Back to Top

Cara Membuat Website Dan perbedaannya dengan blog biasa - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Perkembangan teknologi yang saat ini sangat pesat membuat internet menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat luas. Segala kebutuhan masyarakat yang berbeda beda mulai dari pekerjaan, edukasi hingga hiburan semua bisa dicari melalui internet. 

Penulis sendiri sempat mengalami perkuliahan yang dilakukan secara online akibat pandemi covid 19 lalu. Pengerjaan tugas tugas kuliah yang tergolong lebih mudah dengan bantuan mbah google menjadi pilihan utama. Namun untuk referensi yang kita ambil tentu tidak bisa jika menggunakan situs atau website yang tingkat ke valid an informasinya buruk. Minimal alamat domain harus sudah menggunakan TLD (Top Level Domain), seperti dot com, dot net, dot org maupun dot ID.

Beberapa tahun ke depan bukan tidak mungkin jika penggunaan internet akan semakin meningkat, ini juga bisa menjadi peluang usaha bagi kita semua. Salah satu usaha yang bisa kita kembangkan adalah dengan menggunakan website yang nantinya bisa bersain di berbagai mesin pencari seperti google.

Lalu, bagaimana cara membuat website yang baik?

Cara Membuat Website yang Baik

Jika kita bahas dari pengertiannya menurut Wikipedia website atau situs web adalah sekumpulan halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Untuk lebih sederhananya penulis menggambarkan sebuah website itu menjadi rumah dan domain itu merupakan alamat rumah tersebut secara lengkap bisa baca di indotaxpert.

Jadi kriteria dasar sebuah website yang baik itu terdiri dari:

Tata letak yang baik

Tata letak yang memiliki ruang rapih agar pembaca atau pengunjung nyaman saat membuka website kita nantinya. Hindari pemasangan widget dan iklan berlebih karena bisa membuat website terlihat berat.

Kecepatan loading setiap halaman

Seperti yang disinggung pada poin satu, bahwa kecepatan website akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung. Posisikan diri temen-temen sebagai pengunjung, apa yang akan dirasakan jika sedang dalam keadaan mendesak eh ternyata website yang mau kita buka loadingnya sampe kiamat? pasti sangat menjengkelkan bukan?

Kelengkapan halaman identitas dari website

Pastikan juga temen temen mencantumkan kontak yang dapat dihubungi oleh pengunjung. Minimal sediakan halam kontak kami atau hubungi kami yang mudah di akses oleh pengunjung.

Tiga poin di atas menurut penulis menjadi bagian umum namun wajib diterapkan dalam pembangunan sebuah website. Tapi betewe tau gak sih perbedaan website dengan blog?

Perbedaan Website dengan Blog Biasa

Perbedaan yang mencolok adalah dari fungsional keduanya, website akan tergolong lebih statis karena sifatnya hanya sebagai rumah yang diam dan menjadi sebuah muka dari suatu brand contohnya. Sedangkan blog akan cenderung lebih aktif dan memang seharusnya aktif selalu update membahas topik yang muncul dari tema website kita itu sendiri.

Untuk contoh website itu biasanya digunakan menjadi sebuah landing page, web ecommerce, toko online, maupun website sekolah. 

Pembuatan website itu sendiri biasanya menggunakan cms seperti wordpress, joomla atau masih banyak lainnya. Penggunaan wordpress sangat umum karena banyak sekali tamplate dan plugin yang memudahkan pembuat website dengan baik. 

Percayalah semakin maju perkembangan teknologi, maka rumah mu bukan hanya sekedar rumah yang berdiri di atas tanah saja namun perlu dipersiapkan juga yang ada di dunia maya. Tanya tanya seputar pembuatan website bisa langsung tulis aja di kolom komentar atau langsung klik link diatas. 

Terimakasih sudah berkunjung ke radenpedia jangan lupa untuk selalu semangat dan bersyukur. Ingat banyak orang yang ingin kamu jatuh, namun banyak juga orang yang mendoakan kamu untuk terus tumbuh. Jangan Menyerah, salam sukses :)

by Google