Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ciri Ikan Cupang Sakit dan Cara Mengatasinya

Ciri Ikan Cupang Sakit dan Cara Mengatasinya - www.radenpedia.com
Ciri Ikan Cupang Sakit dan Cara Mengatasinya

RADENPEDIA-Bettafish atau ikan cupang saat ini banyak dilirik oleh semua kalangan. Ikan cupang hias salah satunya, ikan cupang hias dinilai bisa hingga jutaan rupiah. Dengan harga yang tinggi seperti itu kita pasti akan waswas saat memeliharanya di rumah. Tapi tenang kali ini Radenpedia.com akan membagikan informasi untuk kita mengetahui ciri ikan cupang sakit. Sebelum dilanjut buat yang belum tau ada jenis cupang hias apa saja langsung klik disini Jenis Ikan Cupang Hias. Mari kita simak penjelasan dibawah ini.


Ciri Ikan Cupang Sakit dan Cara Mengatasinya

Ciri Ikan Cupang Sakit

Ikan cupang yang sakit akan menunjukkan beberapa ciri umum seperti nafsu makan menurun, cenderung sirip dan ekor kuncup dan bentuk tubuh yang tidak bagus.

1. Nafsu Makan Hilang

Jika ikan cupang dirumah kalian cenderung tidak mau makan hati hati kemungkinan ikan cupang tersebut sedang sakit. Sejatinya ikan cupang termasuk ikan yang memiliki nafsu makan yang tinggi. Biasakanlah ketika memberikan pakan ikan cupang sembari diperhatikan bagaimana tingkat kemauan ikan tersebut dengan pakan. Usahakan paka tersebut tidak sampai menumpuk.

2. Badan Terlihat Kurus/Buncit

Kondisi seperti ini terjadi kemugkinan karena kita kurang tepat dalam pemberian pakannya. Hal ini sering kali berkaitan dengan kandungan nutrisi dari pakan yang diberikan. Pakan cupang sebaiknya selang seling dengan pemberian pelet, kutu air, jentik dan juga udang kecil.

3. Warna Pudar

Ikan cupang yang sakit cenderung memiliki warna yang pudar, hal ini juga menunjukkan bahwa ikan cupang sedang kehilangan mentalnya. 

4. Ikan Tampak Lesu

Pernah gak temen-temen dirumah liat cupang yang cenderung diam di atas atau dasar soliter? kalo kesehariannya seperti itu cepat cepatlah untuk mengganti airnya khawatir cupang tersebut akan sakit.

5. Rusaknya Sirip dan Ekor

Ciri yang terakhir adalah terjadi kerusakan pada sirip dan ekor yang disebabkan oleh membusuknya bagian tersebut. Awal mula ikan terlihat sirip dan ekornya jarang mengembang.

Cara Mengatasi Cupang yang Sakit

Setelah mengetahui beberapa ciri dari supang tersebut sakit atau akan sakit segera berikan perlakuan khusus yang akan dibahas dibawah ini.

1. Pengecekan Kualitas Air

Air pada soliter cupang menjadi bagian yang sangat penting dalam kesehatan ikan cupang. Kita harus memastikan bahwa kualitas air sudah sesuai dengan kebutuhan ikan cupang. Adapun informasi kandungan air sebagai berikut:
  • Ammonia < 0,1 mg/L (ppm)
  • Nitrite 0 mg/L
  • Nitrate < 20 mg/L
  • pH 7.0-8.5
  • kH (Alkalin) > 100 mg/L
  • gH (Kandungan Keras) > 100 mg/L
  • Temperatur suhu 25-28 C
Sumber : Cafishvet

2. Memperbaiki Kualitas Air

Jika air yang kita miliki tidak sesuai dengan apa yang disebutkan sebelumnya. Admin menyarankan untuk menggunakan air mineral yang biasa kita minum. Air tersebut lebih aman untuk ikan cupang kita.

3. Cek Kualitas Pakan Ikan

Pakan ikan disini juga sangat penting karena ini merupakan bagian yang dimakan oleh ikan. Pakan yang baik harus tidak lebih dari 2 menit saat kita memberikan makan. Hindari pakan mengendap di bawah. Jika menggunakan pakan hidup, pastikan sudah di cuci atau airnya diberikan air biru agar pakan hidup bisa lebih bersih dari bakteri jahat/jamur.

4. Konsultasi dengan Expert/Dokter Hewan

Langkah terakhir jika sudah tidak bisa kita atasi dengan cara diata, admin menganjurkan untuk segera mengubungi senior di percupangan atau hubungi dokter hewan. Tentunya kita ingin memberikan yang terbaik untuk ikan kesayangan kita tersebut. 

Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga apa yang sudah disampaikan dapat memberikan informasi yang sesuai. Jika ada informasi yang terlewat jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selalu kunjungi Radenpedia.com ya. :)

Post a comment for "Ciri Ikan Cupang Sakit dan Cara Mengatasinya"

Berlangganan via Email