Back to Top

Cara Mengetik Menggunakan Suara di Word dan Gogle Docs dengan Mudah

Raden Pedia
November 27, 2022
0 comments

cara mudah Ngetik pake suara di word dan google docs - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Seperti biasa jika kita bahas soal teknologi pasti tidak ada habisnya dan tentu saja menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Awalnya sih karena banyak menggunakan google voice untuk mengirim chat, sampai akhirnya gimana kalo ngetik di word menggunakan suara kita. Tujuannya tentu buat bikin lebih mudah lagi dalam menulis sesuatu agar lebih cepat.

Misal kamu tipe orang yang suka lupa jika sesuatunya gak langsung ditulis, akhirnya supaya bisa cepat kamu tulis, kamu bisa merekamnya saja.

Ngetik Anti Mager di Microsoft Word

Microsoft Word merupakan software buatan dari Perusahaan Microsoft asal amerika. Kita lebih mengenal perangkat lunak ini dengan sebutan MS word. MW Word ini juga bisa menjadi salah satu pilihan utama buat kita semua untuk melakukan pengeditan dokumen.

Fitur mengetik menggunakan suara di MS Word ini dikenal dengan menu "Dictate" atau "Dikte". Hal yang haru kita perhatikan sebelum menggunakannnya adalah kita wajib memiliki mikrofon yang berfungsi sebagai penerima suara dan jaringan internet yang stabil.

Langkah Menggunakan Fitur Dikte di Microsoft Word

Berikut langkah-langkah yang bisa sobat ikuti untuk menggunakan fitur dikte atau  suara-ke-teks pada Microsoft Word sobat:

  1. Membuat lembar kerja baru atau menggunakan dokumen yang sudah ada.
  2. Pada menu Home atau tampilan awal saat kita membuka Ms Word, klik Dictate atau dikte di sebelah kanan atas dokumen. Menu tersebut ditandai dengan ikon bergambar mikrofon berwarna biru muda.
  3. Kamu akan mendengar bunyi bip yang berarti mikrofon sudah menyala. Ini juga ditandai dengan perubahan warna mikrofon menjadi putih dan disertai lampu perekaman berwarna merah.
  4. Mulailah merekam suara dan Microsoft Word akan menuliskan kata-kata yang kamu ucapkan ke dalam dokumen.
  5. Ketika selesai merekam, kamu bisa menonaktifkan mikrofon dengan mengklik Dictate untuk kedua kalinya. Atau menggunakan perintah suara dengan mengatakan "Matikan fitur dikte".
  6. Selama perekaman suara aktif, kamu juga bisa mengetik secara manual menggunakan keyboard. Namun, jika kamu beralih ke program lain, fitur dikte akan mati secara otomatis.
  7. Dalam fitur ini, kamu juga bisa mengubah bahasa dengan mengklik panah ke bawah pada menu Dictate dan memilih bahasa yang tersedia.

Selain memasukkan kata ke dalam dokumen, kamu juga bisa memberi perintah untuk menambahkan tanda baca, menavigasi dokumen, pemformatan, atau memasukkan karakter khusus dengan menggunakan suara. Beberapa contoh perintah yang bisa kamu katakan adalah:

  • "koma" untuk memberi tanda baca koma (,).
  • "baris baru" untuk membuat baris baru atau Enter.
  • "colon" untuk memberi tanda baca titik dua (:).
  • "semicolon" untuk menambahkan tanda baca titik koma (;)
  • "garis miring ke depan" untuk menambahkan simbol  "/".
  • "garis miring terbalik" untuk menambahkan simbol "\".
  • Dan lain sebagainya.

Meski terdengar menarik diaplikasikan untuk membuat dokumen, sayangnya menurut keterangan laman Microsoft, fitur dikte hanya tersedia untuk pelanggan Microsoft 365. Fitur ini juga belum bisa digunakan dalam Bahasa Indonesia, melainkan masih tersedia dalam bahasa:

  • Jerman
  • Cina
  • Spanyol
  • Prancis
  • Australia
  • Kanada
  • India
  • Inggris Raya
  • Amerika Serikat
  • Hindi
  • Italia
  • Jepang
  • Portugis (Brasil)
  • Meksiko

Tidak perlu khawatir, jika kamu memerlukan pembuatan atau pengeditan dokumen menggunakan suara dalam Bahasa Indonesia, kamu bisa menggunakan Google Docs. Ini adalah perangkat lunak yang mendukung pembuatan dokumen mirip dengan Microsoft Word. 

Cara membuat dokumen dengan suara di Google Docs

Selain Microsoft Word, kamu juga bisa membuat dokumen dengan pengetikan suara menggunakan Google Docs atau Google Dokumen. Ini bisa kamu terapkan pada perangkat seluler atau pun komputer atau laptop.

Tetapi pada ponsel, ini bukanlah fitur pengetikan suara Google, melainkan hanya fitur asli yang terpasang di keyboard ponsel kamu. Sehingga tidak sepenuhnya membantu kamu membuat dan mengedit dokumen dengan baik. 

Langkah Menggunakan Voice Typing di Google Docs

Sedangkan jika kamu menggunakan komputer atau laptop, fitur pengetikan suara di Google Docs bisa kamu akses jika menggunakan browser Chrome. Inilah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menerapkannya:

  1. Buka Google Docs di Google Chrome.
  2. Pada lembar kerja Google Docs, pilih Tools > Voice Typing atau klik Ctrl+Shift+S pada keyboard. Ini akan memunculkan ikon mikrofon di margin kiri dokumen.
  3. Jika muncul pop up izin penggunaan mikrofon, klik Allow atau izinkan.
  4. Ketika sudah siap berbicara, klik ikon mikrofon. Mulailah berbicara dan Google Docs akan menuliskan kata-kata yang kamu ucapkan.
  5. Klik ikon mikrofon setelah selesai berbicara.
  6. Jika kamu ingin memberikan perintah suara, seperti tanda baca atau pemformatan, sayangnya hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. 

Fitur mengetik menggunakan suara mungkin menjadi salah satu inovasi yang sangat membantu kita dalam pengerjaan dokumen, namun sejauh ini masih belum sempurna. Untuk mengatasinya, pastikan sobat dirumah untuk memantau hasil dari ketikannya. Lalu lakukan penyempurnaan dengan edit beberapa yang masih kurang pas nya.

Simpulan

Overal, inovasi ini bisa bermanfaat untuk kita yang memang memerlukan fitur ini. Akan lebih membantu jika kita mengucapkan suaranya dengan jelas dan dikenali baik oleh sistem untuk meminimalisir kesalahan penulisan. Kerja kita menjadi lebih mudah karena hanya perlu memastikan saja sudah betul atau belum dokumen yang kita buat tersebut.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa semangat dan selalu bersyukur.

Referensi :

Cara Mengetik Menggunakan Suara (Voice-Typing) di Microsoft Word - IDN Times

by Google