar jika thermal jenis ini memiliki harga yang sangat mahal. Jenis pita thermal ini biasanya digunakan pada non kertas atau stok sintetis. Penggunaan ribbon resin biasanya diterapkan pada pembuatan label bahan kimia atau obat-obatan, label otomotif, dan label garmen atau tekstil.

3. Ribbon Wax Resin

Jenis Thermal Transfer Ribbon yang terakhir adalah Ribbon Wax Resin. Ribbon Waxx resin merupakan jenis thermal yang memiliki bahan gabungan antara thermal dengan basis lilin dan transfer thermal resin. Jadi jenis thermal ini mempunyai suhu leleh perpaduan antara ribbon wax dan ribbon resin.

Ribbon wax resin dapat menghasilkan cetakan gambar yang super tajam dan jernih pada jenis berbagai material bahan. Jenis pita ini sangat cocok digunakan untuk label yang tahan akan cuaca. Pada saat mencetak, bagian yang dicetak akan memiliki ketebalan yang lebih dibandingkan dengan ribbon wax biasa.

Selain itu jenis pita ini hasil cetaknya lebih tahan terhadap goresan, dan juga tahan terhadap suhu lembap. Dari harganya sendiri tergolong pas, tidak terlalu mahal dan tidak murah juga. Jenis thermal ini cocok digunakan untuk memberi label pada rak, label barcode pengiriman, serta label untuk resep obat.

Dengan menggunakan thermal transfer ribbon untuk mencetak label, maka anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Keuntungan tersebut antara lain kualitas cetak yang memuaskan, daya tahan hasil cetak yang bagus, dan label yang berumur panjang. Selain itu, thermal transfer ribbon juga dapat menahan kelembapan dan paparan sinar UV yang lebih baik.