Back to Top

7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video via Smartphone

Raden Pedia
November 27, 2022
0 comments
7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video via Smartphone - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Konten video merupakan salah satu format informasi paling populer saat ini. Maka tidak heran apabila beragam aplikasi edit video juga muncul sebagai pendukung ekosistem.

Produktivitas konten video saat ini bahkan sudah berada pada batas yang sangat tinggi. Berbagai bisnis bahkan lahir dari sektor ini hanya untuk menyediakan layanan edit video.

Namun tidak jarang rutinitas konten tersebut juga hadir untuk kebutuhan hiburan dari kreator amatir. Atas kebutuhan tersebut, muncul beragam alternatif aplikasi edit video di internet.

Tentang Aplikasi Edit Video


Aplikasi Edit Video via Smartphone - www.radenpedia.com

Sumber: Pexels by Pixabay

Sesuai dengan namanya, aplikasi edit video memiliki fungsi utama untuk mengolah data berupa video. Di dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat memotong, menggabungkan, dan menjalankan fungsi lain.

Pada mulanya aplikasi edit video lebih familiar di perangkat desktop ataupun laptop. Namun perkembangan smartphone mendorong berbagai perusahaan software juga memfasilitasi aplikasi tersebut di smartphone.

Keunggulan Edit Video via Smartphone


Aplikasi Edit Video via Smartphone - www.radenpedia.com

Sumber: Pexels by Joseph

Terdapat beberapa keunggulan melakukan pekerjaan video editing melalui smartphone. Pertimbangan biaya perangkat dan efisiensi kerja menjadi faktor utama.

Namun perkembangan aplikasi edit video saat ini juga sudah sangat jauh dari versi awalnya. Hal tersebut memungkin beragam penyesuaian dan fungsi yang lebih optimal. Adapun beberapa ulasannya adalah sebagai berikut.

Minim Biaya Perangkat


Aplikasi Edit Video via Smartphone - www.radenpedia.com
Sumber: Pexels by Pixabay

Menggunakan aplikasi edit video di smartphone tentu akan menghemat cukup banyak biaya perangkat. Pengguna tidak perlu memiliki perangkat terpisah untuk kebutuhan edit video.

Beragam aplikasi edit video juga berkembang dengan fitur sesuai variasi spesifikasi teknis smartphone. Terdapat berbagai aplikasi video editing yang hadir untuk perangkat kelas menengah.

Perkembangan tersebut dapat menjadi solusi yang ideal bagi kreator perorangan dengan perangkat yang masih terbatas. Hal tersebut juga memenuhi kebutuhan apabila proses video editing hanya ditujukan untuk bersenang-senang.

Efisien


Sumber: Pexels by Rodolfo Clix

Melakukan video editing melalui smartphone tentu tergolong aktivitas yang sangat efisien. Pasalnya, pengguna dapat mengolah langsuh hasil tangkapan kamera yang berada di smartphone.

Berbagai tipe smartphone saat ini memiliki fitur kamera yang sangat apik. Sehingga penggunaannya tidak kalah dengan DSLR atau model kamera profesional lainnya.

Selain itu, perangkat smartphone umumnya memiliki koneksi dan integrasi yang baik dengan layanan cloud. Fitur tersebut merupakan dukungan yang sangat efisien untuk ruang penyimpanan materi dan hasil kerja video editing.

Cocok Untuk Pemula


Sumber: Pexels by Ron Lach

Dibandingkan dengan perangkat komputer atau laptop, aplikasi edit video di smartphone berkembang dengan modul yang lebih ramah. Berbagai pengembang bahkan menyederhanakan fitur agar sangat mudah digunakan oleh pengguna amatir.

Aplikasi edit video di smartphone umumnya akan mengedepankan fitur-fitur sederhana seperti pemotongan, penggabungan, sisipan, dan sejenisnya. Fitur-fitur tersebut cenderung lebih mudah dipahami pengguna dari pada opsi olah grafis yang lebih kompleks.

Pertimbangan Memilih Aplikasi Edit Video


Sumber: Pexels by Mizuno K

Meski terdengar mudah dan efisien, namun aplikasi edit video juga tidak dapat dipilih secara acak. Pasalnya setiap aplikasi berkembang dengan spesifikasi dan tujuan tertentu.

Setiap tujuan tidak selalu cocok dengan semua pengguna. Beberapa aplikasi edit video di smartphone bahkan mengkhususkan pengembangannya untuk profesional. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut.

Tujuan Edit Video


Sumber: Pexels by Alex Fu

Setiap kebutuhan video editing tentu memiliki tujuan yang berbeda, misal agenda formal, film, sampai dengan kebutuhan hiburan personal seperti update status di media sosial.

Apabila hanya berupa kebutuhan hiburan personal, maka tersedia berbagai aplikasi sederhana. Beberapa aplikasi bahkan memiliki fitur prebuilt element. Fitur tersebut merupakan elemen audio maupun visual yang dapat disisipkan dengan mudah ke dalam data video.

Aplikasi edit video sederhana umumnya mudah digunakan dan membutuhkan sumber daya perangkat tidak terlalu besar. Tujuan video editing akan menentukan kebutuhan fitur yang harus tersedia dalam aplikasi.

Spesifikasi Perangkat


Sumber: Pexels by Torsten Dettlaff

Setiap aplikasi edit video memiliki ketentuan minimum sumber daya perangkat. Kebutuhan tersebut hadir untuk menjalankan seluruh fungsi dan fitur aplikasi dengan baik. Maka pilihan aplikasi juga harus sesuai dengan batas kemampuan smartphone.

Sangat tidak disarankan menggunakan aplikasi edit video dengan kebutuhan sumber daya di atas kapasitas perangkat. Hal tersebut berisiko menyebabkan kehilangan data, smartphone mudah panas, hingga kerusakan jangka panjang.

Biaya Aplikasi


Sumber: Pexels by Limon Das

Beberapa aplikasi edit video juga menetapkan biaya penggunaan. Hal ini biasanya diterapkan untuk fitur-fitur ekstra yang mempermudah pekerjaan. Beberapa aplikasi juga menetapkan biaya untuk prebuilt element yang membantu video tampak lebih menarik.

Perhatikan biaya yang tertera di halaman layanan sebelum memasang aplikasi. Biaya tidak terduga dalam proses pekerjaan tentu akan mengganggu hasil akhir video editing.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video via Smartphone


Sumber: Pexels by Andrea Piacquadio

Terdapat sangat banyak aplikasi edit video yang beredar di internet. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur unggulan dan ekosistem pendukungnya sendiri.

Berikut rangkuman beberapa aplikasi edit video populer yang dapat ditemukan di internet. Rekomendasi berikut disusun berdasar kemudahan penggunaan dan ekosistem pendukung yang konstruktif.

CapCut


Sumber: Apps Store

CapCut merupakan aplikasi edit video dengan prebuilt element yang sangat menarik dan beragam. Layanan CapCut menjadi salah satu tren untuk kebutuhan video pendek dengan format vertikal.

Layanan CapCut dapat diunduh secara gratis di Google Play dan AppStore. CapCut hadir dengan berbagai template menarik yang cocok untuk penggunaan pemula. Kebutuhan sumber dayanya juga tergolong sangat ringan.

KineMaster


Sumber: KineMaster

KineMaster merupakan salah satu layanan aplikasi edit video paling populer di dunia. Layanan ini cukup banyak digunakan oleh para kreator konten video. Fiturnya yang lengkap dan ringan membuat KineMaster sangat mudah menjadi pilihan kreator.

KineMaster dapat digunakan untuk kebutuhan video editing pada durasi yang lebih panjang. Hal tersebut cenderung kurang didukung pada layanan aplikasi edit video lainnya.

Viva Video


Sumber: VivaVideo

Viva Video memiliki layanan yang menyeluruh dengan berbagai prebuilt element yang dapat dengan mudah digunakan. Namun aplikasi ini juga cocok untuk digunakan bagi kebutuhan yang lebih profesional.

FilmoraGo


Sumber: PC Magz

Filmora merupakan salah satu terobosan besar dalam kebutuhan aplikasi edit video. Aplikasi ini memiliki integrasi untuk dapat digunakan di perangkat komputer dan smartphone. Data pekerjaan di aplikasi dapat disimpan di layanan cloud.

Dengan begitu, pengguna dapat beralih perangkat dengan sangat leluasa dengan data pekerjaan yang diakses tanpa kendala. Di dalam aplikasinya, terdapat berbagai prebuilt element yang sangat membantu proses video editing.

Magisto


Sumber: Magisto

Magisto menjadi salah satu aplikasi edit video dengan fitur manipulasi visual dan prebuilt element terlengkap. Namun layanan ini hanya tersedia dengan langganan berbayar. Magisto dapat dinikmat mulai dari USD4 per bulan.

Meski berbayar, layanan Magisto cocok untuk kebutuhan profesional. Sehingga terhitung sebagai investasi perangkat yang cukup sepadan untuk berbagai kebutuhan.

PowerDirector


Sumber: Cyberlink


Power Director dikembangkan oleh salah satu developer aplikasi edit video populer Cyberlink. Brand tersebut sudah lebih dulu populer di platform desktop seperti komputer dan laptop.

Dengan bekal pengalaman tersebut, Power Director dengan fitur editing yang sangat lengkap. Layanan Power Director cocok untuk kebutuhan semi-profesional dengan pengembangan opsi kreativitas yang lebih luas.

InShot


Sumber: Pexels by InShot

InShot menjadi aplikasi edit video lain yang cocok untuk kebutuhan video sederhana. Berbagai template video dalam InShot sangat efektif dikembangkan menjadi konten video pendek.

Berbagai kreator di seluruh dunia ramai menggunakan InShot untuk kebutuhan video seperti Reels di Instagram atau Short di layanan YouTube.

Penutup


Sumber: Pexels by Kat Smith

Demikian ulasan dan rekomendasi tentang berbagai aplikasi edit video yang beredar di internet. Pilih aplikasi sesuai kebutuhan dan spesifikasi perangkat. Hindari pemasangan aplikasi di atas batas kemampuan perangkat.

Perhatikan juga detail layanan dan biaya yang mungkin muncul dari penggunaan aplikasi. Biaya tidak terduga dalam penggunaan dapat berdampak pada kinerja aplikasi.

by Google