Back to Top

Peluang Usaha Bisnis Cetak Undangan Rumahan untuk Pemula

Raden Pedia
September 11, 2021
4 comments
Peluang Usaha Bisnis Cetak Undangan - www.radenpedia.com
Peluang Usaha Bisnis Cetak Undangan

RADENPEDIA - Bisnis percetakan undangan menjadi sebuah peluang usaha yang cukup buat mendapatkan pendapatan tambahan disamping pekerjaan utama kita. Disamping itu, usaha cetak undangan dapat dilaksanakan oleh seluruh orang dan dapat dibuat kerja sambilan supaya mendapatkan pendapatan tambahan di luar hasil dari upah pekerjaan utama kita.

Alasannya karena, cetak undangan bisa di lakukan di dalam rumah tak perlu membutuhkan sebuah lapak atau toko untuk proses produksinya. Yang pasti dibutuhkan adalah tentunya alat cetak dan bahan percetakannya. 

Banyak sekali peluang usaha yang sebenarnya masih terbuka untuk kita lakukan, kita mungkin harus lebih jeli lagi dalam mencari sebuah peluang. Beberapa peluang usaha yang bisa dilakukan seperti bisnis poster, bisnis thrift shop, atau bisnis jualan kaos juga bisa kita lakukan.

Jika kita melihat dari peluang usaha nya terlebih dahulu terkait sebarapa banyak peluang pasar dari bisnis undangan ini, kita bisa menggunakan data terjual dari beberapa marketplace terlebih dahulu. Untuk itu kita harus memastikan terlebih dahulu berapa banyak pasar yang bisa kita dapatkan.

Potensi Bisnis Cetak Undangan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tentu untuk membuat suatu usaha kita harus melihat dahulu bagaimana potensi atau peluang usaha tersebut nantinya. Walaupun peluang usaha bisnis cetak undangan ini sebagai penghasilan tambahan tapi kita juga perlu mempersiapkan yang terbaik untuk meminimalisir kerugian.

Transaksi Penjualan dari Marketplace

Melihat potensi pasar yang ada salah satunya adalah dengan cara kita melihat bagaimana Bisnis Cetak Undangan ini di minati oleh masyarakat, indikatornya adalah dari angka penjualan. Disini Radenpedia akan memberikan data penjualan yang berasal dari salah satu marketplace populer di Indonesia ini.

Peluang Usaha Bisnis Cetak Undangan - www.radenpedia.com
Transaksi Penjualan Cetak Undangan

Jika kita lihat hampir setiap toko menjual lebih dari 10rb undangan setiap bulannya, nah ini bisa menjadi indikator bahwa bisnis cetak undangan sampai saat ini masih menjadi pilihan masyarakat indonesia. Kita bisa memanfaatkan peluang bisnis cetak undangan ini.

Segmentasi Pasar yang Terbuka dan Setiap Saat Ada

Peluang usaha bisnis cetak undangan ini tentunya memiliki segmentasi pasar yang luas, karena hampir ssetiap acara pernikahan atau hajatan menggunakan undangan dalam bentuk cetak. 

Potensi Pasar Online

Untuk pemasaran saat ini kamu juga tidak perlu lagi bingung, sekarang sudah banyak sekali armada jasa kirim yang kompeten dan terpercaya tentunya. Sehingga kamu bisa membuka pemasaran online untuk jasa bisnis cetak undangan kamu nantinya. Marketplace juga saat ini mudah sekali kamu temui, sebut saja beberapa marketplace yang bisa kamu gunakan sebagai potensi pasar online seperti, shopee, lazada, tokopedia, buka lapak bahkan facebook marketplace bisa menjadi tempat kamu memasarkan produk cetak undangan. Kamu juga bisa membuat website pemasaran atau toko online agar lebih profesional.

Persiapan Bisnis Cetak Undangan Rumahan untuk Pemula

Untuk kalian yang ingin usaha percetakan undangan, berikut sebagai daftar syarat yang perlu dipersiapkan saat sebelum kalian memulainya.

Siapkan Katalog Undangan

Syarat yang pertama yakni kumpulkan atau mempersiapkan sebuah daftar undangan. Apa yang dimaksud dengan daftar undangan? Daftar undangan sebagai kelompok contoh undangan dari bermacam tipe dan mode undangan yang telah di ide. Persiapkanlah sedikitnya 20 contoh undangan sebagai awalan.

Kalian bisa menelusurinya di internet atau di toko yang jual blangko undangan di kota sekitaran rumah kalian. Bila tidak ada, kalian bisa membeli lewat cara online di website pasar place seperti shoppe, tokopedia dan lain- lain untuk jadi daftar.

Menyiapkan Sebuah Printer Atau Mesin Cetak

Printer ini ialah barang yang harus kalian punyai untuk kamu yang ingin mengawali usaha percetakan. Karena tanpa mesin bikin kalian tidak bisa cetak kertas undangan. Jadi di harap kalian harus memiliki mesin bikin ini supaya usaha kalian bisa diawali.

Untuk kita yang pemula, beli printer second jadi jalan keluar untuk coba usaha ini. Harga printer second sekitar 500 ribu sampai 1 juta rupiah. kami mereferensikan kalian beli printer merek epson, Karena printer merek ini banyak yang menunjukkan benar-benar bandel dan sering digunakan oleh pebisnis bikin undangan sekarang ini, ini bukanlah bisa sponsor dari Epson lo ya, dapat gunakan merk lainya

Menyiapkan Komputer Atau Laptop

Mirip seperti printer di atas, computer atau netbook harus ada untuk usaha percetakan. Karena untuk lakukan design undangan atau lakukan pengetikan, kalian tentu memerlukan sebuah mesin tik. Untuk melimit modal, seharusnya kalian membeli computer atau netbook sisa saja. Tapi bila modal kalian banyak, lebih bagus membeli yang baru, untuk asset di periode kedepan.

Untuk harga netbook sisa yang bisa kalian membeli untuk lakukan usaha percetakan ini seputar 1,5 juta sampai 3 juta. Kita referensikan untuk pilih computer tipe PC atau computer meja. Umumnya harga tambah murah daripada netbook, PC semakin kuat ketahananya untuk jalankan program koreksi yang lumayan berat umumnya, jika yang paham computer lebih bagus kembali membeli yang rakitan hingga kita bisa menyesuaikan keperluan dan modal

Menyiapkan Pemasaran Atau Promosi

Supaya usaha percetakan kalian bisa dikenali oleh calon konsumen yang ingin memakai layanan bikin undangan kalian, tentu saja kalian harus pintar-pintar untuk memperkenalkan layanan percetakan kalian ke beberapa orang di sekitar rumah kalian. Bila tidak ada orang yang ketahui usaha kalian, karena itu orang tidak tahu dan kesempatan agar bisa pesanan benar-benar minim.

Kalian bisa memperkenalkan layanan kalian dimulai dari tetangga paling dekat atau membuat edaran daftar undangan yang telah kalian buat di tebar ke lokasi yang ramai misalkan di fotokopian atau toko. Kalian bisa juga unggah di internet dengan memakai sosial media seperti web, facebook, instagram atau twitter.

Sempurnakan Yang Sudah berjalan

Setelah usaha kalian lancar, kalian tinggal memperbaiki apa yang masih belum ada. Misalkan bila printer di rasa kurang karena pesanan kalian banyak karena itu kalian dapat menambahkan jumlah printer kembali untuk percepat pekerjaan kalian. Dengan berjalan waktu kalian bisa juga belajar lakukan koreksi pada tipe undangan itu.

Makin banyak daftar undangan yang kalian punyai akan memberi beberapa pilihan ke konsumen untuk orderanya. Masih prioritaskan kualitas karena beberapa customer pasti lakukan repeat order bila kualitas layanan kalian rapi dan profesional.
Baca juga : Tips Usaha Kuliner

Ide Pemasaran Bisnis Cetak Undangan

Peluang Usaha Bisnis Cetak Undangan - www.radenpedia.com
Ide Pemasaran Bisnis Cetak Undangan

Kita semua sudah melihat bagaimana besarnya peluang usaha bisnis cetak undangan ini memiliki pasar yang luas. Pemasaran yang bisa kita lakukan ada dua metode, yaitu pemasaran langsung secara offline atau secara online menggunakan perangkat digital.

Pemasaran langsung offline :

  • Memasarkan produk ke tetangga
  • Memasang banner di rumah
  • Menyebarkan brosur penawaran

Pemasaran online :

  • Menggunakan marketplace
  • Membuat toko online
  • Membuat banner digital dan promosi via sosial media

Simpulan

Peluang Usaha Bisnis Cetak Undangan ini menjadi salah satu bisnis sampingan yang memiliki peluang keberhasilan yang tinggi, target pasar yang terbuka luas juga menjadikan peluang usaha ini layak untuk dilakukan. Lakukan pemasaran secara maksimal agar produk undangan kita lebih di lirik oleh calon pembeli.

Kata Kunci

Peluang Usaha Bisnis Cetak Undangan
Bisnis Cetak Undangan
Bisnis Sampingan
Bisnis Modal Minim Untung Besar
  1. yoseph

    Bermanfaat mas. Semoga yg berniat akan menjadi wirausaha sukses

    Reply
    1. Raden Pedia

      Alhamdulillah, jangan lupa di share ya

      Delete
  2. DENI GENTAR CANDANA

    Sangat bermanfaat bagus saya dan bagi banyak orang tuk menjadi seseorang yang sukses dimasa mendatang.

    #wk

    Reply
    1. Raden Pedia

      Alhamdulillah terimakasih, jangan lupa untuk di bagikan ya

      Delete