Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penjelasan Insecure, Tanda-tanda dan Cara Mengatasinya

Penjelasan Insecure, Tanda-tanda dan Cara Mengatasinya - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Insecure, sebuah kata yang sering diucapkan sama kaum milenial. Secara sederhana insecure kadang bisa di artikan dengan kurang percaya diri. Tingkat percaya diri setiap orang memang berbeda standard nya. Ada yang memang orang tersebut selalu percaya diri atau sebaliknya.

Insecure memiliki arti sedang merasa tidak aman, kekurangan atau merasa tidak mampu.

Secara alami setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya insecure, namun ada yang mampu menyadari nya lalu move on dan ada juga yang terus berlarut.

Insecure yang terjadi pada setiap individu itu berbeda-beda penyebab nya, namun secara garis besar memiliki tanda-tanda yang sama yang menunjukkan kamu insecure.

1. Merasa Dirinya Paling Rendah

Orang yang mengalami insecure biasanya selalu menempatkan posisi diri di paling rendah diantara yang lain. Perasaan rendah diri sering muncul akibat dari kita yang belum terlalu mengenal dengan diri sendiri. Kita belum tau apa potensi kita, apa kemampuan kita dan apa kelebihan kita dibandingkan dengan yang lain.

2. Merasakan Takut Berlebih

Contoh yang sering muncul adalah kamu yang insecure selalu merasa takut akan sesuatu hal secara berlebihan. Si Insecure selalu ketakutan dengan hal-hal baru yang mereka temui dan akhirnya memilih untuk tidak melakukan hal tersebut dan melimpahkan nya ke orang lain.

Ingatlah sahabat, memiliki rasa takut akan sesuatu itu memang sangatlah wajar. Namun jika berlebihan akan membuat dirimu sulit untuk maju dan berkembang.

3. Tidak Mau Pergi dari Zona Nyaman

Ketika kamu lebih suka dengan Zona Nyaman dan engga pergi mencari suatu tantangan baru bisa jadi kamu Si Insecure. Rasa tidak mau keluar dari zona nyaman muncul karena ketakutan dan kecemasan berlebih akan suatu tantangan baru. Kebanyakan dari kita takut akan memulai suatu hal dan gagal. 

4. Sering Membanding-bandingkan Diri dengan Orang Lain

Penjelasan Insecure, Tanda-tanda dan Cara Mengatasinya - www.radenpedia.com
Membandingkan Diri Dengan Orang Lain, Hanya Akan Membuat Kita Lemah


Setiap dari kita adalah pemenang, dan itu mutlak nyata. Si Insecure seringkali membandingkan dirinya dengan orang lain, selalu merasa lebih kurang jika dibandingkan dengan orang lain. Berujung pada perasaan bahwa dirinya tidak akan bisa seperti orang lain dan akhirnya mundur dan menghilang dari kompetisi hidup.

5. Enggan Bersyukur akan Hidup

Kamu yang sering insecure, memiliki sifat lupa bahwa kamu hidup adalah pemberian dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Kamu tidak perlu takut berlebihan kepada sesuatu hal kecuali hanya pada tuhan. Ketika kamu lupa akan indahnya bersyukur maka muncul semua perasaan insecure dalam hidupmu.

Merasa diri yang paling hebat juga bukan hal yang baik dalam menjalani hidup.

Itu tadi sudah disebutkan 5 tanda-tanda kalo kamu suka insecure. Jika ada salah satu dari tanda diatas yang melekat di hidup kalian segeralah untuk menyadari dan rubah mindset tersebut.

Agar perasaan insecure tidak sering muncul admin akan memberikan tips untuk mencegah perasaan insecure.

Tips Mengatasi Perasaan Insecure yang Sering Muncul

Menjadi seorang pribadi yang baik adalah impian dari semua orang. Hindarilah perasaan insecure dengan melakukan beberapa tips mengatasi perasaan insecure dibawah ini:

1. Kenali Diri Anda

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi perasaan insecure adalah dengan mengenali diri sendiri. Kenali apasaja tentang diri kamu: 

  • Kemampuan 
  • Bakat 
  • Emosional
  • Kelebihan
  • Kekurangan
Kenali diri sejati dari kamu pribadi, dengan begitu tidak akan muncul perasaan bahwa kamu rendah. Kamu itu adalah calon pemimpin bangsa ini dimasa depan jadi jangan insecure. 
#AyoKenaliDiri

2. Berdamai dengan Hidup

Ketika kamu merasa tidak memiliki apa yang orang lain "miliki", stop untuk bersedih!! Berdamailah dengan diri kamu sendiri. Yakinlah akan ada yang orang lain tidak miliki namun kamu memiliki nya.

Jangan salahkan diri kamu sendiri secara terus menerus, karena itu akan berakibat jelek terhadap kesehatan mental.

3. Banyak Berdiskusi dengan Teman

Satu hal yang tidak bisa jauh dari kita adalah teman, bahkan teman itu tidak ada batasan usia. Biasanya seseorang yang memiliki banyak teman, akan cenderung lebih percaya diri. Pilihlah teman yang menurut mu sejalan dengan mu dan bisa memberikan energi positif.

Perbanyak diskusi dengan teman, tidak harus melulu tentang akademik. Kamu bisa diskusi soal hidup dan masa depan. Lebih sering lagi bertukar pikiran agar kamu bisa tau perasaan orang lain dengan lebih baik.

4. Tempatkan Dirimu Di Lingkungan yang Tepat

Penjelasan Insecure, Tanda-tanda dan Cara Mengatasinya - www.radenpedia.com
Lingkungan yang Tidak Tepat, Hanya Akan Membicarakan Keburukan Mu

Pilihlah lingkungan hidup terbaik versi dirimu. Lingkungan terbaik yang menurut mu bisa membantu kamu dalam pengembangan diri kedepannya. 

Lingkungan akan menyumbang banyak sekali terhadap kondisi mental dan kebiasaan hidup kita. 

Jadi, memilih lingkungan terbaik untuk tempat tinggal kita akan menentukan siapa kita kedepannya.

5. Perbanyak Beryukur kepada Tuhan

Ingatlah bahwa setiap dari kita adalah pemenang dan mempunyai rezekinya masing-masing. Perbanyak lah bersyukur ketika kamu sedang merasa lelah menjalani hidup. Yakinlah bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan membuat setiap hamba-Nya pada waktu yang tepat. 

Teruslah menjalankan apa yang kamu bisa dan bersemangat setiap saat.

Beberapa tips menghindari insecure sudah dibahas. Silahkan lakukan apa yang menurut mu belum dilakukan untuk menghindari rasa insecure. 

Akhir kata admin sampaikan jangan lagi merasa insecure ya, banyak diluar sana orang yang membutuhkan kamu. Kalo kamu insecure kasihan mereka yang membutuhkan kamu. Mari tunjukkan pada Dunia kalo kamu itu orang hebat. Tetap semangat, see you :) 

Referensi : quipper, bola, Halodoc, Canva for Education (Gambar).

Raden Pedia
Raden Pedia Memberikan Informasi Terkini dan Membahas Berbagai Artikel

Post a Comment for "Penjelasan Insecure, Tanda-tanda dan Cara Mengatasinya"