Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Langkah Mencegah Obesitas

5 Langkah Mencegah Obesitas - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Obesitas atau kegemukan adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kelebihan berat badan yang di sebabkan oleh timbunan lemak. 

Seseorang bisa di katakan gemuk jika memiliki indek masa tubuh 25 s/d 29.5 sedangkan seseorang yang memiliki indek masa tubuh 30 ke atas maka di kategorikan obesitas atau kegemukan.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas atau kegemukan. Dari pola makan yang tidak sehat , kurang nya aktifitas fisik dan faktor genetik. Namun fator utama penyebab obesitas atau kegemukan adalah pola makan yang tidak sehat dan kurang nya aktifitas fisik.

Orang yang mengalami kegemukan lebih beresiko terkena penyakit seperti halnya penyakit jantung , stroke , darah tinggi diabetes , gagal ginjal dan penyakit persendian. 

5 Tips untuk Kamu Mencegah Obesitas

Obesitas bisa di cegah dan di atasi dengan langkah langkah berikut :

Terapkan Pola Makan Sehat


5 Langkah Mencegah Obesitas - www.radenpedia.com
Mengatur Pola Makan

Terapkan pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi tapi memiliki kandungan kalori yang rendah. 

Pilih buah dan sayuran segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang di butuh kan oleh tubuh kita. Buah dan sayur mengandung sedikit kalori dan kaya nutrisi.

Pilih sumber karbohydrat komplek seperti  whole grain , sereal , oatmeal , beras merah dan juga umbi umbi and untuk meminimalis lonjakan gula darah.

Konsumsi lemak sehat dari biji bijian,kacang kacangan,daging ( ayam / sapi ) ikan dan telor. Selain lemak sehat biji bijian dan kacang juga sangat kaya protein begitu juga dengan daging ayam ,sapi dan ikan. 

Pola makan yang sehat menghidarkan kita dari resiko mengalami obesitas dan juga terkena penyakit.

Lakukan Latihan Fisik/Olahraga


5 Langkah Mencegah Obesitas - www.radenpedia.com
Berolahraga 


Lakuka latihan fisik atau olah raga 3 - 4 kali dalam seminggu. Latihan fisik akan membuat tubuh kita membakar kalori yang berlebih sehingga tidak di timbun menjadi tumpukan lemak.

Lakukan latihan kardio seperti lari, bersepeda , skiping dan senam latihan kardio sangat baik untuk meningkatkan endurance dan efektif membakar kalori tubuh . 

Tingkatkan masa otot tubuh dengan latihan beban . Latihan beban sangat efektif untuk membakar lemak tubuh. Lakukan pula latihan  flexibility dan body balace seperti yoga , pilates dan bosu .

Selain meningkatkan kebugaran tubuh melakukan latihan fisik juga bisa menggidarkan kita dari kegemukan.

Berikan Batasan dalam Mengonsumsi Gula dan Garam


5 Langkah Mencegah Obesitas - www.radenpedia.com
Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

Batasi konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula dan garam. Makanan makanan yang tinggi gula dan garam seperti halnya cake , gorengan, minuman soda , snack dan juga makanan siap saji rata rata memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi dan minim nutrisi . 

Makanan yang tinggi kalori akan membuat tubuh kita surplus kalori dan Jika kalori yang berlebih tersebut tidak kita gunankan maka tubuh akan menyimpan nya dalam bentuk lemak. 

Ketika lemak tersebut di biarkan maka lambat laun tubuh kita akan mengalami kegemukan. 

Menerapkan Diet, Mengatur Jumlah dan Jenis Makanan


5 Langkah Mencegah Obesitas - www.radenpedia.com
Program Diet


Lakukan diet untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Diet adalah mengatur jumlah dan juga jenis makanan yang akan kita konsumsi dalam satu waktu.

Dengan diet yang sehat kita bisa mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita agar tidak berlebih. Diet yang sehat membuat asupan nutrisi tubuh kita menjadi seimbang.

Kamu bisa juga menggunakan layanan dari sebuah situs kesehatan untuk melakukan pengontrolan program diet kamu.

Dengan menjalan kan diet secara konsisten maka berat badan kita sudah pasti akan terkontrol dengan baik dan terhindar dari resiko mengalami kegemukan

Manage Stress


5 Langkah Mencegah Obesitas - www.radenpedia.com
Stress Management

Stress bisa membuat keseimbangan hormon tubuh kita terganggu sehingga proses metabolisme tubuh kita menjadi tidak optimal. Saat stress tubuh kita akan kehilangan banyak nutrisi sehingga seseorang cenderung merasa lapar dan mengkonsumsi makanan secara berlebihan.
Jika hal ini di biarkan bukan tidak mustahil lambat laun tubuh kita akan mengalami kegemukan.

Lakukan hal hal yang positif untuk menghindari stress misalnya saja dengan melakukan meditasi , melakukan yoga dengan irigan musik suara suara alam atau hal hal positif lainnya 

Obesitas atau kegemukan memanglah bukan suatu penyakit. Tetapi orang orang yang mengalami obesitas atau kegemukan akan lebih rentan atau beresiko terkena penyakit.

SIMPULAN

Dengan menerapkan beberapa tips diatas berat badan kamu akan lebih terkontrol dan mengurangi kemungkinan munculnya obesitas. 

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk tekan tombol berbagai dan sampaikan tips menarik ini ke orang terdekat kita. Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Referensi


Raden Pedia
Raden Pedia Memberikan Informasi Terkini dan Membahas Berbagai Artikel

4 comments for "5 Langkah Mencegah Obesitas"

Berlangganan via Email