Back to Top

SEJARAH PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL

Raden Pedia
August 25, 2015
0 comments
SEJARAH PERKEMBANGAN MICROSOFT EXCEL


















1) SEBELUM ADA EXCEL

Program lembar kerja kalkulasi atau electronic spreadsheet merupakan impian dari Dan Bricklin dan Bob Frankston.Mereka mewujudkannya pada sebuah program yang diberi nama VisiCalc pada akhir tahun 70-an ketika personal computer mulai merambah lingkungan perkantoran.Program ini dibuat untuk dioperasikan di bawah computer Aplle II.Ketika IBM PC muncul pada tahun 1982,saat VisiCalc dipersiapkan untuk dapat beroperasi di sistem baru ini Mich Kapor dan Jonathan Sachs di Cambridge,Massachusetts telah mempersiapkan saingannya melalui Lotus Development Corporations,produk yang mereka beri nama 1-2-3.Program inilah yang kemudian meroket bersama berkembangnya IBM PC hingga beberapa tahun kemudian Lotus 1-2-3 dijadikan standar proram lembar kerja kalkulasi.Pengguna komputer IBM rela merogoh kantongnya senilai $ 459 untuk paket program Lotus 1-2-3 versi 1.( bandingkan Excel 2002 dijual denga harga resmi sekitar $ 105 saja saat lounching )*.Saat itu program-program lain yang mengkhususkan diri di bidang spreadsheet diantaranya adalan MultiPlan yang dibuat oleh Microsoft.Hingga saat itu program-program teresebut masih dalam tampilan teks atau character based ( bukan WYSIWYG seperti sekarang )

2) VERSI-VERSI EXCEL

EXCEL 1

Sebagai pengembangan dari Multiplan,pada tahun 1985 Microsoft Corporation mulai merilis Excel dengan tampilan grafis yang dikenal dengan istilah What You See Is What You Get alias apa yang terlihat di layer monitor akan sesuai engan apa yang dihasilkan jika dicetak.Program ini dibuat untuk beroperasi di bawah computer Macintosh yang sistem operasinya sudah berbasis grafis.

EXCEL 2

Versi perbaikan ini muncul tahun 1987.Sebenarnya program ini dipersiapkan unutk dapat beroperasi di luar computer Macintosh yang sistem operasinya belum berorientasi grafis.Untuk itulah diperlukan sistem operasi baru Microsoft Windows.Dengan demikian bagi pengguna IBM PC, inilah versi pertama munculnya Microsoft Excel for Windows.


EXCEL 3

Pada akhir 1990 dirilis Microsoft Excel 3 for Windows.Versi ini menawarkan banyak perkembangan yang sangat berarti,seperti mulai digunakannya toolbar,kemampuan membuat gambar ( drawing tool ),worksheet outlining,dukungan add-in,grafik 3-D,workgroup editing dan sebagainya.
EXCEL 4

Excel 4 mulai merambah pasaran pada musim semi tahun 1992.Munculnya program ini bertepatan dengan makin populernya sistem operasi windows 3.1 dan menampilkan banyak fasilitas baru.Versi inilah yang disebut sebagai first popular version.


EXCEL 5

Versi ini mulai diedarkan di awal 1994.versi ini membawa segudang pembaruan termasuk mulai dipakainya multisheet workbook ( sebuah workbook yang mampu bersisi lebih dari 1 lembar kerja ).Pada versi ini pula mulai dipergunakan bahasa pemrograman VBA.Di versi ini Excel meninggalkan istilah database dan menggunakan istilah list ( daftar ),dan dilengkapi dengan fasilitas Pivot Table.


EXCEL 95 atau EXCEL 7**

Beredar pada musim panas tahun 1995.Ini adalah versi pertama dari excel 32 bit yang beroperasi di bawah sistem operasi 95.Di sini disertai banyak fasilitas yang memudahkan pemakai,tetapi pada dasarnya tidak banyak bedanya dengan Excel 5.



EXCEL 97 atau EXCEL 8

Versi ini menawarkan tampilan dan kemampuan baru dari VBA developer.Tampilan toolbar dan menu diperbarui,fasilitas online help,jumlah baris dalam lembar jumlahnya bertambah 4 kali lipat.Excel 97 juga mempunyai file format yang berbeda ( tidak dapat dibuka pada versi sebelumnya ).Dilengkapi dengan Conditional Formatting,Data Validation dan AutoComplete serta masih banyak lagi.


EXCEL 2000 atau EXCEL 9

Dirilis bulan Juni 1999 untuk menyambut milenium baru .Fasilitas barunya yang cukup signifikan adalah munculnya file format dalam HTML,kemampuan yang disebut self repair dan kemampuan menyimpan objek hingga 12 buah dalam clipboard,sehingga ada istilah multiple past untuk meletakkan lebih dari satu objek dari clipboard.Format filenya masih kompatibel dengan Excel 97.

EXCEL 2002 atau EXCEL 10

Dirilis 31 Mei 2001,dan menjanjikan banyak kemudahan bagi pemakainya.Tampilan grafis yang baru,file recover yang menjamin tersimpannya keadaan terakhir suatu file ketika terjadi masalah ( hang ).Fasilitas error checking smart tag yang memberi peringatan jika kemungkinan terjadi kesalahan pada suatu sel.Disediakannya Function Argumen Tool Tip yang akan dapat terhubung dengan help sehingga mampu.
menginformasikan apa maksud argument yang harus diisikan pada suatu fungsi Excel.
Disamping versi-versi utama yang disebutkan diatas,Microsoft masih juga mengeluarkan versi-versi perbaikan pada setiap release Excel yang diras mempunyai kelemahan.Sebagai Contoh,Excel 97 disertai SR1 dan SR2 sebagai versi perbaikan.Pada Versi 2002 juga ada perbaikan terutama pada fasilitas Drawing Tool.

 

MICROSOFT EXCEL 2003


 Microsoft Excel 2003, untuk selanjutnya disingkat Excel (untuk memudahkan membaca tutorial ini), adalah program aplikasi yang bisa digunakan untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode pembuatan tabel, formula dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data-data penelitian, data usaha dan atau hal-hal lain yang berhubngab dengan fungsi excel dalam kehidupan sehari-hari.

MICROSOFT EXCEL 2007


            Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

MICROSOFT EXCEL 2010


Office 2010 adalah lebih "berbasis peran" dari versi sebelumnya Ada fitur disesuaikan dengan karyawan dalam "peran seperti penelitian dan pengembangan profesional, orang penjualan, dan sumber daya manusia.". Dalam pelaksanaannya Internet, Office 2010 menggabungkan fitur dari SharePoint Server dan meminjam dari "Web 2.0" ide.Microsoft Office 2010 termasuk diperbarui dukungan untuk format ISO / (OOXML) file IEC 29500:2008, Standar Internasional versi Office Open XML. Office 2010 menyediakan dukungan untuk membaca ECMA-376, membaca / menulis dukungan untuk ISO / IEC 29500 Transisi, dan membaca dukungan untuk ISO / IEC 29500 Ketat  Pada masa pra-rilis (beta) bentuk, bagaimanapun, Office 2010 hanya mendukung varian Transisi, dan bukan Ketat. Maksud dari. ISO / IEC adalah untuk memungkinkan penghapusan varian Transisi dari ISO / IEC versi sesuai standar OOXML. Microsoft Office 2010 mendukung OpenDocument Format (ODF) 1.1, yang merupakan standar OASIS. Fitur baru juga termasuk built-in tool screen capture, alat removal latar belakang, modus dilindungi dokumen, SmartArt baru template dan ijin penulis. The 2007 "Office Button" diganti dengan tombol menu yang mengarah ke menu file lengkap-jendela, yang dikenal sebagai Backstage View, memberikan akses mudah ke fungsi-fungsi tugas-berpusat seperti pencetakan dan berbagi. Sebuah regresi aksesibilitas penting dari tahun 2007 adalah bahwa skor tombol menu lebih buruk dengan perhitungan aksesibilitas hukum Fitts dibanding versi sebelumnya. Antarmuka Ribbon dimodifikasi hadir di semua aplikasi Office, termasuk Office Outlook, Visio, OneNote, Proyek, dan Publisher. aplikasi Office juga memiliki Jumplists fungsional di Windows 7, yang akan memungkinkan akses yang mudah ke item baru dan tugas yang relevan ke aplikasi tersebut  Fitur Office 2010

Penemu teknologi orang Indonesia dan kawasan Asia

1955 - Teori 23 Kromosom
Dr. Joe Hin Tjio, seorang ahli Cytogenetics asal Indonesia menemukan fakta bahwa kromosom manusia berjumlah 23 buah. Melalui penelitian di laboratorium Institute of Genetics of Sweden s University of Lund, temuannya berhasil mematahkan keyakinan para ahli genetika bahwa jumlah kromosom adalah 24 buah. Ia berhasil menghitung jumlah kromosom dengan tepat setelah menyempurnakan teknik pemisahan kromosom manusia pada preparat gelas yang dikembangkan Dr. T.C. Hsu di Texas University, AS.

1961 -  Pondasi Cakar Ayam
Teknologi ini ditemukan oleh Prof. Dr. Ir. Sedijatmo ketika ia sebagai pejabat PLN diminta mendirikan 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah rawa-rawa Ancol, Jakarta. Pondasi yang dibuatnya ternyata mampu mengurangi hingga 75% tekanan pada permukaan tanah di bawahnya dibandingkan dengan pondasi biasa. Pondasi cakar ayam ini kemudian digunakan di Bandara Juanda, Surabaya yang memungkinkan landasan menahan beban hingga 2.000 ton atau seberat pesawat super jumbo jet. Selain di Indonesia teknologi yang sudah dipatenkan ini juga digunakan di 9 negara lain, seperti Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Belgia, Kanada, AS, Belanda.

1979 - Ketela Pemadam Api
Ketika sedang melakukan uji coba menggunakan cairan pelumas berbahan kulit ketela pohon di Queen Marry College-London University, Inggris, Randall Hartolaksono menemukan teknologi untuk memadamkan api secara efektif dan ramah lingkungan. Ketika itu, cairan buatannya tidak sengaja tumpah dan memadamkan api yang sedang menyala. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata diketahui bahwa cairan tersebut jika terkena panas akan mengeluarkan uap yang dapat menyerang api. Kini temuannya digunakan di berbagai perusahaan pertambangan di penjuru dunia sebagai solusi untuk mengatasi kebakaran. 
1983 - Pesawat CN-235
Adalah pesawat dengan mesin turbo propeller hasil kerjasama Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) dengan CASA asal Spanyol. Pesawat ini mampu mengangkut 2 pilot hingga 45 orang penumpang dengan kecepatan maksimal 509 km per jam dan jarak tempuh 796 km. Pesawat ini kemudian digunakan oleh berbagai maskapai penerbangan sipil dan militer di sejumlah negara di dunia.

1988 - Kromatografi Tercepat
Di bawah bimbingan Profesor Toyohide Takeuchi di Universitas Gipu, Jepang, pada tahun 1998, Prof. Dr. Rahmiana Zein, yang saat itu sedang melakukan penelitian untuk disertasi doktor bidang kimia menemukan teknik kromatografi tercepat di dunia. Jika sebelum ini peneliti membutuhkan waktu antara 1.000 dan 100 menit untuk membedah senyawa kimia, teknik yang digunakan Rahmiana Zein mampu mendiagnosis senyawa kimia dalam waktu kurang dari 10 menit.

2005 - Persamaan Helmholtz
Persamaan matematika ini berhasil dipecahkan oleh Yogi Ahmad Erlangga, dosen ITB asal Tasikmalaya. Ketika memecahkan rumus tsb, Yogi sedang menempuh program Ph.D di Delft University of Technology, Belanda. Persamaan Helmholtz yang berhasil dipecahkannya, membuat banyak perusahaan minyak dunia gembira. Pasalnya, dengan rumus temuan Yogi itu mereka dapat lebih cepat dalam menemukan sumber minyak di perut bumi. Rumusnya juga bisa diaplikasikan di industri radar, penerbangan, dan kapal selam.

2006 - Pemindai 4 Dimensi
Electrical Capacitance Volume Tomography ditemukan oleh Dr. Warsito Purwo Taruno dan dipatenkan secara internasional. ECVT merupakan teknologi yang menggunakan sensor medan listrik statis yang bisa menampilkan gambar 4 dimensi dari tingkah laku gas dan partikel di dalam reaktor tertutup. Teknologi ECVT ini diperkirakan dapat mengubah drastis perkembangan riset dan teknologi di berbagai bidang, mulai dari energi, proses kimia, kedokteran, hingga nano-teknologi.2010 - Sistem Telekomunikasi 4G berbasis OFDM
Bersama koleganya, Khoirul Anwar, alumni ITB kelahiran Kediri ini merombak pakem efisiensi alat komunikasi. Ia mematenkan temuannya seputar sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Atas karyanya, Khoirul Anwar mendapat penghargaan pada 2010, dari Institute of Electrical and Electronics Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC), Taiwan
.

 

 

 

 

 

by Google