Tips Lancar Kuliah dan Belajar Online

Tips Lancar Kuliah dan Belajar Online
Tips Lancar Kuliah dan Belajar Online - radenpedia.com

Beriringan dengan datangnya pandemi Covid-19 membawa perubahan pada sisi kehidupan kita semua. Salah satunya adalah bidang pendidikan. Dalam pembelajaran sahari-hari biasanya kita lakukan secara tatap muka langsung dengan dosen di kampus tercinta kita namun saat ini menjadi tatap muka via online. Untuk itu kini radenpedia.com memiliki tips untuk mempelancar perkuliahan kita di online ini.

Media pelaksanaan kuliah online

Pada pelaksanaanya kuliah online seringkali dilaksanakan secara chat di satu grup contoh di WAG (Whatsapp grup) dan sesekali dilaksanakan secara tatap muka online yaitu menggunakan aplikasi teleconference sebut saja zoom dan google meet. Kedua aplikasi ini dapat membantu teman teman saat kuliah tatap muka online. Sejauh ini perbedaan yang terlihat adalah jika kita menggunakan zoom itu terbatas hanya 40 menit dengan peserta lebih dari 3 orang, namun jika kita memilih google meet itu waktu yang diberikan tidak dibatasi. Mengatasi pembatasan durasi zoom bisa kita lakukan dengan cara uprgade akun kita.

Setelah kita mengenal media online yang dapat mempermudah belajar online, admin akan melanjutkan ke pembahasan utama yaitu Tips Lancar Kuliah dan Belajar Online. 

Tips Lancar Kuliah dan Belajar Online - radenpedia.com
Ilustrasi Kuliah Online


Tips Lancar Kuliah dan Belajar Online

Tentukan Media Kuliah Online yang akan kita gunakan

Dalam menentukan media mana yang kita pilih untuk mengajar tergantung keperluan utama. Contoh untuk perkuliahan / praktikum yang tidak terlalu mengutamakan tatap muka lebih baik dilakukan di WAG saja agar tidak terlalu menguras kuota. Jika perkuliahan sangat urgent contoh hari pertama perkuliahan karena sang dosen harus tau mahasiswanya begitu pun dosen harus di kenal oleh mahasiswa maka dilakukan secara tatap muka online bisa menggunakan zoom atau google meet disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Menggunakan email resmi dan bukan berbau candaan

Saat kita akan membuat akun untuk masuk perkuliahaan online alangkah baiknya jika menggunakan email pribadi kita. Jika ada gunakanlah email kampus karena biasanya email kampus memiliki fasilitas powerfull dan menunjang perkuliahan kita nantinya.

Menggunakan nama asli

Ketika kita akan memasukin WAG atau zoom atau google meet usahakan temen-temen sudah mengganti nama di akun sobat dengan nama asli. Hal ini agar memudahkan dosen saat mengabsen dan menilai perkembangan kita diperkuliahan. Yang biasanya kita tatap muka langsung dan dapat dinilai langsung.


Baca juga : Tips dan Cara Hidup Sehat di Antara Masa Pandemi skuyyyy


Menggunakan foto profil asli

Sama seperti yang disebutkan sebelumnya kita harus menggunakan foto profil asli dan utamakan bagian wajah terlihat agar dosen mudah mengenali kita nantinya.

Menggunakan bahasa yang baik dan sopan

Dalam pertemuan daring ini tanda baca saja bisa merubah makna dari pembacaan suatu kalimat. Jadi usahakan bahas yang baik saat diskusi di WAG atau saat zoom atau google meet. Saat nge-zoom dan google meet jangan lupa untuk mengsilent perekam audio kalian jika memang sedang tidak diperlukan khawatir keluar bahasa yang tidak diperlukan.

Menyalakan video saat teleconference

Satu hal yang tak kalah penting. Bagi seorang dosen yang mengharuskan mahasiswanya menyalakan video itu tak lain untuk mempermudah interaksi dan mendorong mahasiswa untuk selalu memperhatikan dosennya saat menerangkan. Namun jika terkendala jaringan bisa disampaikan baik baik melalui fitur chat atau langsung intruksi.

Baiklah mungkin itu saja dulu pada artikel ini. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya untuk kita semua. Jangan lupa untuk menerapkan tips agar lancar kuliahnya ya. Share jika menurutmu artikel yang berjudul Tips Lancar Kuliah dan Belajar Online ini penting agar semua orang tau tipsnya. 

Akhir kata tetap semangat dan jaga kesehatan mari kita wujudkan generasi terbaik bangsa sebagai agen perubahan menjadi lebih baik lagi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.


Artikel Internet Kuliah tips dan trik

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Ampuh diterima AdSense

0 Response to "Tips Lancar Kuliah dan Belajar Online"

Post a comment

Catatan Berkomentar
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel