Back to Top

Tips Branding dengan Logo Profesional - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Logo secara sederhana memiliki fungsi sebagai pengenalan jati diri sebuah produk atau brand di masyarakat. Coba sebutkan beberapa huruf atau bentuk yang mengingatkan kita terhadap sebuah brand? Misal huruf f, secara tidak sadar kita akan langsung mengingat ke brand Facebook 

Pengertian Logo

Logo adalah suatu gambar atau sebuah sketsa yang arti tertentu, untuk mewakili suatu arti dari sebuah perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya (Wikipedia)

Jadi, perihal logo ini kita harus bisa membuatnya dengan sebaik mungkin yang bisa memberikan penjelasan terhadap brand yang kita miliki. Kamu bisa juga menggunakan jasa pembuatan logo agar lebih maksimal.

Tips Pembuatan Logo Profesional untuk Branding

Beberapa logo ikonik yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari bukan tidak mungkin sudah melalui berbagai macam research sehingga bisa terciptalah sebuah logo profesional yang dapat mewakili sebuah brand.

Berita hangat baru baru ini yang lagi booming terkait dengan branding, kita sebut saja berita dari perubahan nama perusahaan Facebook menjadi Meta. Hal yang dilakukan oleh Mark zuckerberg adalah melakukan pergantian nama dari induk perusahaannya yang sebelumnya bernama Facebook menjadi Meta, hal ini dikarenakan adanya tujuan dari pengembangan Meta Verse.

Logo dari Meta itu seperti lambang tak terbatas yang di bentuk layaknya huruf M, M disini mewakili nama Meta.

Secara garis besar ada beberapa tips yang bisa kamu ambil dalam pembuatan Logo Profesinal.

  • Logo bisa menggunakan kombinasi huruf
  • Dibuat seunik mungkin tanpa mengurangi fungsi dari logo itu sendiri
  • Ikonik seperti singkatan dari brand, huruf depan ataupun gambar
  • Perpaduan warna dengan menerapkan warna psikologi
Kalo kamu kesulitan maka admin pribadi menyarankan untuk menggunakan jasa pembuatan logo profesional.

Tips Branding dengan Logo Profesional 

Logo Radenpedia - www.radenpedia.com
Logo Radenpedia

Sebelum kita ke pembahasan utama terkait bagaimana cara kita melakukan branding dengan logo profesional kita perlu tahu terlebih dahulu apa saja fungsi logo, berikut penjelasannya:

  • Sebagai Identitas Perusahaan/Brand
  • Sebagai alat Bersaing dengan Kompetitor
  • Sebagai Penambah Nilai dari Produk yang Kita Tawarka
Beberapa fungsi logo secara garis besar sudah kita tuliskan diatas, lalu bagaiamana tips brandingnya?

1. Pastikan kamu sudah memiliki logo profesional

Hal yang perlu kamu miliki di awal adalah sebuah logo profesional yang memang di buat dengan sumber daya resmi dan legal, pastikan logo kamu memiliki beberapa poin desain logo profesional.Untuk produk komersil jangan pernah menggunakan logo dari situs tamplate pembuatan logo, karena bersifat tamplate sehingga akan banyak sekali logo yang sama nantinya.

2. Pastikan Logo yang kamu miliki itu unik

Dalam membuat logo kita harus pintar memilih sumber daya yang akan digunakan, baik licensi font, perpaduan warna yang bagus sesuai brand, dan mudah diingat serta memberikan gambaran terkait brand yang kita miliki.

3. Umumkan Logo kamu di semua platform yang ada

Tentu kita memiliki sosial media, saat ini sosial media juga menjadi salah satu tempat untuk melakukan sebuah pemasaran. Maka kamu bisa memaksimalkan proses branding kamu dengan melakukan pengumuman terhadap brand kamu tersendiri. Usahakan selalu menyertakan logo dalam setiap bentuk promosi kita.

Simpulan

Jadi untuk mencapai tujuan kita dari melakukan branding terutama proses branding logo kita harus memperhatikan kembali sumber daya yang kita gunakan dalam pembuatannya, pastikan legalitasnya, tingkat plagiasi mendekati 0% dan dapat menarik di mata pasar. Pastikan juga kamu sudah melakukan branding di semua platform sosal media yang kamu miliki. Pelajari desain desain logo masa kini yang simpel namun sudah bisa mewakili dari brand tersebut.