Back to Top
Kita mengenal tanaman bunga sakura karena keseringannya yang muncul di berbagai film dan drama Asia. Sebagai tanaman nasional Jepang, bunga sakura biasanya mekar pada bulan April. Uniknya bunga tersebut akan mekar terlebih dahulu, barulah kemudian diikuti oleh pertumbuhan daun. Bunga sakura ada yang berwarna putih, merah muda, merah jambu, merah, kuning muda, sampai hijau muda.

Ternyata , pohon bunga sakura bisa ditanam di Indonesia lho. Kalau mau bukti, Anda bisa berkunjung ke daerah Ancol, Cibodas, Kota Batu, serta Pulau Sumba. Di tempat-tempat tersebut, ada beberapa pohon sakura yang sengaja dipelihara oleh para petani. Bahkan di Pulau Samba, pohon sakura banyak tumbuh secara liar di sepanjang jalan.
Walaupun menanam bunga sakura terbilang tidak terlalu sulit karena tanaman ini dapat tumbuh di dataran tinggi hingga dataran rendah, tetapi alangkah baiknya jika Anda memeliharanya di lokasi yang sesuai habitat alaminya. Kami menyarankan penanaman bibit bunga sakura dilakukan di dataran t