Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Deretan Contoh Usaha UMKM Terbaik Untuk Dijalankan

Contoh Usaha UMKM - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Saat ini sudah banyak contoh usaha UMKM di sekitar kita yang menjadi salah satu penggerak perekonomian di Indonesia. Berangkat dari contoh-contoh usaha UMKM ini kita sebagai generasi penerus bangsa harus meneruskannya demi kemajuan ekonomi bangsa.

Menurut data yang sudah dirilis oleh Kementerian Koperasi dan UKM, sumbangan dari segala usaha UMKM terhadap PDB di negara kita sudah mencapai angka 60,34 persen di tahun 2017 lalu.

Data tersebut menunjukkan bahwa 60% nilai dari barang dan jasa yang sudah di produksi di tahun 2017 tersebut berasal dari segala bisnis yang dikuasai sektor UMKM.

Namun sebelum kita membahas detail deretan contoh usaha UMKM yang bisa kalian tiru dan kerjakan, mari kita ketahui dahulu apa itu UMKM.

Mengenal Apa Itu UMKM Dan Jenisnya

Usaha Kecil dan Menengah atau biasa disingkat UKM atau disebut juga dengan UMKM yaitu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

UKM ini merupakan sebuah aktivitas bisnis atau usaha yang dimana ini dikerjakan oleh perorangan maupun badan usaha milik perorangan.


Bedanya UKM ini dengan usaha besar adalah dengan melihat jumlah dari kekayaan bersih para pelaku usaha nya tersebut dan hasil penjualan tahunannya.

Berdasarkan dari aturan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008, UKM itu sendiri terbagi menjadi 3 kelompok yang disebut usaha mikro, usaha kecil, serta usaha menengah.

Perbedaan dari ketiga kelompok UKM itu terletak pada total jumlah aset serta omset yang mereka hasilkan.

Untuk lebih mengerti dari perbedaan ketiga kelompok UKM tersebut maka simak ulasan berikut ini:

1. Usaha Mikro

Kelompok Usaha mikro merupakan kelompok usaha milik perorangan maupun badan usaha yang menjadi milik perorangan.

Kriteria dari kelompok usaha mikro ini adalah mempunyai kekayaan bersih maksimal di angka 50 juta rupiah selain dari kepemilikan tanah dan bangunan.

Kriteria lainnya ada pada hasil penjualan tahunannya yang tidak lebih dari angka 300 juta rupiah.

2. Usaha Kecil

Kelompok Usaha kecil merupakan kelompok usaha yang berdiri sendiri serta dimiliki oleh pihak perorangan maupun badan usaha.

Kelompok usaha ini bukan berstatus sebagai anak perusahaan maupun cabang dari sebuah perusahaan yang berasal dari usaha menengah atau usaha besar sekalipun.

Kekayaan bersih yang dimiliki pelaku usaha kecil sebagai kriterianya yaitu berkisar antara 50 juta hingga 500 juta rupiah, yang tentu saja diluar dari kepemilikan tanah serta bangunan tempat usaha.

Hasil penjualannya pun antara 300 juta hingga 2,5 M rupiah per tahunnya.

3. Usaha Menengah

Kelompok usaha yang terakhir adalah Usaha menengah. Kelompok usaha ini merupakan kelompok usaha dari ekonomi produktif yang berdiri sendiri.

Kepemilikan dari kelompok Usaha ini bisa dari orang perorangan maupun badan usaha yang bukan anak dari perusahaan besar maupun cabang perusahaan besar.


Untuk kriteria Jumlah kekayaan bersih dari para pelaku usaha menengah ini adalah berkisar antara 500 juta hingga 10 M rupiah. Angka ini tidak termasuk tanah dan bangunan usaha.

Sedangkan kriteria jumlah penjualannya adalah di angka 50 Milyar rupiah per tahun nya.

Contoh Usaha UMKM Terbaik Untuk Dijalankan - www.radenpedia.com


Lalu Apa Saja Ide Bisnis UKM Yang Bisa Kalian Lakukan?

1. Usaha Bidang Fashion

Dunia fashion masih menjadi primadona di sektor bisnis Indonesia, utamanya yang dikerjakan secara online.

Untuk lingkup industri fashion pun sangat lah luas. Bagi kalian yang passion nya ada di bidang industri fashion, jangan ragu untuk memulai usaha kecil menengah di bidang fashion ini.

Kalian bisa menjual produk fashion dari brand ternama maupun kalian juga bisa memproduksi sendiri produk fashion kalian karena market untuk produk lokal saat ini sudah sangat besar di indonesia.

2. Usaha Skincare dan Kosmetik

Usaha sektor skin care dan kosmetik juga menjadi salah satu favorit bagi para pelaku UKM saat ini. Pasalnya, industri ini mempunyai peluang serta masa depan yang sangat cerah di Indonesia.

Sektor skincare dan kosmetik juga tidak saja menyasar market perempuan saja. Saat ini laki-laki pun memiliki segmen pasar yang besar untuk digarap.

Selain itu, trend dalam memakai berbagai bahan alami juga semakin populer di kalangan konsumen kosmetik Indonesia.

3. Usaha Aneka Perlengkapan Dan Kebutuhan Bayi

Menurut salah satu lembaga riset bernama Sigma Research Indonesia, pasar dari produk sektor ini bernilai hingga 88,1 triliun rupiah di tahun 2017. Bagaimana dengan 2021? Seiring banyaknya angka kelahiran di 4 tahun terakhir sudah pasti potensi usaha sektor ini sangatlah besar.

Kalian dapat memulai usaha kecil menengah hanya dengan menjadi reseller dari produk-produk bayi yang begitu banyak dipasaran dengan berbagai merk.

4. Usaha Make Up Artist

Tidak hanya menjual produk saja, akan tetapi banyak UKM yang sukses dalam menjalani usaha jasa.

Contohnya Make Up Artis ini. Bisnis ini makin populer saat ini karena banyak perempuan yang selalu iingin tampil cantik dengan make up profesional untuk segala kebutuhan.

Bukan hanya dibutuhkan di momen-momen khusus seperti wisuda, lamaran, pernikahan, photoshoot, dan acara-acara besar saja loh. MUA ini juga dibutuhkan oleh banyaknya influencer di sosial media yang makin menjamur untuk kebutuhan konten mereka.

Jika kalian memiliki skill lebih yang mumpuni, kalian juga bisa membuat kelas atau kursus untuk make up ini.

5. Usaha Kuliner

Sektor kuliner tidak perlu diragukan lagi. Sektor usaha ini tidak pernah mati dan memiliki market yang semakin besar seiring waktu.

Apa lagi jika kita lihat layanan pendukung yang disediakan seperti Go Food atau Grab Food. Sudah pasti kuliner menjadi favorit UKM untuk dikerjakan.

Untuk modal pun bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil. Bagi kalian yang pemula wajib untuk memilih sektor ini sebagai pilihan usaha.

6. Usaha Jasa Desain dan Percetakan

Usaha sektor ini merupakan salah satu yang banyak digandrungi para kaula muda. Bidang desain dan percetakan ini semakin hari semakin banyak yang membutuhkan terutama untuk membranding produk yang konsumen miliki. Contoh produknya seperti desain logo, percetakkan undangan, poster hiasan dinding dan lain sebagainya.

7. Usaha Jasa Foto dan Video

Usaha sektor ini harus menjadi pertimbangan khusus. Seiring sosial media yang makin berkembang, sudah pasti kebutuhan akan jasa foto serta video khususnya editor sangat dibutuhkan.

Bagi kalian yang mempunyai keahlian ini wajib untuk memulai usaha kecil menengah di sektor foto dan video. Peluang yang besar dengan kurangnya jumlah pemberi jasa membuat sektor ini sangat besar potensinya.

8. Usaha Digital Marketing Agency

Untuk kalian dengan keahlian di bidang digital marketing utamanya Search Engine Optimization (SEO), content writing, copywriting, bahkan hingga website, sangat disarankan untuk mencoba sektor ini. Kamu juga bisa menjadi seorang blogger sebagai sarana digital marketing.

Banyak UKM lain yang ahli pada bidang produksi produk akan tetapi lemah di pemasaran. Untuk itulah sektor usaha ini begitu dibutuhkan di tengah berkembangnya dunia internet dalam bidang bisnis.

Demikianlah berbagai contoh usaha UMKM yang bisa kalian Amati, Tiru dan Modifikasi untuk semakin berkembangnya perindustrian serta kuatnya perekonomian negara kita indonesia.
Raden Pedia
Raden Pedia Memberikan Informasi Terkini dan Membahas Berbagai Artikel

Post a Comment for "Deretan Contoh Usaha UMKM Terbaik Untuk Dijalankan"