Back to Top

3 Alasan Mengapa E-commerce Perlu Menggunakan Payment Gateway

Raden Pedia
October 15, 2021
0 comments

Alasan E-commerce Perlu Menggunakan Payment Gateway - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Kemudahan yang ditawarkan oleh bisnis e-commerce memang sangat menggiurkan, tapi salah satu yang menjadi kendala adalah masalah metode pembayaran. Tidak jarang sebuah transaksi harus batal akibat perbedaan alamat pembayaran. Dari permasalahan ini kita bisa atasi dengan menggunakan payment gateway, kamu hanya perlu 1 rekening bisnis untuk semua pembayaran, tentu memudahkan bukan? Simak penjelasannya berikut

Nah, apakah kamu tahu bagaimana cara kerja payment gateway, berikut merupakan mekanisme kerja payment gateway, yakni :

  1. Setelah pembeli toko online memutuskan untuk membeli suatu produk maka akan terdapat beberapa pilihan pembayaran yang ditawarkan oleh payment gateway. 
  2. Apabila pembeli tersebut telah melakukan pembayaran, maka secara otomatis informasi pembelian tersebut akan terkirim ke payment processor.

Payment processor kemudian meneruskan informasi tersebut ke bank penerbit kartu pembelian karena metode pembayaran. Namun semua dapat teratasi hanya dengan menggunakan payment gateway. Payment gateway adalah solusi pembayaran online dalam layanan e-commerce yang dapat memberi otorisasi berbagai proses pembayaran baik transfer bank, virtual account,ataupun dari kartu kredit. Dengan adanya kehadiran payment gateway Indonesia ini dapat memberikan kemudahan dalam urusan pembayaran, pembelian, penjualan terutama di industri e-commerce. Selain memberikan kemudahan dalam bertransaksi, penggunaan cara ini juga membuat keuangan anda menjadi lebih teratur. Selain itu, berikut adalah cara kerja dari payment gateway dan beberapa alasan perlunya sebuah bisnis e-commerce menggunakan payment gateway Indonesia.

Cara Kerja Payment Gateway

  1. Selanjutnya, bank penerbit tersebut akan mendapat permintaan pembayaran, yang kemudian bank tersebut akan mengirimkan balasannya kembali ke payment processor dengan kode tertentu.
  2. Nah, cara kerja payment gateway yang terakhir, setelah payment processor mendapat kode dari bank penerbit maka payment processor akan mengirim notifikasi pemberitahuan terkait status transaksinya.

Mengapa E-commerce Perlu Menggunakan Payment Gateway? 

Alasan E-commerce Perlu Menggunakan Payment Gateway - www.radenpedia.com
Payment Gateway Memudahkan Pelaku E-Commerce

Memudahkan Konsumen Dalam Bertransaksi

Dengan menggunakan metode pembayaran yang lengkap anda (sebagai pemilik ecommerce) secara tidak langsung meningkatkan pelayanan terhadap konsumen anda. Keragaman orang dengan keterbatasan masing – masing tidak selalu memiliki apa yang hari ini sudah dianggap biasa. Seperti rekening Bank, e-wallet dll. Dengan menyediakan metode pembayaran yang lengkap maka hal ini pun akan memudahkan konsumen anda dalam bertransaksi dengan anda. Selain itu, hal ini juga akan membuat rating ecommerce anda semakin meningkat dengan banyaknya rekomendasi dari pelanggan anda.

Hanya Menggunakan Satu Rekening Bisnis

Salah satu hal yang membuat pelaku bisnis online sebelumnya adalah agar lebih banyak mengakomodir konsumen maka mereka harus membuka banyak sekali rekening bank. Tapi hal ini sudah tidak berlaku lagi jika anda menggunakan payment gateway. Salah satu cara kerja payment gateway adalah memproses seluruh transaksi dari berbagai metode yang diinginkan oleh konsumen anda, tapi hanya menyalurkan kas anda ke satu rekening bisnis yang sebelumnya telah anda daftarkan. Jadi, dengan kemudahan ini, anda tidak perlu lagi membuat catatan keuangan yang banyak dari seluruh rekening anda.

Baca Juga: Pengaruh Pandemi terhadap Pertumbuhan Pembayaran Digital

Tata Kelola Arus Kas Yang Efektif dan Efisien

Efektifkan lah seluruh proses transaksi anda dengan menggunakan payment gateway. Dengan metode ini, transaksi dengan konsumen bisa terproses hanya dalam hitungan detik. Jadi hal ini memungkinkan anda untuk melakukan ribuan transaksi pada ecommerce anda setiap harinya. Selain itu, efisiensi yang ditawarkan adalah anda tidak perlu lagi membuat catatan sendiri tentang setiap dan seluruh transaksi anda karena umumnya perusahaan payment gateway sudah melakukan hal itu. Jadi, anda bisa melihat seluruh data transaksi anda kapan saja dan sesuai kebutuhan anda.

Nah itulah pembahasan kita tentang alasan perlunya e-commerce menggunakan payment gateway. Semoga dengan menggunakan metode ini, bisnis anda semakin berkembang dan menjadi salah satu situs e-commerce terbaik di seluruh Indonesia.