Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rekomendasi 10 Situs Belajar Bahasa Arab

Rekomendasi 10 Situs Belajar Bahasa Arab - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Di era modern ini, segala hal mulai berubah. Berubah untuk menyesuaikan diri mereka dengan dunia yang serba terdigitalisasi dalam rangka meneguhkan eksistensi mereka ditengah-tengah masyarakat. Tak terkecuali juga ranah pendidikan, dimana model pendidikan mengalami pergeseran dari yang pada awalnya serba offline, kini mulai menjamur model pendidikan berbasis internet, atau via online.

Keberadaan internet yang canggih ini, banyak membantu banyak orang dalam memudahkan proses pembelajaran. Misalnya jika ingin belajar bahasa tertentu, atau hanya sekedar ingin membaca artikel-artikel yang mengulas tentang suatu bahasa, tinggal browsing di internet mengunjungi website atau situs yang khusus membahas atau menawarkan jasa pembelajaran bahasa yang diinginkan. Bagi yang ingin belajar bahasa arab, bisa berkunjung ke salah satu situs yang akan diulas di artikel ini. Melalui website atau situs belajar inilah, orang-orang semakin dimudahkan dalam menggali pengetahuan tentang bahasanya orang timur tengah ini.

Di indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam, bahasa ini sangat populer ditengah-tengah masyarakat. Hal itu menggerakkan para webmaster untuk membangun situs-situs pembelajaran bahasa yang termasuk bahasa klasik tersebut. Disamping menguntungkan masyarakat, karena tersedianya media belajar yang mudah diakses semua kalangan. Webmaster juga ketiban untung dengan melimpahnya pengunjung situs mereka.

Hampir semua kalangan tertarik dengan bahasa arab, karena memang ia merupakan bahasa peribadatan umat islam. Yang mana semua pemeluknya mesti tau apa arti-arti yang terkandung dalam bahasa tersebut. Walaupun mereka tidak harus bisa bahasa tersebut untuk menjadi orang islam, setidaknya mereka harus tau arti bacaan-bacaan sholat yang mereka ucapkan setiap hari dalam sholatnya. Karena hal itu bisa menambah kekusyu’an dalam sholat.

Terlebih lagi kurikulum pendidikan di indonesia memasukkannya sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi peserta didiknya. Yakni bagi yang sekolah di jenjang Mts dan Ma. Begitu juga banyak yayasan pendidikan milik swasta yang kebanyakan dimiliki oleh ormas islam seperti muhammadiyah, nahdhotul ulama’, al-irsyad, persis, dan lain sebagainya yang memasukkan bahasa tersebut kedalam kurikulum mereka. Hal-hal di atas menambah kuat eksistensi bahasa arab dalam pendidikan formal di indonesia.

Bahasa semit ini tergolong kedalam bahasa yang cukup sulit dipelajari karena memiliki tatabahasa yang njelimet (rumit). Disamping itu, hurufnya juga berbeda dengan huruf latin yang banyak digunakan didunia yang menyebabkan banyak orang kesulitan untuk membacanya.

Memang idealnya adalah belajar bahasa arab secara offline atau tatap muka dihadapan guru. Namun bagi yang belum punya kesempatan belajar secara langsung diampu oleh guru yang kompeten, bisa memanfaatkan internet sebagai salah satu media belajar. Dimana internet berguna sebagai tempat untuk mencari referensi-referensi materi pelajaran yang ingin dipelajari.

Rekomendasi 10 Situs Belajar Bahasa Arab

Disini akan diuraikan beberapa situs atau website yang menyediakan sarana pembelajaran bahasa arab, baik itu berupa materi pelajaran, uji kemampuan, maupun yang menawarkan jasa kursus online.

1. Bisa.id

Rekomendasi 10 Situs Belajar Bahasa Arab - www.radenpedia.com


Bisa adalah kepanjangan dari belajar islam dan bahasa arab. Ia tidak hanya sekedar website yang menyediakan pembelajaran via daring. Namun mereka juga punya lembaga-lembaga pendidikan riil dari mulai jenjang tk sampai sma. Disamping itu mereka juga membuka kelas privat secara daring melalui aplikasi wa. Dalam websitenya mereka juga menyediakan artikel-artikel seputar bahasa arab dan juga mufrodat-mufrodat yang berbentuk gambar. Sebagai pelengkap, mereka juga punya aplikasi offline yang bernama “bisa” dimana didalamnya berisi materi-materi nahwu, sharaf, dan lain sebagainya. Aplikasi ini bisa diunduh di playstore.

2. Arabicquantum.com

Arabic quantum menyelenggarakan pembelajaran melalui aplikasi wa. Dan ia merupakan kursus berbayar. Kalian bisa trial gratis selama 7 hari untuk uji coba.

3. Badaronline.com

Badaronline merupakan singkatan dari bahasa arab dasar online. Situs ini mengulas seputar materi pelajaran ilmu nahwu dan sharaf. Dengan penjelasannya yang mudah dipahami, ia sangat cocok bagi para pemula.

4. Arobiyahinstitute.com

Ia merupakan blog personal yang dikelola perorangan. Didalamnya banyak tersedia materi pelajaran bahasa arab meliputi tatabahasa yakni nahwu dan sharaf, macam-macam kosakata, contoh-contoh percakapan, serta cerpen-cerpen. Situs ini cocok sebagai referensi dalam belajar, karena memiliki penjelasan yang mudah dipahami, dan cukup lengkap pembahasannya.

5. Lingohut.com

Ia merupakan situs yang menyediankan sarana pembelajaran semua bahasa. Ia merupakan milik orang asing (non indonesia), namun website tersebut mendukung translate semua bahasa, jadi orang indonesiapun bisa mengunjunginya. Situs ini menyediakan contoh-contoh ungkapan-ungkapan populer yang biasa digunakan setiap hari. Dilengkapi juga dengan audio cara bacanya.

6. Kamusmufrodat.com

Ia adalah situs yang mengulas tentang macam-macam mufrodat.

7. Belajarbahasaarab.org

Situs ini juga merupakan blog personal, meskipun menggunakan domain berekstensi org yang lazim digunakan oleh organisasi. Ia berisi berbagai macam artikel seputar bahasa arab. Mencakup kosakata, kaidah nahwu sharaf, sejarah-sejarah para tokohnya, dan lain sebagainya.

8. Almaany.com

Situs ini merupakan kamus bahasa arab online. Apabila ingin mencari arti suatu kata, tinggal masukkan katakunci kedalam kotak pencarian. Hasil yang akan keluar adalah arti-arti dari kata yang dicari disertai contoh-contoh kalimat yang berhubungan dengannya.

9. youtube.com

Di sini kalian bisa mencari banyak video-video pembelajaran bahasa arab. Baik yang berupa penjelasan tatabahasa, maupun video pendek yang berbahasa arab. Karena salah satu kemampuan yang harus dimiliki ketika mempelajari bahasa ini adalah kemampuan istima’(mendengar). Dengan menontoh video berbahasa arab, diharapkan bisa mengasah kemampuan pendengaran kita dalam menangkap informasi yang kita dengar. Disamping itu juga dengan menonton video, kita bisa tahu kosakata-kosakata yang sering dipakai oleh orang arab sehari-hari. Karena kita tahu mufrodat bahasa ini sangat banyak, dan kita harus bisa memilih mana yang populer, dan mana yang jarang dipakai.

10. translate.google.com

Sejatinya, ia merupakan tools transletter yang berfungsi untuk menerjemahkan semua bahasa. Dimana ia juga bisa digunakan sebagai media belajar bahasa arab. Yakni ketika ingin mencari arti suatu kata. Ia bisa digolongkan seperti kamus online, namun ia bisa menerjemahkan suatu paragraf. Terlepas tingkat kevalidan hasil translatenya, namun jika hanya menerjemahkan perkata saja, saya rasa ia termasuk media belajar yang bagus.

Rekomendasi 10 Situs Belajar Bahasa Arab - www.radenpedia.com


Situs yang menyediakan pembelajaran bahasa arab sangat banyak sekali di internet. Saya cukupkan membahas 10 saja sebagai percontohan. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa diluar sana masih banyak situs-situs berkualitas yang juga menyediakan sarana pembelajaran bahasa arab yang sama. Semoga bermanfaat, selamat belajar.

Artikel ini dikirimkan oleh Mansur Syah

Berlangganan via Email