Back to Top

Cek Resi J&T dengan Mudah Menggunakan Resiku.info

Raden Pedia
February 14, 2021
0 comments

Cek Resi J&T dengan Mudah Menggunakan Resiku.info - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Cek resi J&T, Bagi Anda yang memiliki hobi berbelanja online mungkin sudah tidak asing dengan nomor resi pengiriman. Biasanya nomor resi akan diberikan setelah Anda melakukan transaksi. Nomor resi pasti diberikan oleh semua jenis ekspedisi, termasuk juga J&T. Apabila menggunakan jasa pengiriman tersebut, Anda bisa cek resi J&T melalui aplikasi atau website resmi dari J&T.

Apa Itu Nomor Resi

Sebelum cek resi J&T sebaiknya Anda sebaiknya memahami apa itu nomor resi? Nomor resi merupakan sebuah tanda penerimaan yang tertulis. Di dunia ekspedisi, nomor ini merupakan bukti pengiriman dari sebuah jasa ekspedisi. Bentuknya biasanya berupa lembaran kertas dengan isi nomor seri khusus. Bagi pihak pengirim, sangat penting untuk memperhatikan nomor resi ini untuk memberikan informasi kepada calon penerima.

Fungsi Nomor Resi

Menjaga kepercayaan pelanggan

Fungsi pertama dari nomor resi adalah menjaga dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Hal ini berlaku jika Anda pemilik toko online yang hendak mengirimkan produk ke konsumen. Customer kadang tidak memperhatikan tarif saja, melainkan juga bagaimana kualitas pelayanan dari pihak ekspedisi. Semakin berpengalaman jasa ekspedisi tersebut, semakin kecil pula risiko terjadi kesalahan.

Jangan sembarangan dalam memilih jasa ekspedisi. Ketika terjadi masalah pada proses pengiriman barang, customer tidak hanya akan mengeluh kepada pihak ekspedisi, namun juga penjual yang telah memilih jasa ekspedisi tersebut. Oleh karena itu, agar kepercayaan pelanggan bisa terjaga dan meningkat, selalu gunakan ekspedisi yang mampu memberikan nomor resi untuk melacak paket.

Melacak status perjalanan barang

Setelah pihak ekspedisi menerima paket, sebagai pengirim Anda akan diberikan nomor resi. Fungsi nomor resi ini adalah untuk melacak perjalanan paket. Sebagai customer, dengan nomor ini Anda juga bisa mengetahui paket Anda sudah sampai mana. Selain lokasi, biasanya nomor resi juga akan memberikan informasi mengenai status paket, apakah dalam proses transit, pengantaran, atau dibawa oleh kurir.

Bukti paket telah terkirim

Nomor resi juga berfungsi sebagai bukti atau tanda bahwa paket yang dikirimkan sudah sampai tujuan. Kurir paket biasanya akan menanyakan atas nama siapa paket tersebut dan kemudian status pada nomor resi sudah berubah menjadi “terkirim”. Dengan status ini, baik pengirim dan penerima paket sama-sama bisa mengetahui bahwa paket telah sampai.

Mengetahui kondisi barang

Tidak selamanya proses pengiriman paket akan berjalan dengan lancar. Sudah ada beberapa kasus di mana paket mengalami masalah. Di sinilah nomor resi memegang fungsi yang cukup penting. Dengan nomor tersebut, Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi barang tersebut. Beberapa kondisi yang mungkin terjadi pada paket adalah rusak atau hilang.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya pihak pengirim segera melakukan konfirmasi pada pihak penerima dan ekspedisi untuk melakukan tindak lanjut. Jika barang hilang atau rusak karena kesalahan teknis jasa ekspedisi, biasanya mereka akan memberikan kompensasi untuk pengiriman pengganti. Namun, jika kerusakan terjadi karena kesalahan pengemasan pengirim, klaim tersebut biasanya tidak bisa dipenuhi.

Untuk mengambil langsung di kantor

Nomor resi juga bisa Anda gunakan jika ingin mengambil barang secara langsung di kantor ekspedisi. Hal ini sudah sering terjadi karena penerima ingin segera mengambil paketnya dan tidak ingin terlalu lama menunggu. Customer yang memahami alur kerja dari nomor resi akan mengecek status lokasi dari paket tersebut. Jika sudah mengetahui di mana paket berada, ia akan datang ke kantor tersebut untuk mengambil langsung.

Cara Cek Resi J&T dengan Resiku.info

Saat ini sudah banyak aplikasi atau website yang bisa membantu Anda untuk mengecek nomor resi. Salah satu yang bisa Anda coba adalah Resiku. Dengan Resiku.Info, Anda bisa dengan mudah melacak paket melalui nomor resi. Berikut ini adalah penjelasan lengkap lebih lanjut.

Kelebihan cek resi menggunakan Resiku.info adalah cepat, akurat, dan juga terpercaya. Resiku.info memberikan Anda kemudahan untuk melacak paket dan sudah mendukung lebih dari 10 jasa ekspedisi di Indonesia seperti J&T. Di manapun dan kapan pun Anda dapat mengecek status perjalanan paket yang sedang dikirim.

Cara Mengecek Resi di Resiku.Info

Cara mengecek resi menggunakan Resiku cukup mudah anda hanya perlu mengikuti langkah dibawah ini:

  1. Pertama, buka browser di smartphone atau laptop dan masuk ke website atau klik link berikut www.resiku.info. 
  2. Pilih bagian menu “cek resi” dan akan muncul halaman pencarian. 
  3. Masukkan nomor resi pengiriman dan juga ekspedisi yang dipilih, sebagai contoh adalah J&T. 
  4. Selanjutnya, klik “lacak paket” dan akan muncul informasi terkait status paket. Contonya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Cek Resi J&T dengan Mudah Menggunakan Resiku.info - www.radenpedia.com
Tampilan Cek Resi J&T di Resiku.Info


Sebab Nomor Resi Gagal Dicek

Ketika berbelanja online, mungkin Anda pernah merasa khawatir saat pengirim sudah mengatakan paket telah dikirim dan segera memastikan dengan mengecek nomor resi dalam hal resi j&t. Akan tetapi, tidak selamanya proses pengecekan ini berjalan dengan lancar. Ada beberapa kemungkinan terjadi kendala ketika nomor resi tersebut tidak bisa dicek. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan hal tersebut bisa terjadi.

Pencatatan tidak real time

Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa masih ada agen ekspedisi yang menggunakan pencatatan manual, khususnya di daerah dengan jaringan internet masih terbatas. Pada kasus ini, bukti pengiriman hanya akan ditulis dengan tangan. Oleh karena itu, Anda harus sedikit bersabar sampai nomor tersebut berhasil di input ke komputer di cabang ekspedisi.

Server sedang bermasalah

Selanjutnya, mungkin server dari pihak ekspedisi sedang mengalami masalah sehingga resi gagal dilacak. Hal ini biasanya diakibatkan karena gangguan pada infrastruktur pihak ekspedisi karena kelebihan beban atau masalah lainnya. Untuk lama penanganannya bervariasi, bisa hanya beberapa jam namun juga bisa lebih dari satu hari.

Terdapat gangguan di alat pelacak pihak ketiga

Seperti yang telah kita ketahui, saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi atau website untuk melacak paket dari berbagai ekspedisi. Sayangnya, tidak semua memberikan performa yang memuaskan. Beberapa masih sering terdapat error sehingga ketika melakukan pencarian tidak mendapatkan hasil atau pelacakan berjalan lambat. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menggunakan web pelacak yang sudah terpercaya seperti Resiku.info.

Salah memasukkan nomor resi

Karena urutannya yang acak dan cukup panjang, tidak sedikit kasus orang yang salah mengetikkan nomor resi. Ini menyebabkan web atau aplikasi pelacak tidak bisa memberikan informasi terkait status paket. Jadi, sebelum melakukan pencarian, pastikan bahwa nomor resi sudah tertulis dengan tepat dan tidak ada satu nomor pun yang kurang. Contoh salah satu no resi J&T adalah JO0045427394

Salah digit resi

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kekurangan digit pada nomor resi juga akan mengakibatkan tidak munculnya hasil pencarian. Untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah, apalagi jika Anda sudah mendapatkan nomor resi dengan format digital. Anda cukup melakukan copy paste saja tanpa harus mengetik ulang untuk memastikan ketepatan nomor tersebut.

Nomor resi palsu

Hal ini kerap terjadi pada kasus penipuan. Penipu biasanya akan memberikan nomor resi untuk meyakinkan korban bahwa paket telah selesai. Korban yang tidak waspada mungkin akan mudah percaya dan menganggap bahwa paket benar-benar sudah dikirim. Padahal, jika ditelusuri dengan pelacak, nomor resi tersebut ternyata tidak ada. Untuk mengantisipasi hal ini, pastikan Anda membeli di toko yang sudah benar-benar profesional dan terpercaya.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan nomor resi dan bagaimana cara untuk mengeceknya. Dengan begitu, ketika belanja atau berjualan online, Anda sudah memiliki bekal yang cukup untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Itulah sedikit penjelasan tentang cara cek resi J&T dengan cepat dan akurat smoga bermanfaat. 

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai, jika kamu mencari informasi seputar investasi bisa dengan mengunjungi kategori Investasi. Sampai jumpa di artikel selanjut.