Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menabung atau Investasi Mana yang Lebih Baik

Menabung atau Investasi Mana yang Lebih Baik - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Beberapa hari yang lalu ketika saya mengobrol dengan beberapa teman, muncul sebuah pertanyaan unik. Lebih baik mana antara Menabung dan Berinvestasi? Secara pelaksanaan nya kedua hal ini mirip. Baik Investasi atau Menabung sama sama menyimpan uang. Namun yang mana sih yang lebih baik antara Menabung atau Investasi?? Mari kita bahas lebih dalam

Menabung

Menabung adalah tindakan yang dilakukan untuk menyimpan uang kita baik di dalam satu tempat (wadah, celengan, dll) atau juga disimpan di bank.

Menabung di tempat sendiri menggunakan celengan sudah sering saya lakukan sejak duduk di bangku SD. Dulu saya nabung untuk membeli sepeda dan keperluan lain yang tidak di berikan secara langsung oleh orang tua.

Seiring bertambahnya usia, saat ini saya juga menabung di bank. Semakin banyak juga transaksi yang memang memerlukan akun bank tersebut.

Menabung di Bank vs Celengan

Jika kamu memilih untuk menabung di bank kamu akan mendapatkan kelebihan mudah transaksi karena saat ini sudah banyak transaksi uang secara digital dan online. Uang yang di tabung akan dijaga oleh bank sehingga lebih aman. Kekurangan menabung di bank kamu akan dikenakan biaya admin perbulan dengan nilai setiap bank dan setiap jenis kartu itu berbeda. Selain itu kamu juga hanya bisa menabung di bank melalui dua cara yaitu ke ATM setor tunai atau melalui teller langsung ke bank. Tapi untuk saat ini bisa diakali dengan cara top up, sebagai contoh kamu bisa top up melalui BRI Link.

Berbeda dengan di bank, jika kamu menabung di celengan. Kamu bisa lebih santai memasukkan jumlah nominal, kamu tidak perlu pergi jauh jauh untuk setor uang, kamu juga tidak akan di kenakan pajak bulanan karena kamu sendiri yang menyimpan uang tersebut. Namun kelemahannya kamu akan lebih mudah untuk mengambil uang tersebut sehingga tidak terkumpul uangnya.

Kelebihan dan Kekurangan Menabung

Menabung atau Investasi Mana yang Lebih Baik - www.radenpedia.com
Kelebihan dan Kekurangan Menabung


Menabung uang tidak semata-mata hanyalah suati kegiatan yang tidak memiliki kekurangan atau keuntungan. Menabung uang memiliki beberapa kelebihan antara lain:

  1. Kamu tidak perlu takut rugi, karena jumlah uang tidak akan berubah.
  2. Uang kamu bersifat diam.
  3. Kamu hanya perlu menambah uang setiap waktunya.
Menabung uang juga memiliki kekurangan seperti:
  1. Inflasi nilai uang.
  2. Nilai uang cenderung menurun setiap tahunnya.
  3. Uang yang kamu miliki sesuai jumlahnya dengan berapa yang kamu tabung.
Jadi, menabung uang cenderung ke arah kamu menyimpan uang setiap waktu/periodenya untuk menyisihkan uang agar tidak habis dalam satu periode saja.

Investasi

Secara pengertian Investasi adalah sebuah aktivitas menyimpan atau menempatkan dana pada periode tertentu dengan harapan penyimpanan tersebut akan menimbulkan keuntungan atau peningkatan nilai investasi.

Jadi kalo Investasi itu kita menaruh harapan suatu saat nanti nilai investasi atau aset yang kita miliki akan meningkat nilainya.

Contoh Investasi yang Bisa Dilakukan

Investasi bisa di terapkan dalam berbagai hal yang sifatnya memiliki nilai jual. Untuk itu Radenpedia telah merangkum untuk para sahabat di rumah mengenai contoh Investasi apa saja yang dapat dilakukan oleh kita.

  1. Investasi Tanah, ini merupakan investasi yang paling sering dilakukan oleh orang disekitar saya atau mungkin di seluruh penjuru dunia akan melakukan ini. Tanah bisa dikatakan menjadi modal paling penting dalam membangun apapun. Karena Tanah adalah tempat dimana kita berpijak. Investasi Tanah sudah dapat dipastikan nilainya akan terus meningkat, terutama saat ini banyak juga proyek.
  2. Investasi Properti, Investasi jenis ini sangat trend di kalangan masyarakat kita. Orang berbondong-bondong untuk membeli sebuah aset rumah/apartemen di kawasan elit karena bisa di pastikan jika rumah/apartemen tersebut sudah jadi akan menarik banyak minat para pembeli yang akhirnya harga juga naik.
  3. Investasi Aset Digital (Crytocurrency),  Kamu dapat menengok ke bidang aset digital. Tidak bisa dipungkiri, kini aset digital juga banyak di buru orang. Salah satau aset digital adalah Crytocurrency atau sering disebut dengan istilah uang digital. Investasi Aset Digital juga memiliki prospek yang baik, sebelumnya radenpedia juga sudah membahas mengenai Bitcoin. 
  4. Investasi Saham, Saat ini banyak di gandrungi oleh para pemuda, tapi bukan berarti tidak ada pemain senior di dalamnya. Investasi Saham memang belum semua paham bagaimana alur/proses Investasi nya, tapi tenang radenpedia sudah membuat artikel yang akan memudahkan kamu belajar Saham.
  5. Investasi Reksa Dana, Bagi para pemula yang ingin belajar saham, saya sarankan untuk memulai nya di Reksa Dana. Mengapa? Karena di reksa dana ini kita memiliki manager Investasi yang akan membantu kita dalam berinvestasi. 
  6. Dan Investasi lainnya.
Ada lebih banyak lagi lainnya contoh Investasi yang bisa kita lakukan. Kamu bisa pilih salah satu untuk fokus atau bisa lakukan semua contoh diatas. Lalu mending mana Investasi atau menabung?

Pertanyaan lebih baik menabung atau berinvestasi pasti masih tertenggal di pemikiran sahabat. Apa sih yang lebih baik, yang mana dan lain rupa pertanyaan nya. Jawabannya adalah:

Pilihlah Menabung Investasi

Menabung atau Investasi Mana yang Lebih Baik - www.radenpedia.com
Menabung Investasi

Memilih antar lebih baik menabung atau investasi itu sangat sulit, karena keduanya memiliki fungsi yang sangat baik untuk kelangsungan hidup kita. Untuk itu saya menyarankan untuk lebih memilih lakukanlah keduanya, yaitu Menabung Investasi.

Menabung Investasi adalah kamu melakukan kegiatan seperti menabung aset. 

Menabung Investasi yang bisa kamu lakukan sebenarnya banyak, tapi pada kesempatan ini saya akan menjelaskan kamu untuk Menabung Investasi di Reksa Dana. 

Menabung Investasi di Reksa Dana kamu akan dimudahkan dalam melaksanakan nya. Saat ini juga sudah banyak aplikasi yang menjadi tempat Investasi reksa dana. 

Saya akan menyarankan Menabung Investasi di aplikasi Bibit. Mengapa menggunakan Bibit, karena di aplikasi tersebut user interface yang di berikan juga sangat mudah di mengerti. 

Terdapat fitur cashback bagi pengguna baru sebesar Rp 25.000 saldo dengan cara memasukkan kode undangan prom15e sebagai tambahan tabungan kamu, lumayan.

Cara Menabung Investasi Reksa Dana

Menabung Investasi Reksa Dana ini sebenarnya sangat mudah dilakukan baik oleh pemula atau yang sudah berpengalaman.

  1. Kamu harus sudah memiliki akun Bibit.
  2. Silahkan mulai berinvestasi jika belum pernah sama sekali. Contoh membeli produk SMMF dari Manager Investasi Sucorinvest.
  3. Catat tanggal pembelian kamu, jika ingin di proses di hari yang sama lakukan pembelian sebelum jam 13.00 WIB pada hari tersebut.
  4. Misal kamu melakukan pembelian reksa dana pada tanggal 13 Februari 2021. Maka lakukan lah pembelian selanjutnya pada tanggal yang sama di bulan berikutnya. Ini merupakan konsep menabung yang digunakan.
  5. Menabung Investasi Reksa Dana kamu tidak perlu takut dengan naik turunnya harga. Karena tujuan dari Investasi yang dilakukan adalah jangka panjang. Secara kasar dilihat nilai suatu saham/reksa dana setiap tahunnya terus meningkat.
  6. Lakukan pembelian yang stabil, misal bulan pertama Rp 500.000 maka bulan selanjutnya juga sama.
  7. Lakukan pembelian tersebut di setiap bulan, jangan di langsung kan di awal Investasi. Contoh yang jangan di lakukan kamu mau menabung selama 10 bulan, jika per sebulannya menabung Rp 1.000.000. Maka bukan berarti kamu menabung kan semua uang di bulan satu sebanyak Rp 10.000.000. Tapi gunakanlah skema berikut: Bulan 1 Rp 1.000.000 > Bulan 2 Rp 1.000.000 dan seterusnya hingga bulan 10 Rp 1.000.000.
Dengan menerapkan skema menabung Investasi, aset yang kamu miliki akan memiliki pertambahan nilai yang lebih maksimal.

Lakukan proses ini secara rutin sehingga akan lebih mudah mencapai apa yang kita tuju di awal.

Simpulan

Menabung Investasi akan jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan kita hanya menabung saja atau berinvestasi saja. Sebagai pemula pilihlah menabung Investasi dengan apa yang sudah kamu pahami, mau mengikuti saran diatas silahkan atau menggunakan cara lain juga boleh. Mari kita berbagi informasi dan salam profit untuk semuanya, salam sehat ekonomi.

Referensi

CIMB niaga, pixabay

Kata Terkait

Menabung Investasi, Reksa Dana, Saham, Menabung, Investasi, Belajar Investasi, Ekonomi Keluarga


Raden Pedia
Raden Pedia Memberikan Informasi Terkini dan Membahas Berbagai Artikel

Post a Comment for "Menabung atau Investasi Mana yang Lebih Baik"