Back to Top
Tanilokal - Ledakan populasi hama yang menyerang tanaman pertanian sepanjang tahun, berkurangnya kesuburan tanah akibat pengerasan struktur permukaan tanah, hilangnya vegetasi organisme yang bersimbiosis dengan tanaman dan kemampuan serapan air (infiltrasi) oleh tanah. Kejadian tersebut merupakan dampak dari pola budidaya tanaman pertanian yang dilakukan dengan hanya menanam satu jenis tanaman dari famili yang sama sepanjang tahun.
Dengan pola budidaya satu jenis tanaman sepanjang tahun, maka akan dibutuhkan aktifitas pertanian yang tidak lagi alami. Bahkan seringkali merusak habitat organisme tanah yang bersimbiosis dalam menjaga dan meningkatkan kesuburan tanah.
Apabila kita melakukan budidaya satu jenis tanaman sepanjang tahun, maka aktifitas yang mutlak diperlukan meliputi :  Aktifitas kultivasi (pengolahan) lahan pertanian dengan mesin berat,  Proses pembalikan tanah saat dilakukan pembajakan, Penggunaan bahan kimia sintetis kedalam sistem Akibatnya setelah panen tanah akan menjadi ke