Back to Top
Strain Ayam Petelur di Indonesia - radenpedia.com
Strain Ayam Petelur di Indonesia

RadenPedia - Sudah beberapa hari ini admin belum bisa update dan akhirnya kita bisa berjumpa lagi sekarang. Mencari-cari informasi apa yang pas buat update dan akhirnya kepikiran buat update soal peternakan khususnya ayam petelur. Pada update sebelumnya admin mengupadate dengan judul Doa Ketika Eyang Sedih dan pada kesempatan ini Radenpedia.com akan membagikan informasi tentang jenis-jenis strain ayam petelur yang beredar di peternakan yang ada di Indonesia. Sebelum memulai beternak ayam petelur maka kita harus mengenali terlebih dahulu jenis strain apa yang akan kita pelihara. Jenis strain ayam petelur ini dinilai penting karena akan berpengaruh pada produksi, pengembangan, dan budidaya sekala usaha. Sangat banyak sekali strain ayam petelur unggul yang dapat digunakan peternak dalam usaha peternakan ayam petelur yang dimilikinya kelak.

Maka dari itu kita, akan pelajari lebih dulu, apa yang dimaksud dengan ayam ras petelur. Ayam ras petelur Layer ) adalah ayam ras hi-breed yang diternakan khusus sebagai penghasil telur. Ayam petelur dapat berasal dari ayam tipe ringan dengan bobot 1,5 – 2,0 kg/ekor, dan tipe medium ( tipe dwiguna ) yang dapat mencapai bobot hidup 3 kg/ekor.

Dewasa ini, ayam ras petelur dapat dibedakan dari strain-nyaStrain adalah istilah untuk jenis ayam yang telah mengalami penyilangan dari berbagai bangsa, sehingga tercipta ras unggulan dengan efisiensi produksi yang tinggi dan bersifat turun – temurun.

Jenis Strain Ayam Petelur di Indonesia

Strain ayam petelur yang ada di Indonesia antara lain: 


  • Arbor Acre, 
  • Dekalb Waren , 
  • Hyline , 
  • Hubbard Golden Comet, 
  • Kimber Brow , 
  • Harco ,
  • Shave , 
  • Hisex , 
  • Hypeco , 
  • Rosella , 
  • ISA Brown , 
  • Ross Brow, 
  • Lohmann
  • Enya


Masing – masing strain memiliki keunggulan tersendiri, namun secara garis besar keunggulan tersebut meliputi produktifitas bertelur tinggi, bobot telur tinggi, nilai konversi pakan rendah, pertumbuhan yang baik, daya hidup tinggi, serta masa bertelur yang panjang. Dan pastinya memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Berikut ini salah satu contoh, strain ayam petelur yang ada di Indonesia. Yakni tentang performa strain lohmann yang digunakan oleh peternakan ayam petelur CV. Hanura Jaya Farm.

Tabel Performa strain Lohmann
Perfomance
Dalam
Mortalitas
%
8,62
Berat Telur
Gr
62,86
Kg / HH
Kg
21,37
Butir / HH
Butir
356,82
FCR Kumulatif
2,22
Feed Intake
gr / ekor
105,46
Berat Badan
Kg
2,1

Sumber : CV.Hanura Jaya Farm, Kandang F (2016) 

Strain Ayam Petelur di Indonesia - radenpedia.com
Strain Ayam Petelur di Indonesia


Sepertinya cukup disini dulu untuk pembahasan mengenai Jenis Strain Ayam Petelur yang ada di Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat pembaca baik untuk akademisi ataupun para wirausahawan yang akan memulai bisnisnya di dunia ayam petelur. Terimakasih. Jangan lupa untuk tekan tombol bagikan ya teman teman.

Referensi:
CV.Hanura Jaya Farm, Kandang F (2016)

  1. Zatnika

    Wah luar biasa, ternyata ayam hasil perkawinan silang dapat menghasilkan ras-ras yang unggulan juga ya.

    Reply
  2. Muh.miftahudin

    Saya punya banyak kate kalo disilangkan sama ayam lain ayam apa yang bisa ya

    Reply
    1. Raden Pedia

      Sayang pak nanti hasilnya, soalnya kalo kate itu sudah di galurkan kecil dan untuk hias

      Delete
  3. rhlardv

    Wah kok bisa pas banget ya sama materi disekolah sekarang.

    Reply
    1. Raden Pedia

      Alhamdulillah mas kalau begitu

      Delete

by Google