Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

8 Aplikasi Pembelajaran Online Mudah digunakan dan Lengkap

8 Aplikasi Pembelajaran Online Mudah digunakan dan Lengkap - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Kemajuan teknologi dibidang internet menjadikan semua orang merasa lebih mudah untuk melakukan suatu kegiatan apapun, termasuk aktivitas di dunia pendidikan seperti mengajar dan belajar secara online. Ada banyak dampak positif saat semuanya berbasis online, selain efektivitas waktu pembelajaran online juga membuat guru dan siswa lebih kreatif untuk mengoptimalkan berbagai macam aplikasi.

Tugas sekolah saat ini juga terkadang memerlukan pembuatan video atau foto, pada akhirnya mengharuskan kita mengintas Aplikasi editing video dan Aplikasi editing foto.

Tentunya dengan menggunakan metode pembelajaran secara online siswa bisa belajar secara daring dari rumahnya masing-masing. Bagi guru yang tidak begitu paham tentang teknologi juga tak perlu khawatir, sebab saat ini sudah banyak developer yang membuat aplikasi pembelajaran baik itu yang berbayar maupun gratis.

8 Aplikasi Pembelajaran Online

8 Aplikasi Pembelajaran Online Mudah digunakan dan Lengkap - www.radenpedia.com
Aplikasi E-Larning Mudah digunakan


Bagi satuan pendidikan yang tidak memiliki e-leraning secara madiri, berikut ialah beberapa daftar aplikasi pembelajaran online gratis maupun berbayar yang cocok untuk siswa-siswi tingkat SD hingga SMA.

1. Ruang Guru

Ini merupakan salah satu perusahaan startup terbesar di Indonesia yang fokus di dunia pendidikan. Didirikan pada tahun 2016 platform ini bukan hanya berbasis aplikasi, namu kamu juga bisa memanfaarkan Ruang Guru secara online melalui website. Meskipun berbayar namun kamu coba bisa mencobanya secara gratis terlebih dahulu.

Ada banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan seperti latihan soal ujian secara online, berbagai macam video pembelajaran, ruang kelas virtual, marketplace les virtual, dan masih banyak lagi. Ruang guru sendiri saat ini sudah diunduh dan memiliki pengguna sebagai siswa lebih dari 15 juta, serta sebanyak 300.000 guru seluruh Indonesia. Selain itu Ruang Guru juga menyediakan lebih dari 100 materi pelajaran.

2. Zenius

Didirikan pada tahun 2007 Zenius ialah sebuah aplikasi e learning dengan izin resmi sebagai PT Zenius Education. Kamu bisa mendaftar langsung melalui website resmi di www.zenius.net atau mendownload aplikasi Zenius di Google Play Store maupun App Store. Aplikasi e-learning Zenius menawarkan pembelajaran online untuk siswa SD, SMP, dan SMA, selain itu Zenius juga menyiapkan beberapa latihan soal UN serta membimbing agar memperoleh prestasi terbaik di sekolahan.

Dirilis pada tahun 2019 Zenius sudah didownload hingga 1 juta lebih melalui Google PlayStore. Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk kamu sebab memang banyak fitur yang bermanfaat dan testimony positif dari pengguna lain. Uniknya dengan menggunakan promo dari Telkomsel kamu bisa mendapatkan harga promo yang jauh lebih murah.

3. Quipper

Quipper adalah merupakan perusahaan yang fokus bergerak di bidang pembelajaran online. Berawal dari London aplikasi e-learning ini beridiri pada tahun 2010, dan hingga saat ini Qiupper sudah berada di beberapa Negara seperti Indonesia, Jepang, Filipina, dan Meksiko. Khusus di Indonesia Quipper sendiri saat ini sudah mencapai 5 juta lebih sebagai siswa yang terdaftar, dan 350 ribu guru. Ada banyak model pembelajaran untuk siswa misalnya Quipper Video, Quipper School, dan Quipper Campus.

Ada tiga pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu, masing-masing paket tersebut memiliki fitur, fasilitas, dan harga yang berbeda-beda. Untuk paket khusus tryout dikenakan biaya 199 ribu, paket intensif SMP selama 3 bulan dengan biaya 940 ribu, dan paket insentif SMA selama 3 bulan seharga 1.040 ribu.

4. Bahaso

Berbeda dengan beberapa aplikasi e-learning yang lain, Bahaso ialah merupakan aplikasi khusus untuk belajara bahasa Inggris dengan mudah dan praktis yang dilakukan secara online. Selain memiliki situs resmi yakni www.bahaso.com, Bahaso juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa di download melalui Play Store maupun App Store sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Di bahaso ada dua fitur atau menu yang bisa kamu pilih. Pertama yakni materi interaktif yang meliputi belajar bahasa inggris menggunakan video dan audio tanpa didamping tutor. Kedua ialah kelas tutoring yang digunakan khusus untuk persiapan IELTS dan TOEFL yang dibimbing langsung oleh tutor berpengalaman. Tentunya dari kedua layanan tersebut memiliki tarif dan layanan yang berbeda.

5. Cakap

Hampir sama dengan Bahaso startup yang berdiri pada tahun 2014 dengan nama PT Cerdas Digital Nusantara atau yang dikenal dengan platform Cakap merupakan aplikasi e-learning untuk belajar bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan Indonesia. Tak hanya untuk orang dewasa, Cakap juga menyediakan kelas khusus untuk anak-anak.

Aplikasi ini juga sudah bekerjasama dengan program Prakerja yang diselenggarakan oleh pemerinatah, dengan demikian jika kamu merupakan salah satu dari peserta Prakerja maka bisa menggunakan dana dari Prakerja untuk mengikuti kelas di platform Cakap. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara bersama oleh satu lembaga yang membutuhkan.

6. Sekolahmu

Sekolamu adalah merupakan sistem pembelajaran yang sudah disesuikan dengan kurikulum yang ada. Ada berbagai macam pilihan, misalnya pembelajaran online untuk tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, dan Mahasiswa. Di platform ini juga tersedia untuk kamu yang notabenya adalah seorang Guru atau orang tua siswa sehingga lebih mudah melakukan bimbingan terhadap anak.

Di sekolahmu kamu juga bisa melakukan pembelajaran online dengan sistem live streaming atau live chat sehingga proses pembelajaran bisa lebih terasa dan mengena. Jika kamu ingin bergabung caranya juga sangat mudah, kamu langsung saja kunjungi situs resminya di www.sekolah.mu atau download aplikasinya di Google Play Store.

7. Rumah Belajar

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi e-learning yang gratis namun secara fitur dan kualitas tak kalah dengan beberapa aplikasi berbayar seperti di atas, kamu bisa menggunakan aplikasi e-learning yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kemendikbud. Di platform milik Kemendikbud yang diberi nama Ruang Belajar ini kamu bisa memanfaatkan pembelajaran berbasis audio visual yang sangat lengkap.

Untuk informasi lebih lengkapnya terkait Rumah Belajar kamu bisa mengunjungi laman belajar.kemendikbud.go.id atau mendownload aplikasinya di PlayStore. Ada beberapa fitur menarik seperti kelas maya, sumber belajar, bank soal, dan labolatorium maya yang bisa kamu gunakan secara gratis.

8. E-learning Madrasah

Jika kamu memiliki keahlian atau penasaran ingin mebuat sendiri platform pembelajaran online, dan kebetulan lembaga pendidikan yang kamu kelola bedara dibawah naungan Kementerian Agama kamu juga bisa mencoba menggunakan e-learning madrasah. Selain ruang pembelajaran dan penilaian fitur yang menarik dari e-learning ini ialah tersedia juga e-rapot.

Langkah awal untuk masuk ke platform ini ialah dengan mengunjungi laman https://elearning.kemenag.go.id/, kemudian kamu akan diminta untuk memasukan nomor NPSM dan password. Untuk proses selanjutnya juga sangat mudah, bahkan kamu disediakan file pdf yang berisi tentang tutorial terkait cara penggunaanya.

Nah, itulah beberapa aplikasi e-learning gratis maupun berbayar yang bisa kamu manfaat untuk menunjang proses belajar mengajar jarak jauh. Untuk versi yang lebih menarik kamu bisa menggunakan website sendiri yang berbasis wordpress dan plugin moodle.

Raden Pedia
Raden Pedia Memberikan Informasi Terkini dan Membahas Berbagai Artikel

Post a Comment for "8 Aplikasi Pembelajaran Online Mudah digunakan dan Lengkap"